Tangga Suara Pentatonik Pelog dan Slendro, Ini Bedanya

Tangga suara pentatonik atau pentatonis ialah tangga suara yang terdiri dari lima suara dasar dalam jarak yang berbeda. Tangga suara ini diatur berdasar jarak antarnada.

Dalam Modul Evaluasi SMA Seni Budaya (Musik) yang diatur oleh Naning Widayati, M.Pd. disebut tangga suara pentatonik umumnya dipakai pada musik tradisionil Jepang, Cina, dan Indonesia.

Di Indonesia, tangga suara pentatonik atau pentatonis ini dipakai pada alat musik gamelan Jawa dan Bali, lho. Yok, baca penuturannya!

Pentatonik sebagai sisi dari tangga suara. Tangga suara sendiri punyai makna sebuah serangkaian suara yang diatur dalam jarak tertentu dan mempunyai peranan yang berbeda.

Selainnya tangga suara pentatonik atau pentatonis, ada tangga suara diatonik dan kromatis. Nach, dalam artikel ini kita akan mengulas lebih dalam berkenaan tangga suara pentatonis.

Berdasar macamnya, tangga suara penatatonik terdiri jadi dua, yaitu tangga suara pelog dan slendro. Apakah bedanya?

Tangga suara pelog tersusun atas tujuh suara, yaitu 1-2-3-4-5-6-7 (do-re-mi-fa-sol-la-si-do). Tetapi, suara re dan la jarang dipakai. Hingga yang menguasai dipakai cuman lima suara ialah do-mi-fa-sol-si. Ini membuat Pelog dikelompokkan dalam tangga suara pentatonik

Tangga suara pentatonik pelog mempunyai karakter yang tenang dan khusyuk. Contoh lagu wilayah yang memakai tangga suara ini ialah Gundul-Gundul Picul (Jawa Tengah), Pitik Tukung (Jawa Tengah), Karatangan Pahlawan (Jawa Barat), Macepet-Cepetan (Bali), dan Ngusak Asing (Bali).

Tangga suara slendro tersusun atas suara 1-2-3-5-6 (do-re-mi-sol-la). Bertolak-belakang dari pelog, tangga suara slendro mempunyai karakter yang senang dan semangat.

Cing Cangkeling (Jawa Barat), Lir Ilir (Jawa Tengah), Cublak-Cublak Suweng (Jawa Tengah), Te Kate Dipanah (Jawa Tengah), dan Kerraban Sape (Madura-Jawa Timur), dan Janger (Bali) ialah contoh lagu wilayah yang memakai tangga suara pentatonik slendro.

Pemakaian tangga suara pentatonis di gamelan Jawa, Sunda dan Bali yang tidak terpaku pada standard Barat dan mempunyai istilah tertentu dalam penyebutan suaranya. Sunda suaranya da mi na ti la, Jawa nem mo lu ro ju, sementara di Bali ding donk deng dung dang.

Itu ia keterangan berkenaan tangga suara pentatonik pelog dan slendro. Coba saat ini detikers sebut lagu wilayah yang lain yang memakai tangga suara pentatonis.

 

baca juga review drum elektrik
kunjungi juga Chord Gitar Indonesia