Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis Yang Sederhana dan Enak

Halo semuanya apa kabar semoga sehat selalu, kali ini saya akan menjelaskan bumbu cumi bakar pedas manis yang simple dan enak untuk kalian.

Cumi

 

Mungkin hewan ini hanya dikenal sebagai makanan yang cukup enak dan sering dijual di warung-warung pinggir jalan. Namun tahukah Anda apakah hewan yang satu ini juga dikenal di kalangan pecinta laut dan penyuka diving sebagai salah satu hewan dengan keunikan tersendiri. Atau tahukah kamu jika hewan ini juga dikenal sebagai salah satu hewan yang cukup cerdas.

Cumi-cumi adalah cumi-cumi besar, atau moluska, yang hidup di laut. Nama Cephalopoda berasal dari bahasa Yunani yang berarti kaki kepala karena kakinya terbagi menjadi rangkaian lengan yang melingkari kepala, sehingga membuat hewan ini terlihat seperti berjalan di atas kepalanya.

Seperti semua cephalopoda, gurita dipisahkan oleh kepala yang jelas. Dan cumi-cumi juga merupakan salah satu hewan dalam kelompok avertebrata (tanpa tulang punggung). Beberapa cumi-cumi hidup di lautan yang cukup dalam, dan salah satu jenis cumi-cumi laut dalam adalah “heteroteuthis”. Ia memiliki kemampuan untuk memancarkan cahaya.

Dan organ yang memancarkan cahaya itu berada di ujung sebuah tonjolan panjang yang menjorok ke depan. Heteroteuthis menyemprotkan sejumlah besar cairan bercahaya ketika merasa terganggu. Proses ini sama dengan cumi-cumi biasa yang menyemprotkan tinta.

Umumnya,cumi-cumi tumbuh dengan tinggi sekitar 5,1 cm, tetapi ada spesies cumi-cumi Architeuthis princeps, atau cumi-cumi raksasa, yang dapat tumbuh hingga lebih dari 15 m panjangnya. Cumi-cumi raksasa ini sering terdampar di pantai Newfoundland. Sementara itu, cumi-cumi jenis Loligo pealei yang biasa dimakan banyak ditemukan di perairan Mediterania, Asia Timur dan di sepanjang pantai timur Amerika Utara.

Ada juga cumi terbang, Ommastrephes bartrami, yang bisa disamakan dengan ikan terbang. Hewan ini sering melompat keluar dari air,di saat cuaca buruk, dan terkadang terdampar di kapal nelayan. Cumi-cumi spesies kecil tidak akan mengganggu manusia, tetapi spesies cumi-cumi besar bisa menimbulkan ancaman berbahaya bagi manusia saat menyelam. Di antara spesies cumi-cumi yang tersebar di seluruh dunia, ada sekitar 300 spesies cumi-cumi yang berbeda.

Manfaat Cumi

Baca juga : Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis Yang Enak dan Simple

1. Jaga berat badan Anda tetap stabil

Cumi-cumi dianggap sebagai hewan laut yang tinggi protein tetapi rendah lemak. Website Nilaigizi.com menyebutkan bahwa kandungan protein dalam cumi cukup tinggi yaitu 16 gram per 100 gram cumi. Protein dalam tubuh manusia dapat membantu mengontrol nafsu makan agar tidak cepat lapar. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kandungan lemak dalam cumi-cumi juga rendah, hanya 0,7 gram. Oleh karena itu, cumi-cumi cukup cocok sebagai menu untuk program diet atau hanya untuk menjaga berat badan tetap stabil.

2. Mengatur proses metabolisme dalam tubuh

Bagi orang dewasa, terutama orang tua, makan cumi-cumi adalah kebiasaan yang baik untuk tubuh. Gangguan pada proses metabolisme tubuh dan pencernaan yang buruk bisa diobati dengan beberapa hal yang dapat dikurangi dengan adanya vitamin lengkap dalam cumi-cumi. Kandungan vitamin B2 dan vitamin B3 pada cumi-cumi bermanfaat untuk

3. Baik untuk pertumbuhan tulang pada anak

Cumi-cumi mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh manusia. Kalsium, fosfor, selenium, natrium, kalium, magnesium, seng, dan yodium adalah beberapa mineral penting yang ditemukan dalam cumi-cumi. Kalsium dan fosfor berguna untuk pertumbuhan tulang pada anak, menjaga kekuatan tulang, dan mencegah osteoporosis pada lansia. Selain untuk kesehatan tulang, fosfor juga berguna untuk membangun dan menjaga kekuatan gigi. Mineral penting dalam cumi juga memiliki manfaat sebagai antioksidan dalam tubuh. Manfaat antioksidan ini dapat membantu menjaga kekuatan tubuh dan mencegah kerusakan sel.

4. Menjaga kesehatan otak, mata, dan jantung

Kandungan omega-3 pada cumi memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Asam lemak esensial tak jenuh omega-3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Selain untuk jantung, kandungan omega-3 pada cumi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan mata, mengasah daya ingat, serta meningkatkan konsentrasi berpikir.

5. Penuhi kebutuhan vitamin harian tubuh

Cumi-cumi mengandung banyak vitamin yang penting untuk kebutuhan tubuh. Vitamin yang terkandung dalam cumi-cumi antara lain vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B6, B12, niasin, asam folat, vitamin C dan vitamin larut lemak (A, D, E, K). Kandungan vitamin ini tentunya memiliki berbagai manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat di atas pasti akan kita dapatkan ketika kita mengkonsumsi cumi dengan baik dan benar, bukan secara berlebihan. Konsumsi cumi-cumi secara berlebihan tentunya tidak baik untuk tubuh dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis

Bahan Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis :

  1. Sediakan 6 cumi bersihkan
  2. Ambil secukupnya Kecap manis
  3. Siapkan secukupnya Kaldu bubuk
  4.  Lada bubuk secukupnya
  5. Sediakan secukupnya Garam
  6. Gunakan secukupnya Gula
  7. Ambil Minyak untuk menumis
  8. Bumbu halus
  9. Ambil 4 siung bawang merah
  10. Siapkan 1/2 st terasi
  11. 15 cabe rawit (sesuai selera)
  12. Siapkan 1 cabe merah

Cara Membuat Bumbu Cumi Bakar Pedas Manis :

  1. Bersihkan cumi, buang tinta dan sisihkan
  2. Haluskan bumbu bawang merah, cabe rawit, cabe merah kemudian sisihkan
  3. Tumis bumbu hingga harum, tambahkan gula, garam, kaldu bubuk dan lada. Beri dikit air, tumis bumbu sampai mulai berminyak dan bumbu matang
  4. Kemudian tambahkan kecap, aduk rata dan sisihkan
  5. Panaskan teflon beri sedikit minyak, masukkan cumi yang sudah di kerat. Olesin cumi dan bakar hingga matang

Nah itulah bumbu cumi bakar pedas manis yang sederhana dan enak serta mudah dibuat sendiri dirumah dan bahan-bahnnya juga mudah didapatkan.