Cara Bikin Keripik Buah Naga

Hai sobat kali ini saya akan memberikan tips cara bikin keripik buah naga yang renyah dan tentunya enak ,Yuk kenali sejarahnya tentang buah naga .

Sejarah

Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini berasal dari jenis kaktus bernama Hylocereus dan Selenicereus. Lalu bagaimana buah ini bisa sampai ke Asia? Pada tahun 1870, orang Prancis dari Guyana membawanya ke Vietnam sebagai tanaman hias.

Sejak itu, buah naga telah dibudidayakan di negara-negara Asia Tenggara.Orang Vietnam dan Cina menganggap buah ini sebagai pembawa berkah. Jadi, buah ini selalu diletakkan di atas meja altar di antara dua patung naga hijau. Warna merah buah ini menonjol dari warna hijau kedua patung naga tersebut.

Oleh karena itu, buah ini disebut thang loy. Dalam bahasa Inggris thang loy berarti buah naga. Dari situlah nama buah naga berasal.Mari kita simak cara  bikin keripik buah naga !

Cara Bikin Keripik Buah Naga

Bahan -Bahan:

  • Sediakan 10 kg buah naga seberat
  • Tambahkan 100 gram garam halus
  • Tuang  200 gram kapur sirih
  • siapkan  air secukupnya
  •  Siapkan 3 kg minyak goreng
  • Tambahkan  350 gram gula pasir

Langkah-Langkah Bikin  Keripik Buah Naga Renyah:

  1. Siapkan bahan utama yaitu buah naga, ambil dagingnya lalu pisahkan dari kulitnya. Jangan dibuang kulitnya karena bisa diolah menjadi makanan juga misalnya bisa dibuat menjadi tumisan kulit buah naga yang tidak kalah enaknya dan juga bisa dijadikan keripik kulit buah naga.
  2. Potong daging buah naga dengan ukuran sedang, jika terlalu tipis akan hancur.
  3. Campur kapur sirih dengan air secukupnya, aduk hingga merata.
  4. Masukkan potongan buah naga ke dalam air kapur sirih dan tunggu hingga 3 jam hingga keripik menjadi lebih renyah.
  5. Setelah 3 jam, potongan buah naga dicuci dengan air bersih dan bisa ditiriskan, lalu dijemur sampai benar-benar kering.
  6. Potongan buah naga yang sudah kering dimasukkan ke dalam mesin vacuum frying yang sudah diisi minyak sebelumnya.
  7. Tunggu hingga minyak yang dimasukkan ke dalam mesin tidak lagi berbusa, itu tandanya keripik buah naga sudah matang.
  8. Keripik yang sudah matang dapat diangkat dan ditiriskan menggunakan mesin penguras minyak.
    Lanjutkan dengan merebus gula dan garam dalam air mendidih secukupnya sambil terus diaduk hingga larutan merata dan larut.
  9. Masukkan buah naga ke dalam rebusan gula dan aduk hingga merata.
  10. Tunggu hingga keripik buah naga dingin.
  11. Keripik buah naga siap dikemas dan juga bisa langsung dikonsumsi.

2.Cara Bikin Keripik Buah Naga

Bahan-Bahan:

  • Sediakan  buah naga seberat 10 kg
  • Tambah 200 gram kapur sirih
  • Berikan 350 gram gula pasir
  • Tambah  100 gram garam halus
  • siapkan 3 kg minyak goreng
  • Berikan air secukupnya

Langkah-Langkah  Cara Bikin Keripik  Buah Naga:

