Cara Bikin Es Jagung Untuk Dijual

Hai teman-teman semuanya! Pada kesempatan ini aku akan membagikan resep cara bikin es jagung untuk dijual. Apakah anda punya stok jagung yang tidak tau mau diolah apa? Yuk diolah menjadi es krim saja!

Tapi bagaiman ya cara membuat es krim jagung yang enak dan juga menyegarkan? Makanya simak teru yaaa! Tapi sebelum ke resepnya yuk simak terlebih dahulu mengenai kandungan nutrisi yang terdapat pada jagung

Kandungan Nutrisi Jagung

Jagung sudah sejak dahulu dikenal sebagai makanan pokok pengganti beras dan juga roti, hal ini dikarenakan jagung memiliki kandungan karbohidrat yang bisa memberikan energi pada tubuh kita untuk melakukan akitivitas sehari-hari. Bukan hanya itu saja, jagung juga mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Di dalam 100 gram jagung mentah terkandung berbagai macan nutrisi, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, zinc, beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan juga vitamin C.

Resep Cara Bikin Es Jagung Untuk Dijual

1. Resep cara bikin es jagung untuk dijual yang lembut

Bahan-bahan

  • 3 buah jagung manis
  • 1 wadah¬†heavy whipping cream
  • 1 1/2 cangkir susu
  • 1/2 wadah gula pasir
  • 4 butir telur (ambil kuningnya saja)
  • 1/2 sdt ekstrak vanila

Cara membuat

  1. Langkah pertama kupas terlebih dahulu jagung dari kulitnya kemudian dicuci sampai bersih, setelah itu tiriskan.
  2. Kemudian parut jagung dan letakan di dalam wadah yang sudah disediakan. Jika anda ingin lebih cepat, anda bisa memipilnya dan kemudian langsung di blender dengan sedikit air.
  3. Siapkan wajan atau anda juga bisa menggunakan panci kemudian tuangkan susu, jagung yang sudah diparut dan juga krim. Masak adonan selama beberapa saat.
  4. Lalu kocok kuning telur bersama dengan gula pasir dan tempatkan dalam wadah yang terpisah.
  5. Masukkan kuning telur yang sudah dikocok secara perlahan lahan pada adonan dan diaduk sampai mengental. Proses memasak ini hanya akan memakan waktu selama kurang lebih 5 menit saja.
  6. Setelah adonan mengental tunggu sampai adonan sedikit dingin kemudian angkat dan pindahkan pada wadah dengan tutup dan masukkan ekstrak vanilla. Aduk sampai merata dan tutup wadahnya.
  7. Tunggu terlebih dahulu supaya adonan berada pada suhu ruangan kemudian baru masukkan ke dalam lemari pendingin atau freezer selama minimal kurang lebih 2 jam atau juga bisa satu hari penuh.
  8. Setelah es krim mengeras, es krim pun bisa langsung disajikan. Sajikan es krim ini selagi masih dingin dan anda juga bisa menambahkan berbagai macam topping untuk menambah tekstur dan juga rasanya. Jika ingin lebih mudah anda juga bisa menggunakan mesin es krim.

2. Resep Bikin Es Mambo Jagung

Bahan bahan

  • 1 kg jagung manis
  • 3 sachet susu kental manis
  • Santan secukupnya
  • Gula bisa disesuaikan selera masing-masing
  • Air
  • 2 sendok makan tepung maizena

Cara membuat

  1. Langkah pertama kupas dan cuci bersih jagung terlebih dahulu kemudian dipipil.
  2. Setelah dipipil blender jagung dengan air kemudian saring sampai ampas berwarna putih dan maksimalkan supaya sari sari jagung tersaring semua.
  3. Lalu masukkan susu kental manis, dan juga gula pasir gula pasir kemudian masak sampai mendidih dan sambil terus diaduk.
  4. Setelah itu larutkan tepung maizena kedalam setengah gelas air dingin di wadah yang terpisah dan dimasukan kedalam adonan es krim jagung manis yg sedang direbus, masukkan secara perlahan lahan supaya tidak terjadi gumpalan.
  5. Dan terakhir masukkan santan sambil tersu diaduk-aduk supaya santan tidak pecah kemudian tunggu sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih angkat dan dinginkan sampai pada suhu ruangan, kemudian adonan yang sudah dingin pakai plastik es mambo, dan masukan ke dalam freezer selama kurang lebih 6 jam atau juga bisa sampai semalaman.
  7. Dan es krim pun bisa langsung dinikmati. Dan anda juga bisa menambahkan aneka topping sesuai dengan selera masing-masing

Bagaimana? Apakah anda tertarik?

Nah itu tadi teman-teman pembahasan kita pada kesempatan yang baik kali ini, yaitu resep cara bikin es jagung untuk dijual yang lumayan juga nih. Resep diatas tentunya juga bisa dinikmati bersama keluarga dan semoga bisa menjadi insipirasi bagi anda untuk berkreasi di rumah.

Diatas juga sudah saya paparkan sedikit mengenai kandungan nutrisi yang terdapat pada jagung yang mungkin belum anda ketahui. Terimakasih sudah membaca artikel ini.