Cara Buat Roti Maryam Simple, Enak, dan Sederhana

Pada artikel ini, saya akan berbagi cara buat roti maryam simple. Roti maryam hampir mirip dengan roti canai, simak asal usul roti maryam berikut.

Asal Usul Roti Maryam

Roti Maryam, nama ini bila di Jawa Timur jauh lebih terkenal daripada nama Roti Canai atau roti Prata. Meskipun bentuk serta rasa ketiga nama roti ini seperti bahkan sepintas bisa dikatakan sama. yang pasti sama artinya Roti ini berbentuk bulat serta yang khas waktu dimakan dapat diambil sedikit-demi sedikit bagian roti ini yang berlapis-lapis.

Secara sederhana, resep roti maryam ini sebenarnya hanya terdiri dari tepung terigu, telur, minyak goreng, mentega dan tentu saja air. Kadang pula ditambah susu bubuk full cream. Komposisi atau berat serta takaran tiap bahan bisa bisa berbeda-beda tergantung dari keahlian si penghasil buat menentukan cita rasa seperti apa yang disukai pembeli atau konsumennya.

Roti Maryam atau bisa dikatakan yang bentuknya seperti memiliki banyak nama, mirip pada India disebut dengan roti canai, pada negara Myanmar disebut dengan nama Palata. sementara di negara Malaysia dan Singapura roti ini mendapat sebutan Prata.

Flying Bird (Roti terbang) adalah sebutan buat roti maryam pada negara-negara Eropa, sedangkan di cina dianggap dengan nama Yin Du Jiang Bing (Biskuit panggang dari India). Katanya, roti maryam ini awal mulanya asal wilayah India Utara namun, gosip ini masih perlu diteliti dan disebut dengan nama roti Paratha.

Di Indonesia, terutama di kampung arab roti maryam seperti ini menjadi sajian wajib untuk sarapan menggunakan lauk gulai maupun kari.

Era saat ini roti maryam sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan berbagai macam toping yang menggugah kesukaan. Toping yang paling trend ialah coklat keju dimana roti maryam diberi parutan coklat serta keju sehingga cita rasanya tambah maknyus. Kadang pula ditoping salad buah dan madu.

Selanjutnya, simak cara buat roti maryam berikut ini.

Cara Buat Roti Maryam

1. Roti Maryam Coklat

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu 250 gram
  • Telur 1 butir
  • Minyak sayur 2 sdm
  • Margarin 5 sdm
  • Gula halus / gula pasir 5 sdm
  • 1 sdmsusu coklat
  • Garam secukupnya

Cara Buat Roti Maryam Coklat :

  1. Campurkan semua bahan hingga kalis. Apabila adonan masih keras, maka diberi tambahan air hangat seperlunya dengan di tuang sedikit demi sedikit air hingga kalis serta tidak lengket. Tutup denganĀ  lap basah, lalu diamkan selama 1 jam.
  2. Bagi adonan menjadi 12 bagian. Lalu ambilah satu bagian dan pipihkan, kemudian beri olesan margarin diatasnya hingga merata.
  3. Gulung kecil dari ujung ke ujung lainnya hingga adonan menjadi kecil memanjang seperti bentuk tali.
  4. Jika sudah maka gulung adonan dari kedua ujung seperti membentuk konde hingga bertemu di tengah, kemudian tumpuk menjadi satu.
  5. Pipihkan dengan menggunakan pan di atas teflon sampai matang atau kecoklatan.
  6. Angkat dan sajikan roti maryam coklat ini.
Baca Juga : Cara Memasak Bistik Daging Sapi

2. Roti Maryam Original

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu 250 gr

  • 50 gr margarin
  • 2 kuning telur
  • Air hangat 100 ml
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Roti Maryam Original :

  1. Siapkan wadah masukkan semua bahan kedalam wadah, lalu aduk-aduk sampai halus.

  2. Setelah kalis, bagi adonan menjadi 8 bagian kemudian setiap adonan di olesi dengan margarin , tutup adonan dengan plastik bening lalu diamkan adonan selama 30 menit
  3. Setelah didiamkan ambil adonan dan giling sampai tipis kemudian olesi dengan margarin bagian atasnya lalu gulung memanjang dan gulung melingkar seperti konde setelah digulung seperti konde, tipiskan kembali agar membentuk seperti roti maryam ikuti langkah ini hingga adonan habis.
  4. Panaskan teflon lalu panggang roti maryam sampai kecokelatan panggang roti maryam dengan api kecil, setelah matang angkat.
  5. Sajikan roti maryam.

Itu saja yang dapat saya bagikan tentang cara buat roti maryam simple. Selamat mencoba!