6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar Menggunakan Sabun

Mencuci tangan menjadi salah satu kegiatan mudah yang harus dibiasakan setiap hari. Tak hanya menggunakan air mengalir saja, cuci tangan juga harus memakai sabun supaya virus, bakteri, dan kuman pembawa penyakit bisa dihilangkan.

Pilihan sabun yang dipakai untuk mencuci tangan tidak ada batasan. Anda bisa menggunakan sabun berbentuk batang maupun cair. Keduanya sama-sama mengandung detergen yang berkhasiat untuk menghilangkan kotoran serta zat asing penyebab penyakit.

6 Langkah Mencuci Tangan Menggunakan Sabun dengan Benar

Jika Anda tidak mencuci tangan dengan benar, maka akan berisiko terkena beberapa jenis penyakit seperti diare, demam, hepatitis A, dan lain sebagainya. Sebab itulah sangat penting untuk melakukan cuci tangan dengan benar memakai sabun. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  •         Membasuh kedua tangan menggunakan air mengalir. Basahi mulai dari telapak tangan, ujung jari, hingga punggung tangan
  •         Gunakan sabun cair maupun batang kemudian gosok menggunakan kedua telapak tangan hingga menghasilkan busa
  •         Menggosok kedua punggung tangan secara bergantian kiri dan kanan
  •         Menggosok sela-sela jari tangan secara bergantian hingga bersih
  •         Menggosok ujung jari dengan posisi saling mengunci antara jari yang satu dan lainnya
  •         Menggosok bagian telapak tangan dengan memutar kedua ibu jari secara bergantian.
  •         Gosok telapak tangan secara perlahan menggunakan ujung jari secara bergantian

Setelah kegiatan mencuci tangan tersebut selesai, kemudian langsung bilas menggunakan air yang mengalir. Pastikan semua busa sudah hilang dan tidak ada sisa sabun yang menempel. Selain memakai handuk, Anda juga bisa menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan kedua tangan.

Lantas berapa langkah cuci tangan yang baik dan benar? Beberapa sumber ada yang mengatakan lebih dari 6 dan ada pula yang kurang dari 6. Intinya adalah Anda mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir dan bersihkan bagian tangan secara maksimal.

Proses pengeringan juga sangat penting. Jika kondisi tangan tidak benar-benar kering, kuman dan bakteri akan mudah menempel kembali. Hal ini tentu akan sangat merugikan karena Anda akan berisiko tertular penyakit.

Ada banyak merk sabun cuci tangan yang beredar di pasaran. Namun sebaiknya Anda memperhatikan kualitas serta kandungan anti bakteri didalamnya.

Salah sabun yang sangat direkomendasikan adalah Medicare. Karena bersifat antibakteri, maka perlindungan dari virus dan bakteri yang Anda dapatkan akan lebih maksimal. Sabun ini bisa mengusir zat asing penyebab penyakit dengan cepat serta menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit.