Cara Bikin Abon Sapi Rumahan

Pada artikel ini akan menjelaskan cara bikin abon sapi rumahan, dan juga resep membuat abon sapi rumahan dengan berbagai variannya, mari kita simak artikel dibawah ini.

Cara Membuat Abon Sapi

Abon sapi biasa disajikan sebagai lauk pendamping nasi.  Selain karena rasa keringnya yang sangat gurih khas dari daging sapi, abon sendiri lebih awet. Abon juga bisa menjadi lauk pauk.Tapi pada artikel kali ini khusus kita hanya membahas mengenai abon sapi saja.

Coba kita bayangkan perpaduannya dengan berbagai bumbu lainnya yang menjadikan rasanya tidak hanya gurih namun juga manis dan membuat rasa ketagihan tentunya.Mari ikuti cara membuat abon sapi kering sederhana supaya lebih aman & bersih dengan resep mudah ini.

1. Cara Bikin Abon Sapi Rumahan

Terdapat banyak sekali tutorial atau artikel yang menjelaskan mengenai bagaimana cara bikin abon sapi rumahan , tentunya kamu pasti bingung akan memilih yang mana.

pada artikel ini penulis sudah merangkum resep – resep yang mudah dibuat dan tentunya enak rasanya, yang pertama ada cara membuat abon sapi kering sederhana, mari kita simak cara pembuatannya.

Bahan – Bahan :

  • 1 kg daging sapi
  • 300 ml santan kental
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 lbr daun salam

Bumbu Yang Harus Dihaluskan:

  • 3 sendok makan gula merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar
  • Garam secukupnya

Cara Bikin Abon Sapi Rumahan :

  1. Masukkan daging sapi, lengkuas, dan daun salam kedalam panci lalu direbus menggunakan air yang mendidih.
  2. Jika sudah benar-benar lunak angkat dan biarkan agar dingin terlebih dahulu, lalu iris daging sapi dengan tipis-tipis.
  3. Daging sapi yang sudah diiris kemudian ditumbuk menggunakan alat khusus sampai daging mengembang.
  4. Selanjutnya suwir-suwir semua daging yang sudah ditumbuk sampai mirip dengan kapas.
  5. Setelah selesai, selanjutnya kita rebus santan kelapa kemudian masukkan suwiran daging bersama bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan.
  6. Masak sampai santan benar-benar habis dan santan tidak pecah agar suwiran daging terasa kering. Agar mendapat hasil yang maksimal sebaiknya dimasak dengan api tidak terlalu besar.
Baca juga artikel mengenai Resep Kue Kering Coklat Batang, Camilan Manis Spesial

Kandungan Gizi Pada Abon Sapi

Sehat atau tidaknya suatu makanan tentunya tidak lepas dari kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut.Gizi yang komplit dan seimbang akan cepat membantu anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh kita sehari-hari.

Kemudian kita perlu mengetahui berapa zat gizi dari makanan yang kita konsumsi, agar kita mengerti bahwa makanan yang kita makan baik atau tidak untuk diri kita.Dan disini akan menjelaskan mengenai bagaimana kandungan gizi yang terdapat pada abon sapi.

Komposisi dalam daging sapi memang baik dan dianggap menjanjikan. Daging sapi sendiri termasuk ke dalam makanan dengan sumber protein yang baik bagi tubuh manusia.

Kandungan abon sapi, antara lain:

  • Protein 18 gram.
  • Karbohidrat 59,3 gram.
  • Lemak 10,6 gram.

Abon sapi juga mengandung mineral, berupa:

  • Kalsium sebanyak 150 miligram.
  • Fosfor 209 miligram.
  • Zat besi 12,3 miligram.

Kandungan-kandungan tersebut didapatkan didalam 100 gram abon sapi dengan energi sebesar 212 kalori.

Itulah beberapa resep cara bikin abon sapi rumahan dan kandungan protin yang terkandung dalam abon sapi rumahan dan sederhana kesehatan yang bisa kamu dapatkan apabila mengkonsumsinya secara tepat dan benar.

Konsumsi abon daging sapi sangat disarankan sebagai bagian dari jadwal menu harian kamu. Jadi jangan sampai kamu melewatkan konsumsi dari abon daging sapi rumahan ini ya. Dan kamu bisa mencobanya sendiri dirumah dengan berbagai resep olahan abon daging sapi diatas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba