5 Alasan Pentingnya Strategi SEO dalam Membuat Website

SEO atau Search Engine Optimization. Saat pertama kali memutuskan untuk membuat website mungkin anda sering mendengarnya. Namun tahukah anda apa arti SEO ini? Berdasarkan keterangan dari perusahaan penyedia inbound marketing asal Amerika Serikat, MOZ, optimisasi mesin pencarian adalah sebuah usaha untuk mengingkatkan traffic situs baik dari sisi kuantitas maupun kualitas melewati pencarian organik memakai mesin pencari.

Selama ini anda mungkin mengira bahwa SEO hanya konsentrasi pada jumlah atau kuantitas traffic saja. Padahal dalam prakteknya juga memperhatikan kualitas traffic. Saat angka kualitas traffic bertambah maka angka engagement pada websitemu juga bisa dipastikan besar. Jika websitemu memasarkan produk atau jasa maka dapat dipastikan hal itu akan membantu.

Di samping kedua hal itu, SEO juga memiiki banyak manfaat. Apa saja kira-kira? Kamu bisa mengetahuinya lewat pembahasan berikut ini.

 

Hingga saat ini SEO masih efektif

Dalam monitoring majalah bisnis dunia, Forbes, sampai saat ini Strategi SEO dirasakan masih efektif. Optimalisasi SEO masih menajdi salah satu alasan di balik bertambahnya traffic suatu website. Dengan cara yang tepat dan menyesuaikan user experience maka bisa dipastikan SEO akan menjadi suatu senjata ampuh untuk mendongkrak traffic.

Forbes juga melanjutkan bahwa tren strategi SEO ini tidak akan segera selesai dalam waktu dekat. Ini sebab mesin pencari sendiri terus dikembangkan sehingga pemakai internet juga akan tetap tergantung padanya dalam waktu lama.

 

Strategi SEO lebih murah

Saat membuka sebuah usaha anda tentu memikirkan strategi seperti apakah yang harus diterapkan. Kamu jelas mengharapkan sebuah strategi yang efektif tetapi tidak membutuhkan ongkos besar. Jika itu yang terjadi maka strategi SEO patut untuk dipertimbangkan. Kamu tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk bisa mendapatkan pelanggan baru.

Dengan startegi SEO kamu cukup mengandalkan sejumlah situs atau aplikasi khusus SEO yang bisa digunakan secara gratis. Bandingkan dengan strategi marketing konvensional. Kamu harus menunaikan sales door-to-door­, mengeluarkan uang untuk iklan, dan sebagainya.

 

Strategi jangka panjang

Jika anda menginginkan situs milikmu bisa bertahan lama, maka strategi untuk mengembangkannya juga harus berjangka panjang. Nah, ternyata startegi SEO bisa memberikan suatu strategi semacam itu. Alasannya tak lain adalah karena sifat search engine sendiri yang sering kali dinamis dan tak pernah berhenti berubah.

Kumpulan yang hadir saat anda melakukan penelusuran dengan keyword tertentu lewat search engine seperti Google atau Bing pasti akan berubah tiap saat. Jadi, anda akan sering kali punya peluang untuk bisa muncul pada susunan pencarian teratas.

 

Membantu menambah user experience

User experience (UX) adalah salah satu elemen penting dalam upaya menambah traffic. Sebabnya hal ini sehubungan langsung dengan pemakai internet sebagai pengunjung web website. Dengan adanya user experience maka angka engagement juga bisa naik. Nah, kamu bisa mendapatkan UX ini dengan optimalisasi SEO.

Dengan SEO kamu bisa mendapat pengunjung web organik yang jelas akan menambah traffic dari sisi kualitasnya. Hasilnya, situs milikmu tidak hanya populer namun produk yang anda tawarkan pun bisa meningkat penjualannya.

 

Pengguna internet meyakini mesin pencari

Zaman sekarang search engine ibarat suatu kunci jawaban atas segala pertanyaan yang ada. Jika seseorang memerlukan penyelesaian masalah, maka search engine menjadi solusinya. Mereka juga percaya dengan hasil yang diperlihatkan oleh mesin pencari. Tidak mengherankan andai mesin pencari saat ini menjadi suatu kebutuhan untuk pemakai internet.

Melihat gejala ini tidak salah jika kamu mulai merealisasikan strategi SEO. Dengan memaksimalkan strategi ini maka situs milikmu juga bisa muncul dalam hasil pencarian semua pemakai internet.

Dari sini anda tentu bisa menyimpulkan bahwa SEO memang memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan website milikmu. Jadi tunggu apalagi, segera bekali dirimu dengan pengetahuan mengenai strategi SEO.

Sumber : Why You Need SEO Agency and What Will They Do