Cara Buat Sari Buah

Buah memang terkenal sekali mempunya banyak manfaat baik untuk tubuh, tak heran jika buah sering di konsumsi orang orang, bahkan tak jarang buah di olah menjadi berbagai minuman, pada kali ini kita akan mengelolah buah menjadi sari buah, yuk simak lebih lanjut pembahasan cara buat sari buah ya…

Apa Itu Sari Buah?

cara buat sari buah Setelah kita membahas manfaat pada buah, sekarang apakah kalian tau, apa itu sari buah? Sari buah adalah salah satu olahan buah-buahan yang telah lama di kenal masyarakat

kandungan gizi yang tinggi, serta memiliki rasa yang menyegarkan, timbulnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan yang mendorong berkembangnya industri sari buah-buahan, sebagai pengganti minuman bersoda, kopi, atau teh.

Industri sari buah tropis berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini, dengan laju mencapai 20% per tahunnya (Irian, 2005). Sari buah merupakan hasil dari pemeprasan atau ekstraksi buah yang sudah di sariing. Pembuatan sari buah di utamakan untuk meningkatkan ketahan simpanan serta daya guna-buahan

Pembuatan sari buah dari setiap jenis buah, meskipun ada sedikit perbedaan tetapi prinsipnya tetap sama, yaitu dengan cara menghancurkan buah dan kemudian tekan agar di peroleh sarinya. Gula yang di tambahkan agar mendapatkan rasa manis.

Sari buah adalah minuman ringan yang di buat dari sari buah dan tanpa tambahan gula makanan yang di izinkan. keuntungan yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi minuman sari buah atau jus yaitu mendapatkan kemudahan dalam membelinya.

Selain itu, konsentrasi yang cair dari sari buah memungkinkan zat-zat terlarutnya mudah di serap oleh tubuh. Di buat sari buah, dinding sel selulosa dari buah akan hancur dan larut sehingga lebih mudah untuk dicerna oleh lambung dan saluran pencernaan pada tubuh.

 

Syarat pembuatan sari buah

Cara membuat sari buah enak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Untuk mendapatkan sari buah yang baik dengan filtrat yang banyak, perlu memilih buah-buahan yang cukup matang. Filtrat buah yaitu cairan yang berasal dari perasan buah.
  2. Kemudian, bila menggunakan buah-buahan yang banyak mengandung air akan memperoleh filtrat yang lebih banyak. Meskipun demikian, buah-buahan dengan kadar air rendah juga dapat digunakan.
  3. pilih buah-buahan dengan aroma yang kuat, agar aroma buah yang dihasilkan juga akan lebih tajam baunya.
  4. Penggunaan air bersih dan sehat sangat diperlukan karena sari buah merupakan salah satu jenis minuman. Penggunaan air yang tidak bersih dapat menyebabkan penyakit bagi orang yang meminumnya.
  5. Ruang pengolahan dan peralatan, baik sebelum maupun sebelum pengolahan harus dibersihkan dan steril. Penggunaan ruang dan alat yang tidak bersih dapat menyebabkan sari buah mudah rusak karena kuman atau mikroba dapat masuk ke dalam sari buah selama proses pengolahan.
  6. Bila menggunakan wadah sari buah dari gelas, botol, atau jenis wadah lainnya, sebaiknya wadah-wadah tersebut dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Cara membersihkan wadah dari plastik yaitu mencucinya dengan sabun sampai bersih, dibilas dengan air panas sebentar, kemudian di keringkan. Cara membersihkan wadah dari gelas, yaitu setelah di cuci dengan sabun dan di bilas kemudian di rebus selama 10-15 menit di dalam air mendidih.
  7. Penutup wadah setelah pengisian harus benar-benar rapat. Maksudnya, agar sari buah memiliki unsur simpanan yang cukup lama.
  8. Buah-buahan yang getah dan mudah cokelat setelah pengupasan, misalnya buah pala, sebelum dilakukan, sebaiknya dilakukan blanching. Arti blanching adalah memanaskan dalam waktu yang singkat.

 

Cara Buat Sari Buah

cara buat sari buah

Bahan – bahan :

  • 10 buah nanas (kupas kulit nanas sehingga menjadi 5 kilogram nanas)
  • 10 liter udara
  • 2 kilogram gula pasir
  • 15 gram (1 sendok makan) jeruk zuur
  • Pewarna makanan kuning (secukuonya)
  • 2 1/2 sendok teh benzoat
  • Garam (secukupnya)

Cara membuat :

  1. Lumuri nanas dengan menggunakan garam, lalu cuci hingga bersih
  2. Kemudian blender nanas dengan air secukupnya (dengan air 10 liter)
  3. Lalu saring menggunakan kain kasa
  4. Setelah itu tambah sisa air tadi
  5. Kemudian masukkan gula, citrun zuur, dan pewarna kuning
  6. Lalu aduk rata, lalu rebus hingga mendidih sambil diaduk-aduk, masukkan dinginkan, kemudian angkat dan dikan
  7. Setelah masukkan ke dalam botol yang sudah di rebus dan di keringkan.