  1. Siapkan buah naga terlebih dahulu, ambil dagingnya dan pisahkan dari kulitnya.
  2. Potong daging buah naga dengan ukuran sedang, jika terlalu tipis akan hancur.
  3. Campur untuk kapur sirih dengan air secukupnya, aduk hingga merata.
  4. Masukkan potongan buah naga ke dalam penangas air kapur sirih dan tunggu selama 3 jam agar keripiknya garing.
  5. Setelah 3 jam, potongan buah naga bisa dicuci menggunakan air bersih dan ditiriskan, lalu bisa Anda jemur sampai benar-benar kering.
  6. Potongan buah naga yang sudah kering dimasukkan ke dalam mesin vacuum frying yang telah diisi minyak terlebih dahulu.
  7. Tunggu hingga minyak yang dimasukkan ke dalam mesin tidak berbusa, itu menandakan bahwa keripik buah naga sudah matang.
  8. Keripik yang sudah matang dikeluarkan dan dikeringkan menggunakan mesin pengekstraksi minyak.
  9. Rebus gula pasir dan garam dalam air mendidih secukupnya, aduk terus larutan sampai merata dan larut.
  10. Masukkan buah naga ke dalam rebusan gula dan aduk hingga merata.
  11. Tunggu hingga keripik buah naga dingin.
  12. Keripik buah naga siap dikemas atau bisa langsung dikonsumsi

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

1. Membantu mencegah kanker

Manfaat jus buah naga dalam mencegah kanker adalah kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Dalam penelitian tersebut, 120.852 orang yang memiliki asupan vitamin C yang tinggi mengalami penurunan risiko terkena kanker.

2. Meningkatkan kadar zat besi

Jus buah naga kaya akan zat besi yang berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga berfungsi untuk memecah makanan menjadi energi. Namun, banyak orang tidak mendapatkan cukup zat besi.

Menemukan bahwa 30% populasi dunia kekurangan zat besi. Jadi, mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

3. Meningkatkan kekebalan

Keripik  buah naga mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu dalam memerangi batuk dan asma. Tak hanya itu, buah naga juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka dengan cepat karena kandungan vitamin C di dalamnya.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat  keripik buah naga untuk pencernaan terletak pada kandungan prebiotiknya. Prebiotik memiliki potensi untuk meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus Anda.  jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di perut.

Kandungan Gzi dari Kulit Buah Naga

Kulit buah naga  mengandung serat pangan berupa pektin. Selain itu, buah naga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan lain-lain. Vitamin yang terkandung dalam buah naga antara lain vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C.

Peluang Usaha Kerupuk Buah Naga

Menjalankan usaha kerupuk juga bisa menjadi pilihan peluang usaha yang sangat menguntungkan untuk dijalankan karena penyajian jenis kerupuk yang berbeda dari pada umumnya akan membuat olahan kerupuk buah naga semakin banyak dicari oleh masyarakat.

1.Proses  Usaha Kerupuk Buah Naga

Jika bisnis kerupuk buah naga dilihat dari prospeknya memang sangat cerah jika dibandingkan dengan kerupuk olahan lainnya. Usaha kerupuk yang menyajikan kerupuk buah naga juga sangat cocok jika dapat dikembangkan di wilayah Indonesia.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis namun masih bingung memilih bisnis yang tepat, maka Anda bisa menjalankan bisnis kerupuk buah naga. Prospek bisnis yang sangat baik tidak boleh disia-siakan.

2.Memulai Bisnis Kerupuk Buah Naga

Saat memulai bisnis kerupuk buah naga juga sangat mudah dilakukan karena proses pertama yang harus kita perhatikan adalah penggunaan bahan baku yang digunakan.

Jika bahan-bahan yang digunakan mudah didapat, tentunya jika dikembangkan dalam sebuah bisnis akan berjalan lancar. Harga bahan-bahan yang digunakan dalam membuat kerupuk buah naga juga sangat terjangkau, sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

3.Pelaku Usaha Kerupuk Buah Naga

Sebenarnya, siapa saja bisa menjalankan bisnis kerupuk buah naga. Pelaku yang bisa menjalankan usaha kerupuk buah naga juga tidak akan terlihat dari posisinya sehingga siapapun berhak menjalankan usaha kerupuk buah naga.

Jika Anda sudah menjalankan bisnis tetapi juga ingin menjalankan bisnis kerupuk buah naga, bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan karena dari proses pembuatanya cukup mudah dan tidak memerlukan banyak dana .

Demikian dari  artikel saya semoga bisa menambah ilmu baru bagi kita jika ada salah kata dalam pengucapan kalimat mohon di maafkan ,Mari kita buat brsama teman maupun ibu di rumah cara bikin keripik buah naga,Semoga berhasil .