Bumbu Mendoan Tempe Goreng Sederhana

Jadi di artikel kali ini saya akan berbagi tips untuk bumbu mendoan tempe goreng. Mendoan ini merupakan salah satu makanan Indonesia yang biasa dimakan sebagai camilan, makanan ini merupakan salah satu gorengan yang cukup populer loh.

Tempe mendoan ini biasa disajikan atau dimakan bareng bersama teman. Tetapi ada juga orang yang memakan ini sebagai pelengkap lauk makan. Meskipun begitu, setiap orang mempunyai cara tersendiri memakan tempe mendoan ini.

Apa sih Tempe Mendoan itu?

Tempe mendoan adalah varian tempe yang terkenal dan populer. Berasal dari daerah Banyumas, Tempe Mendoan merupakan salah satu makanan olahan yang terbuat dari proses fermentasi atau fermentasi kacang kedelai (soybean cake). Tempe kemudian dilumuri bumbu dan tepung, jangan lupa campurkan irisan daun bawang.

Lalu goreng sebentar di minyak panas. Tempe Mendoan disajikan panas, ditemani cabai rawit hijau dan atau kecap manis. Karena tempe lebih merupakan lauk pauk, Mendoan lebih merupakan camilan. Rasanya hampir sama dengan tempe pada umumnya, namun lebih tipis dengan ketebalan bahan baku sekitar 3 inci.

Teksturnya tidak garing, tetapi lebih empuk dan keras dibandingkan adonan tepung setengah matang. Namun bukan tanpa alasan bahwa Tempe Mendoan setengah matang di balik keunikannya.

Sejarah Mendoan Tempe Goreng

Nama “Mendoan” berasal dari teknik memasaknya. Dalam bahasa Jawa daeraj Banyumas, kata mendo mempunyai arti setengah matang. Mendoan berasal dari Banyumas, yang menyangkut persiapan dan persiapan serta penamaan bahasa. Mendoan setengah matang karena dulu disiapkan sebagai makanan cepat saji.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi waktu pembuatan dan tidak membuang waktu menunggu tempe goreng menjadi sangat kering. Mendoan muncul bersama tempe, makanan kedelai yang tersebar luas di Asia Tengah, wilayah Cina, dan Indocina.

Kemudian kedelai dibawa oleh orang-orang Asia Tengah saat mereka bermigrasi ke tenggara. Selain sebagai jajanan yang enak untuk diminum bersama teh, makanan ini juga menjadi ujung tombak pariwisata Kabupaten Banyumas. Mendoan sudah lama disantap oleh warga Banyumas juga.

Makanan banyumas ini sudah ada lebih dari satu abad. Namun, hal tersebut mulai menjadi barang yang mulai dikelola secara ekonomi dan komersial di dunia pariwisata pada awal tahun 1960-an. Hal ini berbarengan dengan munculnya Sentra Souvenir Sawangan dan keripik Nyoya Sutrisno yang mengolah bentuk lain dari mendoan atau keripik kering.

Cara Membuat Bumbu Mendoan Tempe Goreng

Setelah kalian mengetahui apa itu tempe mendoan, saya akan share bagaimana membuat bumbu mendoan tempe goreng ini. Bumbu yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dari gorengan lainnya, bedanya hanya di teknik memasaknya.

Bahan:

  • 500 gram tempe kotak, iris tipis beberapa bagiam
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu Perendam Tempe, Aduk Rata:

  • 200 ml air bersih
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdt garam

Tepung Pelapis Tempe:

  • 300 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung kanji
  • 100 gram tepung beras
  • 600 ml air bersih
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 4 cm kencur, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 4 batang daun bawang, iris halus

Pelengkap:

  • Sambal kecap
  • Cabai hijau

Cara membuat bumbu tempe mendoan dan menggorengnya:

  1. Olesi tempe dengan bumbu marinasi, aduk rata. Diamkan selama 15 menit agar bumbunya bisa berkembang.
  2. Pelapis tepung: larutkan tepung terigu, tepung kanji dan tepung beras dengan air, aduk hingga rata. Tambahkan ketumbar, bawang putih, kencur dan garam lalu aduk hingga rata. Tambahkan bawang bombay, aduk rata.
  3. Panaskan banyak minyak goreng dalam wajan. Celupkan 1 lembar tempe ke dalam tepung pelapis, segera masukkan ke dalam minyak panas.
  4. Goreng tempe sebentar (jangan sampai kering), angkat dan tiriskan. Anda bisa meniriskan dengan mesin peniris minyak untuk meniriskannya. Mesin ini berguna jika tempe mendoan goreng dalam jumlah banyak.
  5. Sajikan panas dengan kecap asin ataupun cabai ijo.

Kunjungi juga: Rumah Mesin

TIPS:
Tambahkan bumbu kari ke dalam rendaman tempe untuk rasa yang lebih gurih.

Penutup

Jadi itu saja mungkin artikel dari saya tentang bumbu mendoan tempe goreng dan sedikit ulasan tentang mendoan tempe goreng. Semoga dengan artikel saya ini dapat membantu anda jika ingin membuat tempe mendoang ini sebagai hidangan camilan keluarga anda.