3 Jenis Alat Kesehatan Beserta Contoh Dan Penjelasannya

3 jenis alat kesehatan dan fungsinya

Kita semua mengetahui, ada banyak sekali peralatan medis yang ada di rumah sakit atau klinik. Standar yang digunakan di masing – masing tipe rumah akit berbeda – beda. Namun semuanya wajib memenuhi persyaratan yang sama yaitu harus adanya alat – alat kesehatan yang memadai. Karena alat kesehatan merupakan satu komponen penting penunjang operasional.

3 jenis alat kesehatan dan fungsinya

Dari sekian banyak peralatan medis yang ada di rumah sakit ataupun klinik. Terdapat tiga macam jenis atau kelompok besar diantaranya sebagai berikut :

  • Alat Elektromedik
  • Non Elektromedik
  • Produk Diagnostic In Vitro

Berikut ini penjelasan untuk masing – masing jenis, mengapa bisa dikelompokan menjadi jenis tersebut dan apa saja contoh alatnya.

Alat Elektromedik

Adalah alat – alat yang ada di rumah sakit yang dalam pengoperasiannya menggunakan tenaga atau sumber tenaga listrik. Golongan alat ini biasanya didominasi oleh alat – alat unit berat yang tidak semua orang biasa memakainya. Contoh alat Elektromedik diantaranya : EKG, USG, X-Ray, Defibrillator, ESU, MRI, Pasien Monitor dan alat lain yang sejenis.

Alat Non Elekteromedik

Alat Non Elektromedik tentu saja merupakan kebalikan dari alat Elektromedik, yaitu alat – alat rumah sakit yang tidak menggunakan tenaga listrik dalam penggunaanya. Alat ini cukup banyak mulai dari alat habis pakai, alat penunjang non medis seperti ranjang pasien dan alat lainnya. Contohnya : Spuit/alat suntik, infus set/alat infus, meja periksa paien, plester, perban, stetoskop dan lain sebagainya.

Alat Diagnostic In Vitro

Berbeda dengan dua alat diatas, alat ini didasarkan pada spesifikasi fungsinya sebagai alat pendiagnosa atau diagnostic. Jadi alat – alat ini memiliki kesamaan fungsi sebagai alat analisa. Contohnya juga cukup banyak seperti : Hematology Analyzer, Urine Analyzer, Coagulan Analyzer, dan alat – alat analyser lainnya.

Nah, itulah sedikit pembahasan singkat tentang 3 jenis alat kesehatan yang ada di rumah sakit. Sebenarnya tidak hanya itu alat – alat yang digunakan di rumah sakit. Misalnya ada alat lab, alat kebersihan, alat sterilisasi dan lain sebagainya. Mungkin hanya sekilas, dan sangat ringan, namun mudah – mudahan dapat menambah sedikit pengetahuan kita. Sekian, semoga bermanfaat !