Cara Bikin Kue Kering Coklat Kacang

Halo bertemu lagi dengan saya di artikel cara bikin kue coklat kacang.

Cara Bikin Kue Kering Coklat Kacang

 

 

1. Cara Bikin Kue Kering Coklat Kacang Tanah

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram kacang tanah sangrai, tumbuk kasar
  • 1 butir kuning telur
  • 100 gram mentega
  • 100 gram margarin
  • 135 gram gula halus
  • 15 gram tepung maizena
  • 15 gram susu bubuk
  • 35 gram cokelat bubuk

Cara Membuat Kue Kering Coklat Kacang Tanah:

  1. Kocok mentega, margarin dengan menggunakan mixer hingga berwarna putih pucat.
  2. Masukkan kuning telur, kocok lalu aduk rata.
  3. Lalu masukkan gula halus, tepung maizena, cokelat bubuk, dan susuk bubuk. Aduk rata.
  4. Selanjutnya masukkanlah kacang serta tepung terigu. Aduk rata.
  5. Siapkan loyang yang sudah dioles dengan mentega. Bentuklah adonan kue bulat pipih.
  6. Panaskan oven.
  7. Panggang kue kurang lebih sekitar 25 menit hingga matang.
Baca Juga: Cara Memasak Bistik Daging Sapi yang Lezat dan Mudah

Manfaat Kacang Tanah

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Walaupun padat kalori dan lemak, ternyata kacang tanah tidak menambah berat badan. Sebuah studi menyebutkan bahwa megonsumsi kacang tanah bisa membantu menjaga berat badan serta mengurangi risiko obesitas.

Makanan ini memberikan kemungkinan untuk membuat kamu kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan secara berlebih. Selain itu, protein serta lemak menyehatkan pada kacang juga bisa meningkatkan laju pembakaran energi dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang tanah bisa memberi manfaat bagi kesehatan jantung dikarenakan kandungan lemak tak jenuhnya yang lebih tinggi dibanding dengan lemak jenuh. Lemak yan tak jenuh adalah lemak yang menyehatkan sehingga bisa menurunkan kolesterol serta mencegah penyakit jantung.

Kacang dengan nama ilmiah Arachis hypogaea ini juga mempunyai kandungan yang kaya akan vitamin B3, magnesium, tembaga yang diperlukan dalam memelihara kesehatan jantung. Kombinasi dari vitamin, mineral, lemak ini menyehatkan dan membuat jantung kamu lebih kuat serta sehat.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Menurut American Jurusan Kardiologi, orang yang makan kacang tanah setidaknya 2 kali dalam seminggu mengalami penurunanrisiko pada penyakit jantung sebesar 13 persen. Selain itu, risiko penyakit jantung koroner juga ikut menurun sampai sebesar 15 persen.

Kemungkinan ini memiliki kaitan dengan khasiat resveratrol serta asam oleat pada kacang tanah. Keduanya membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan radikal bebas. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat menurun.

4. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Batu empedu terbentuk dari sisa empedu dan kolesterol yang mengendap sehingga membentuk kristal empedu. Lama-kelamaan, batu empedu dapat menyumbat saluran empedu sehingga menyebabkan nyeri dan peradangan.

Konsumsi kacang tanah mungkin bisa mencegah penyakit batu empedu dengan cara menurunkan kolesterol darah. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, kombinasikan dengan pola makan kaya serat dan batasi asupan makanan tinggi lemak jahat.

5. Membantu Mengontrol Gula Darah

Kacang tanah dan kacang-kacangan sejenisnya dapat menjadi pilihan camilan untuk penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah. Artinya, makanan ini tidak menyebabkan kenaikan gula darah dengan cepat.

Serat pada kacang tanah juga memperlambat pergerakan makanan di dalam saluran pencernaan, sedangkan protein mengambil lebih banyak energi supaya dapat terurai. Kedua hal ini membuat tubuh Anda melepaskan energi dan glukosa dengan stabil.

6. Menurunkan Kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang tanah berpotensi menurunkan jumlah low-density lipoprotein (LDL), yakni kolesterol ‘jahat’ yang dapat membentuk plak pada pembuluh darah. Ini merupakan penyebab utama dari penyakit jantung koroner.

Lemak menyehatkan ini juga memelihara sel-sel tubuh dan memberikan tubuh Anda asupan vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang melindungi jaringan tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Semoga cara bikin kue coklat kacang dan manfaat kacang tanah dapat bermanfaat. Kunjungi Cara Buat Kue Kering Coklat Manis dan Renyah.