Cara Buat VCO Sendiri di Rumah

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan cara buat vco sendiri di rumah. VCO atau Virgin Cocount Oil adalah minyak yang berasal dari daging buah kelapa yang sudah tua, lebih jelasnya simak penjelasannya berikut.

Definisi Virgin Coconut Oil (VCO)

VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak kelapa murni yang sedang populer, di dunia kesehatan juga di dunia kecantikan. Sebab minyak kelapa murni dapat di konsumsi secara langsung, maupun dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan.

VCO merupakan minyak alami yang cara membuatnya dengan proses mengekstrasi buah kelapa. Prosesnya memakai teknik cold pressed tanpa menggunakan media panas, seperti kompor atau sinar surya. Berbeda dengan proses ekstraksi minyak alami lainnya.

Minyak kelapa murni ini memiliki kandungan nutrisi, yang baik buat membantu menaikkan produksi kolesterol baik di dalam tubuh, sehingga sangat aman buat dikonsumsi.

Virgin Coconut Oil ini juga bisa digunakan untuk memijat sampai membantu membersihkan makeup. Minyak ini pula mengandung sifat antioksidan, antimikroba, antioksidan, antijamur serta antibakteri.

Cara Buat VCO Tanpa Pemanasan

Bahan-bahan :

  • 2 butir kelapa
  • Air 1200 ml
  • Saringan
  • Botol atau wadah

Cara Buat VCO Tanpa Pemanasan :

  1. Siapkan daging kelapa tua, cuci sampai bersih. Lalu parut. Tuang air kurang lebih 500 ml.
  2. Remas-remas dan peras parutan kelapa sampai keluar santannya. Tuang air kembali sedikit-sedikit saja agar mendapat santan yang kental.
  3. Masukkan santan ke dalam plastik dan ikat menggunakan karet.
  4. Letakan dalam wadah dalam posisi berdiri. Diamkan selama kurang lebih 2 jam.
  5. Setelah 2 jam, akan terbentuk dua lapisan. Bagian atas santan kental dan bagian bawah air.
  6. Gunting salah satu ujung plastik dan tuang ke dalam wadah biarkan airnya keluar.
  7. Kemudian, tuang santan kental ke dalam wadah lalu tutup dengan rapat.
  8. Diamkan selama 24 jam untuk fermentasi. Setelah 24 jam akan terlihat 3 lapisan yaitu bawah air, tengah blondo/ampas, dan atas minyaknya.
  9. Siapkan botol, dalamnya diberi kapas atau kain bersih. Tuang minyak sedikit demi sedikit ke botol.
  10. Setelah minyak terkumpul simpanlah.
Baca Juga : Resep Ayam Rica-rica Kemangi Pedas Manis

Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO)

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Khasiat minyak kelapa murni ialah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat Khasiat untuk kolesterol ini didapatkan sebab minyak VCO dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL bisa menyeimbangkan kadar kolesterol jahat(LDL) sehingga tubuh tidak rentan terkena kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung.

2. Menghsilkan keton yang meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Kandungan VCO yang tidak kalah bermanfaat ialah mengandung asam lemak rantai sedang (MCT) yang mudah diserap oleh hati dibandingkan jenis asam lemak lainnya.

MCT ini akan lebih mudah diolah menjadi keton, sumber energi utama pada otak. Keton memiliki efek yang luar biasa untuk menghasilkan energi bagi otak, seperti mencegah epilepsi dan Alzheimer, meski khasiat ini masih butuh penelitian lebih dalam.

Didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat, asupan keton bisa menyediakan sampai 70% kebutuhan energi otak dan terbukti dapat memberikan efek positif pada orang yang kehilangan memori, seperti dalam penyakit Alzheimer.

3. Membunuh Bakteri

Manfaat minum VCO sebelum tidur adalah dapat membantu membunuh bakteri. Asam laurat yang ada pada minyak VCO dipercaya dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus yang bersarang di dalam tubuh. Karena hampir 50 persen minyak kelapa murni mengandung asam laurat yang cukup tinggi. Asam laurat ini ketika dicerna akan berubah jadi zat monolaurin yang dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi bakteri, virus, dan jamur. Beberapa orang juga meyakini berkumur dengan minyak VCO dapat menghilangkan bakteri dalam mulut, namun anggapan ini masih harus dibuktikan lebih lanjut.

4. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Saat digunakan secara topikal (oles), minyak VCO banyak dimanfaatkan untuk obat eksim maupun melembabkan kulit kering. Manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan kulit dan rambut ini bisa diperoleh dengan mengoleskan minyak VCO sebagai pelindung rambut yang dipercaya dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

5. Memperlancar Pencernaan

Manfaat minyak kelapa murni salah satunya adalah membantu melancarkan sistem pencernaan karena membuat tubuh lebih baik dalam menyerap vitamin dan mineral laut dalam lemak, seperti kalsium dan magnesium. Penelitian menunjukkan, MCT dalam kandungan virgin coconut oil bisa membantu pemecahan dan pencernana lipid dalam tubuh.

Itu saja yang dapat saya sampaikan tentang cara buat vco sendiri di rumah. Pembuatnya yang mudah cocok untuk kalian coba di rumah. Selamat mencoba!