Berapa Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar Menurut Ahli?

Ada banyak sekali cara menjaga kesehatan yang bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah mencuci tangan secara rutin. Namun tahukah Anda, ternyata cuci tangan ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Lantas berapa langkah cuci tangan yang baik dan benar menurut ahli? Hal ini tentu harus dipahami dengan baik.

Memahami langkah-langkahnya secara tepat akan memaksimalkan manfaat dari cuci tangan itu sendiri. Begitu juga sebaliknya, jika Anda melakukan cuci tangan secara asal, tentu saja manfaat dari cuci tangan itu sendiri tidak akan Anda dapatkan.

6 Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar Menurut Para Ahli

Sejauh ini para ahli telah memberikan 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar. Jika dilakukan secara rutin, kesehatan tubuh Anda akan terjaga dengan baik. Bakteri dan kuman yang menempel di tangan langsung dibasmi sebelum masuk ke dalam tubuh. Apa saja langkah-langkah tersebut? Ini dia penjelasannya.

  1. Pertama-tama basahi seluruh permukaan tangan dengan air. Minimal sampai dengan pertengahan lengan. Gunakan air dingin ataupun air hangat.
  2. Untuk memastikan tidak ada kuman dan bakteri pada tangan Anda, gunakan sabun untuk mencuci tangan. Pastikan seluruh permukaan tangan Anda tertutupi oleh sabun.
  3. Gosok seluruh permukaan tangan. Jangan sampai ada yang terlewat. pastikan juga untuk menggosok dan membersihkan bagian sela-sela jari dan kuku. Gosok masing-masing jari tangan dengan gerakan genggam memutar agar semua kotoran hilang. Lakukan secara bergantian kanan dan kiri.
  4. Pastikan untuk menggosok seluruh permukaan tangan selama minimal 20 detik. Ini akan membasmi semua jenis kuman berbahaya yang ada di tangan.
  5. Bilas tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Hindari penggunaan air yang diam karena berpotensi mendatangkan kuman baru.
  6. Setelahnya, langsung saja keringkan tangan. Anda bisa menggunakan hair dryer atau bisa juga menggunakan handuk. Namun pastikan untuk menggosoknya secara lembut. Menggosok terlalu kasar akan membuat sel epidermis kulit menjadi rusak. 

Ketika Anda ditanya berapa langkah cuci tangan yang baik dan benar menurut ahli, jelaskan saja 6 langkah mudah di atas. Pastikan untuk mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan sabun yang tepat. Kami jamin dampaknya akan sangat positif untuk tubuh Anda.