Aplikasi Khusus Pengaduan Masyarakat

Berbagai keluhan mulai dari sampah hingga pungutan liar kini bisa disampaikan melalui media sosial ini. Cukup unggah foto atau video lalu mention (sebut) akun pihak pemerintah yang bersangkutan. Aksi pemerintah Jakarta dalam mewujudkan kota Jakarta pintar (Jakarta terbukti. Bekerja sama dengan TerralogiQ, sebuah developer web lokal, Pemerintah DKI Jakarta baru- smart city) sepertinya sudah baru ini merilis sebuah aplikasi media sosial guna menampung keluhan dan aspirasi masyarakat Jakarta. Aplikasi keluh kesah yang mengusung nama Qlue ini adalah sebuah media sosial yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melaporkan masalah lingkungannya.

Dengan Qlue, warga Jakarta dapat menyampaikan keluhan secara real time, melaporkan semua hal mengenai masalah lingkungan, dan mem-follow teman-teman seperti media sosial lainnya. Pengguna Qlue cukup membuat akun Qlue lalu mengunggah momen (foto, video, atau tulisan) mengenai masalah lingkungan yang mereka hadapi atau belum teratasi. Beberapa ikon dan stiker layaknya media sosial telah disiapkan, juga ikon peringatan untuk memberi tanda apakah laporan yang dibuat sudah masuk atau masih dalam progres pengiriman.

Pengguna juga dapat me-mention (menyantumkan) nama akun pihak pemerintah yang bertanggung jawab atas masalah lingkungan tersebut. Inilah yang membuat aplikasi ini menjadi menarik, karena masyarakat dapat berhubungan langsung dengan pihak pemerintah. Pun hasil laporan dapat dilihat oleh semua teman yang tergabung dalam Qlue.

Komunikasi Langsung Ke Pemprov Dki

Johanes Edward, Head of Marketing Qlue, menyampaikan nantinya segala jenis laporan yang diadukan masyarakat dapat terlihat dalam bentuk peta digital kota Jakarta di situs www.smartcity.jakarta.go.id. Aplikasi ini membuat setiap pengaduan masyarakat terpantau secara sistematis dan pemerintah pun dapat tahu masalah apa yang dihadapi masyarakat Jakarta saat ini. “Semua pihak pemerintah dari skala besar hingga kecil wajib memiliki aplikasi Qlue, mulai dari ketua RT hingga Gubernur DKI Jakarta, Pak Ahok.

Jadi mereka akan tahu laporan pengaduan apa saja yang masuk ke Qlue,” ujar Johanes. Qlue memfasilitasi berbagai keluhan masyarakat seperti kemacetan lalu lintas, kejahatan atau kriminal, kebakaran, masalah sampah dan kebersihan, bencana alam, pelanggaran, jalan rusak, pengemis, pedagangan kaki lima, pohon tumbang, parkir dan pungutan liar, bahkan keluhan pada Go-jek. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play Store. Yuk, segera unduh dan jadilah bagian kecil untuk perubahan Jakarta!

Jakarta sebagai smart city tentunya memiliki backup sumber listrik ketika terjadi pemadaman dari PLN. Terutama gedung bertingkat seperti apartemen, hotel dan tempat pelayanan umum seperti rumah sakit. Agar dapat tetap beroperasi ketika listrik PLN padam dibutuhkan sebuah genset dengan kapasitas besar. Harga genset kapasitas besar didapatkan dengan terjangkau jika membelinya di agen distributor resmi genset silent 2000 kva di Jakarta. salah satunya adalah PT. Rajawali Indo yang memiliki unit ready stock serta memberikan diskon disetiap pembelian unit genset baru.