Awas Produk Berbahaya, Ini Cara Cek BPOM Online Mudah

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan masyarakat untuk ekstra hati-hati dalam mengonsumsi obat dan makanan yang dibeli secara online. Ini karena banyak produk ilegal yang dijual secara online.

Produk ilegal ini tidak terdaftar di BPOM, sehingga kualitas dan keamanannya tidak terjamin, kata Direktur Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetika BPOM. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk mengecek izin edar terlebih dahulu sebelum membeli.

“Harusnya kita mengkonsumsi produk yang legal, tapi tidak menutup kemungkinan ada produk ilegal yang beredar, dan ini bisa dicek di www.cekbpom.pom.go.id. Masyarakat bisa melihat izin edar produk ini secara langsung,” Tepe kata dalam sebuah pernyataan. Sebuah diskusi hipotetis pindah pada Minggu (9/1/2022).

Untuk pengecekan melalui website, konsumen dapat mengunjungi halaman Cekbpom.pom.go.id. Berikut langkah-langkahnya.

Pada halaman pertama, Anda dapat melihat grafik jumlah produk yang telah terdaftar di BPOM. Kemudian pada sisi atas grafik terdapat kotak yang dapat diisi oleh konsumen.

Pertama, pilih kategori pencarian di sebelah kiri. Ada tujuh kategori, antara lain nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah, kemasan, bentuk sediaan, komposisi, dan nama pendaftar.

Kedua, Anda dapat menulis kolom “Kata Kunci” di sisi kanan. Kemudian tekan “Enter”.
Selanjutnya akan muncul daftar nama produk, produsen dan alamat produsen jika sudah terdaftar di BPOM.

Sementara itu, langkah serupa juga bisa dilakukan melalui akun BPOM Mobile. Aplikasi ini dapat diunduh dari Google Play Store. Berikut cara cek produk dengan aplikasi scan BPOM Online.

Langkah pertama, konsumen harus login dengan email yang mereka miliki. Di halaman beranda, konsumen mengklik “Semua Produk” dan dapat melihat semua produk yang terdaftar, produk yang dibatalkan atau peringatan umum. Sedangkan tahap verifikasi pendaftaran barang dapat dilakukan sesuai dengan tahapan pemeriksaan di tempat yang telah dijelaskan sebelumnya.