Bahan Untuk Membuat Es Oyen

Es oyen memang cukup mudah di buat, bahan untuk membuat es oyen pun dapat di temukan di pasar atau supper marker terdekat, tah heran banyak orang yang membuat es oyen

 

Pengertian Es Oyen 

Es Oyen atau dapat disebut dengan es campur sepertinya telah tersebar ke beragai penjuru Nusantara.

Es Oyen ini biasanya terdapat di pinggir jalan atau pedagang kaki lima dan juga ada di pusat keramaian. Minuman segar ini umumnya dikunjungi masyarakat pada pagi hingga sore hari bahkan malam.

Namun es oyen yang paling banyak dikunjungi dan dicari masyarakat pada siang hari karena cuaca panas sangat cocok untuk membeli es yang segar ini.

Selain itu, proses pembuatan es oyen sama dengan es teler yang menggunakan santan di atas es serutnya. Jadi, Anda yang ingin merasakan sensasi menikmati es campur sekaligus es teler, pesan saja es oyen.

Untuk anda yang berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya mampir untuk mengunjungi es Oyen yang benar-benar asli. Dan tentu rasa es ini sangat berbeda dan ada kebanggaan tersendiri.

 

Sejarah Es Oyen

Es oyen sudah ada sejak tahu 1954, awalnya dijajakan dengan berkeliling kampung namun setelah dikenal luas sekitar tahun 1962 barulah dibuat kedai, salah satunya di Jl.Sukajadi 18.

Adalah Pak Haji Rahmat yang pertama kali menjajakan es sejak tahun 1950-an. Kala itu Es Oyen dijajakan dengan cara dipikul. Ketika itu, es buatan si pembuat belum ada namanya.

Banyak masyarakat yang bilang bahwa nama oyen ini terambil dari nama burung milik si pembuat untuk menamai es campur racikannya. Kemudiannya sang bapakpun mendapat julukan sebagai Pak Oyen.

Sejak itu setiap kali menjual es, si pembuat es tidak lupa membawa burung perkutut kesayangannya. Setiap kali pembeli datang, burung perkutut itu berkicau seolah-olah memberi dukungan. Kicauan burung perkutut ini jika didengarkan seperti sapaan yang berbunyi “Oyen”.

Nama pembuatnya adalah Pak Haji Rahmat, dan mendapat julukan pak oyen. Saat ini bisnis es oyen ini tidak hanya ada di Bandung lagi, bahkan sudah sampai ke luar Jawa Barat. Resep Es Oyen ini Sangat mudah dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Jika anda penasaran bagaimana membuatnya. Simak artikel berikut ini.

 

Bahan Untuk Membuat Es Oyen

Bahan untuk membuat es oyen :

  • Buah nangka kuning 10 buah, potong kecil atau memanjang
  • Alpukat 500 gram, keruk dagingnya
  • Sagu mutiara rebus secukupnya
  • Kelapa muda 1 butir, ambil air dan dagingnya
  • Aneka jelly sesuai selera, masak sesuai petunjuk kemasan, lalu potong kecil-kecil
  • Sirup simple : dibuat dari 250 gram gula pasir yang dicairkan dengan sedikit air
  • Susu kental manis putih secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Bisa di tambahkan jagung manis rebus jika suka

Mengelolah bahan untuk membuat es oyen :

  1. Siapkan bahan yang digunakan, potong nangka dengan potongan dadu, keruk alpukat menggunakan sendok, sisihkan.
  2. Selanjutnya tata di atas mangkok saji buah nangka, alpukat, daging buah kelapa dan airnya, jelly, lalu beri beberapa sendok cairan sirup sederhana.
  3. Beri batu secukupnya, selanjutnya taburi sagu mutiara yang sudah ada dan jangan lupa tambahkan susu kental manis putih di atasnya.
  4. Es campur oyen ala Bandung siap untuk di hidangkan selagi dingin. segar!”

 

Ciri Khas Es Oyen

Adalah adanya agar-agar di dalam es oyen. Cara pembuatan es oyen hampir sama dengan pembuatan es campur. Es oyen isiannya bukan hanya menyajikan buah namun juga bahan yang sering ditemukan dalam es campur yaitu mutiara sagu.

Tips Membuat Es Oyen Lebih Nikmat dan Segar

  • mengatasi Memanaskan Santan Terlalu Lama

Meskipun Anda menggunakan api kecil ketika merebus santan, tetapi jika hal tersebut dilakukan dalam waktu yang lama juga akan membuat santan menjadi hancur, baik dari segi tekstur maupun rasanya. Harus diusahakan saat sudah terlihat mendidih, matikan api dan berhenti memasak santan mendidih.

  • Variasikan Buah-Buahan Segar

Selain nangka dan alpukat, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan lain ke dalam minuman satu ini agar semakin segar. Mulai dari buah nanas, buah strawberry, buah berry, mangga, manggis, dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan selera Anda masing-masing.

  • Gunakan Santan yang Masih Segar dan Berkualitas

Santan memang terlihat cukup sepele dalam resep di atas. Namun sebenarnya santan berperan penting dalam hal rasa. Santan akan memberikan rasa segar sekaligus gurih pada es tersebut. Oleh karena itu, pilihlah kelapa yang berkualitas baik (tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua).