8 Cara Cek Keaslian iPhone Yang Akan Anda Beli (100% AKURAT)

Cara Cek Keaslian iPhone

Cara Cek Keaslian iPhone

8 Cara Cek Keaslian iPhone Yang Akan Anda Beli (100% AKURAT) – Anda tidak perlu khawatir memverifikasi pembelian Anda jika Anda membeli iPhone baru langsung dari Apple Store atau pengecer resmi. Namun, membeli iPhone baru dari penjual yang tidak Authorized (bukan retailer resmi) Anda perlu memperhatikan hal-hal yang akan saya sampaikan di artikel ini.

Ini demi memastikan bahwa iPhone yang akan Anda beli benar-benar asli dan bukan iPhone palsu atau bekas.

Meskipun produsen iPhone palsu hampir berhasil menciptakan replika iPhone yang tepat dalam desain, tapi mereka tidak dapat menyamai iPhone asli dalam hal fungsionalitas, kinerja, OS, dll.

Itulah sebabnya pembeli mungkin dapat mendeteksi iPhone palsu dari perangkat Apple asli dengan melakukan pemeriksaan yang tercantum di bawah ini.

Periksa Garansi Apple

Secara umum, Apple memberikan garansi waktu terbatas untuk semua perangkatnya yang dibeli di toko Apple atau Pengecer Resmi. Untuk memeriksa apakah perangkat Anda memiliki garansi atau tidak, Anda perlu mengetahui nomor seri/ Serial Number.

Untuk mengetahui nomor seri iPhone, Anda tinggal mengecek di menu Pengaturan (Settings)-> Umum (General) -> Tentang (About).

Anda akan melihat string alfanumerik terdaftar untuk Serial Number. Catat nomor itu dan selanjutnya cek melalui halaman Layanan dan Dukungan Apple.

Kemudian, masukkan nomor seri Anda pada kotak yang disediakan dan ketuk tombol Lanjutkan. Jika iPhone Anda asli, layar Anda akan menampilkan informasi seperti model iPhone, masa garansi, status dukungan telepon, dan lainnya.

Cara Cek Keaslian iPhone dengan Melihat Nomor Model iPhone

Terkadang, penjual akan mencoba menjual iPhone yang diperbaharui dengan harga lebih rendah dengan mengklaim bahwa itu adalah perangkat baru. Namun, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah iPhone diperbarui atau baru dari nomor modelnya.

Caranya…

Pergi ke Pengaturan (Settings) -> Klik Umum General (Umum) -> Klik Tentang (About). Nomor model akan terlihat seperti misal: MQ3D2HN / A.

Maksud kode di atas adalah:

M – The device is a brand new iPhone.

F – Refurbished device

R – Replacement device

P – Personalized device

Jika nomor model iPhone Anda tidak dimulai dengan huruf apa pun di atas, kemungkinan besar itu adalah iPhone palsu. Saat membeli iPhone baru dari penjual yang tidak sah atau pasar gelap, lakukan pengecekan dan pastikan bahwa nomor model dimulai dengan kode huruf M sebelum melakukan pembelian.

Periksa Label Kotak iPhone

Baik Anda membeli iPhone baru atau bekas, jangan lupa melihat informasi yang tercetak di bagian belakang kotak kemasan. Bagian belakang kotak akan memiliki semua informasi yang berkaitan dengan iPhone seperti nomor model, nomor seri, IMEI, dll. Pastikan bahwa angka-angka ini persis sama dengan angka yang ditampilkan pada menu Pengaturan (Settings) -> Klik Umum General (Umum) -> Klik Tentang (About).

cek keaslian iphone - belakang bodi

Plus, iPhone asli akan menampilkan teks berikut di bagian belakang kotak: “Designed by Apple in California Assembled in China”

Periksa Slot Kartu Memori

Apple iPhone tidak memiliki slot untuk memasukkan kartu memori untuk mendapatkan penyimpanan tambahan. Sebaliknya, pada iPhone selalu tersedia dengan ukuran memori inbuilt tetap 16 GB / 32 GB / 64 GB / 128/256 GB, dll.

Cek Keaslian iPhone Melalui Nomor IMEI

Setiap ponsel akan memiliki IMEI yang unik. Untuk cek IMEI iPhone, Anda bisa mengeceknya dengan mengetikkan kode dial *#06# pada keypad.

Atau, Anda juga dapat menemukan nomor IMEI dari Pengaturan (Settings) -> Klik Umum General (Umum) -> Klik Tentang (About). Plus, nomor IMEI juga akan dicetak di bagian belakang kotak kemasan.

Pada iPhone versi lama, nomor IMEI juga dicetak pada slot SIM card. Untuk beberapa seri iPhone dan perangkat iOS lainnya, nomor IMEI juga dicetak di bagian belakang perangkat.

Periksa Logo Apple

Anda akan menemukan Logo Apple di bagian belakang setiap iPhone asli. Pabrikan iPhone palsu juga tak kalah pintar, mereka bisa juga bisa membuat bahkan mendapatkan Logo Apple asli di perangkat mereka. Namun, Anda dapat menemukan perbedaan antara iPhone asli dan palsu, dengan menyentuh logo.

Gosok Logo Apple dengan lembut menggunakan jari Anda. Jika Anda tidak merasakan semacam transisi antara logo dan bodi, maka itu adalah iPhone asli.

Periksa Penampilan Fisik iPhone

Secara umum, kualitas iPhone palsu sangat buruk sehingga Anda bahkan tidak dapat membandingkannya dengan kinerja iPhone asli. Namun, produsen perangkat iPhone palsu berusaha keras untuk meniru iPhone asli setidaknya dalam penampilan. Untuk mengidentifikasinya, Anda perlu mengetahui lokasi pasti tombol, konektor USB, dll. Pada iPhone asli. Anda dapat dengan mudah mendeteksi yang palsu jika ada ketidakcocokan. Anda juga harus mencoba dan menekan tombol selama beberapa menit untuk memeriksa cara kerjanya.

Periksa Sistem / Aplikasi iPhone Default

Secara default, iPhone asli hadir dengan banyak aplikasi default (aplikasi bawaan asli) seperti Wallet, Health, Books, Safari, Clock, iTunes dan banyak lagi. Periksa apakah iPhone Anda sudah mendapatkan semua aplikasi default. Jika beberapa aplikasi hilang atau Anda menemukan ketidakcocokan dalam logo / ejaan aplikasi, maka iPhone tersebut tidak asli tetapi hanya iPhone KW.

Tempat Terbaik untuk Membeli iPhone Asli (Pasti Terjamin)

Jelas, Apple Store adalah opsi terbaik untuk membeli iPhone asli. Namun, jika Apple Store tidak tersedia di dekat Anda, maka Anda dapat menemukan pengecer resmi di dekat lokasi Anda. Cukup navigasi ke Locator toko di situs web Apple, masukkan kode pos Anda dan ketuk tombol Go setelah memilih iPhone di kotak drop-down.

Inilah beberapa cara cek keaslian iPhone. Sehingga Anda tidak dirugikan dengan mendapatkan iPhone KW, refurbishment ataupun iPhone yang sudah diganti komponennya.