Cara Buat Minyak Kelapa Secara Tradisional Atau Fementasi Yang Mudah

Minyak kelapa sekarang ini banyak di cari orang-orang karena manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan. Cara buat minyak kelapa sangatlah muda, ada banyak cara untuk membuatnya. Berikut ini cara buat minyak kelapa secara tradisional atau dengan cara fermentasi.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak alami yang terbuat dari kelapa yang diekstrak, Bisa di sebut juga virgin coconut oil. Virgin coconut oil ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga sebagai produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari.

Tidak tanggung-tangung, minyak alami ini pun mempunyai manfaat yang bisa kamu rasakan mulai dari ujung kaki hingga kepala. Oleh karena itu ada banyak cara menggunakan minyak kelapa yang bisa kamu coba.

Kandungan minyak kelapa kaya akan omega 3 yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah resiko penyakin jantung dan hati, serta meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, minyak kelapa juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan lauric acid di dalamnya baik untuk melembapkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Meski memiliki begitu banyak manfaat, tetapi masih sedikit orang yang tahu cara memanfaatkan minyak alami ini dengan optimal. Kebanyakan orang hanya menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti minyak goreng saat memasak.

Cara Buat Minyak Kelapa Secara Tradisional Atau Fermentasi

Cara membuat VCO dengan fermentasi dimulai dari menyiapkan krim santan di dalam toples dan kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 1/4 sendok teh.

Jika kamu membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, proses pembuatan dengan cara fermentasi adalah yang paling tepat.

1. Pilihlah kelapa yang bekualitas baik matang dan juga segar.

2. Bersihkan kelapa, lalu parut dan campurlah dengan air matang kemudian peras.

3. Dari hasil parutan tersebut segera kita tuangkan ke botol atau wadah diamkan selama 24 jam dalam ruangan 32 derajat celcius. Proses penyimpanan ini akan membuat air dan minyak terpisah.

4. Saringlah air yang sudah terpisah dengan minyak, dan minyak itu sendiri akan menghasilkan warna putih pucat.

Hasilnya adalah terbentuk 3 lapisan yakni: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (blondo), lapisan bawah (air).

Anda juga bisa membuat minyak kelapa dengan mesin pembuat kelapa kalau tidak ingin ribet membuat minyak kelapa. Kalau kita membuat minyak kelapa sendiri, kita lebih mendapatkan kemurnian dari minyak kelapa itu sendiri.

Manfaat Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Menurut sebuah penelitian di tahun 2012, menambahkan minyak kelapa ke dalam diet kamu dapat secara signifikan mengurangi risiko osteoporosis. Seperti yang telah disebut, minyak kelapa kaya akan kalsium.

Para ilmuwan menambahkan minyak kelapa untuk diet tikus dan mempelajari tulang mereka untuk jangka waktu 6 minggu. Tikus memiliki volume tulang yang lebih besar dan indikasi positif lainnya untuk kesehatan mereka juga meningkat.

2. Mengurangi Lemak Sekitar Perut

Percaya nggak, orang minum 1 sendok makan minyak kelapa setiap hari bisa jadi kurus?

Sebenarnya tidak tiba-tiba jadi kurus, ini perlu jadi agenda rutin kamu sehari-hari. Minyak kelapa memiliki kemampuan melancarkan pencernaan dan membawa libah dalam usus. Setidaknya kamu bisa lancar buang air dan di sini minyak kelapa bermanfaat untuk mengurangi lemak di sekitar perut.

Anehnya, sebuah studi dari 2009 menemukan bahwa dengan menambahkan 2 sendok makan minyak kelapa dalam menu diet harian, diikuti dengan latihan, mengurangi lingkar pinggang dalam waktu 12 minggu.

3. Melembabkan Kulit

Mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang kering dan kasar dapat meningkatkan kelembapan dan ketegangan yang terjadi pada permukaan kulit kamu.

Sebuah penelitian tertentu dari tahun 2004 menunjukkan bahwa minyak kelapa dan mineral meningkatkan kondisi kulit. Para ilmuwan memperhatikan bahwa orang yang tinggal di tempat tropis selama berabad-abad menggunakan minyak kelapa untuk memperbaiki kondisi kulit mereka.

4. Menghilangkan Ketombe

Karena minyak kelapa bisa meningkatkan kelembaban kulit, ini juga efektif jika digunakan sebagai cara mengatasi ketombe yang bandel dan gatal.

Menerapkan minyak kelapa ke kulit kepala sebelum tidur akan mengembalikan kelembapan dan membuatnya kurang “terkelupas.”

Selain itu, minyak kelapa meningkatkan keindahan penampilan rambut. Sebuah penelitian tertentu dari tahun 2003 menunjukkan bahwa minyak kelapa mencegah kerontokan rambut.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka Ringan

Satu penelitian menunjukkan bahwa luka yang diobati dengan minyak kelapa lebih cepat sembuh. Percobaan dilakukan pada tikus, tetapi kulit mereka sangat mirip dengan kita, jadi hasilnya harus diterapkan pada manusia.

Itulah cara buat minyak kelapa secara tradisional atau dengan cara fermentasi. Manfaat yang di dapat dari minyak kelapa juga sangat banyak untuk kesehatan. Anda juga bisa menjumpai minyak kelapa di supermarket dan toko kelontong yang menjual minyak kelapa.