Cara Budidaya Ikan yang Baik agar Cepat Besar dan Sehat

Cara budidaya ikan yang baik merupakan satu hal penting dan wajib diketahui jika Anda ingin sukses serta mendapatkan keuntungan besar dari bisnis pembudidayaan ikan. Apapun jenisnya, jika prosesnya tidak dilakukan dengan benar maka risiko kegagalan hingga kerugian menjadi sangat dekat.

Beberapa Cara Budidaya Ikan yang Baik Agar Sukses

Sebelum Anda menentukan jenis ikan, metode dan lainnya, ada baiknya untuk mengetahui cara budidayanya yang benar. Karena, akan percuma rasanya sekalipun menggunakan bibit unggulan serta skala pembudidayaannya besar jika tidak berlangsung sesuai ketentuan. Berikut ulasannya.

Cara Budidaya Ikan yang Baik

1. Menentukan Lokasi

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi keberhasilan dari sebuah pembudidayaan adalah lokasi pemeliharaannya, mulai dari kondisi kolam hingga lingkungan sekitar. Jadi, sebelum Anda masuk ke tahap lebih jauh yaitu tentang penggunaan metode, ada baiknya untuk pastikan hal ini telah selesai.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan sumber airnya yang menyuplai kolam secara langsung. Pastikan kualitas bagus dan sesuai dengan habitat ikan, jangan sampai air tercemar oleh berbagai zat beracun atau kimiawi lainnya. Oleh sebab itu, buatlah kolam di lokasi yang aman dan terkendali.

2. Kebersihan dan Fasilitas Terlengkap

Apabila kondisi pada kolam tidak dijaga dengan baik dan benar, maka kemungkinan besar akan banyaknya bakteri jahat yang menyerang ikan. Alhasil, ikan akan mati secara perlahan sekalipun pasokan pakan telah tercukupi. Jadi, tugas Anda adalah memastikan kondisinya terus bersih.

Tambahkan berbagai macam alat atau fasilitas pendukungnya agar pembudidayaan dapat berjalan dengan lancar. Salah satu peralatan penting untuk menjalankan bisnis budidaya ikan adalah aerator. Fungsi dari alat tersebut yaitu agar keluar masuknya air berjalan lancar dan memenuhi oksigen.

3. Mengelola Air

Cara budidaya ikan yang baik dan benar berikutnya adalah proses pengelolaan air. Tahap ini tidak bisa dianggap sepele karena akan mempengaruhi keberhasilan dari pembudidayaan ikan. Pastikan kondisi air terus dalam keadaan bagus atau kualitasnya sesuai seperti ketentuan dan tergantung jenis ikannya.

Namun, pada umumnya apapun jenis ikan yang digunakan dalam pembudidayaan selalu melakukan pengurasan secara rutin terlebih jika air sudah terlihat sangat keruh dan bau. Jadi, mengelola kondisinya sangatlah penting karena akan membuat tumbuh kembang ikan menjadi lebih optimal.

4. Benih

Pemilihan benih ikan merupakan faktor penting lainnya terlepas dari permasalahan tempat pembudidayaan. Tahapan ini akan mempengaruhi pada kualitas bibit apabila dilakukan secara sembarangan tanpa menyeleksi jenisnya berdasarkan ciri-ciri unggulannya.

Oleh sebab itu, dalam tahap ini Anda dituntut untuk benar-benar memahami bagaimana cara memilih benih ikan yang memiliki kualitas bagus. Jika tidak, kemungkinan besar akan membuat pembudidayaan berjalan diluar ekspektasi atau buruk karena gagal dalam menentukan benihnya.

5. Pakan dan Vitamin

Pemilihan pakan yang memiliki kandungan gizi tinggi dapat mendukung pertumbuhan serta pengembangbiakan ikan nantinya. Jadi, gunakanlah pakan yang sudah ditentukan berdasarkan jenis ikannya serta memastikan dosis dan kadar nutrisi, mineral hingga protein.

Selain pakan, vitamin juga menjadi faktor penting dari pembudidayaan serta masa panen. Pasalnya, multivitamin dapat membuat ikan menjadi tumbuh secara optimal. Sehingga Anda harus memahami jenis dan kegunaannya untuk kolam maupun ikan.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai cara budidaya ikan yang baik. Apabila Anda telah memahaminya secara benar, maka apapun jenis ikannya jika dikelola sesuai pada ketentuannya dan berjalan berdasarkan pengetahuan tentang budidaya, maka keuntungan besar siap diraih.