Cara dan Tips Merawat Kuku Anak Agar Tetap Sehat

Anak memerlukan perawatan kuku supaya senantiasa sehat. Sebetulnya, salah satunya perawatan yang diperlukan kuku anak merupakan pemotongan.

Buat memotong kuku balita dapat memakai gunting kuku spesial yang berujung tumpul sehingga tidak melukai kuku balita.

Dilansir dari Healthy Children, Waktu terbaik buat memotong kuku anak merupakan sehabis mandi dan gosok gigi, dikala anak lagi bersantai ataupun kala dia lagi tidur.

Orang tua butuh melindungi supaya kuku anak yang sudah dipotong tidak agresif, sehingga tidak melukai dikala digunakan buat menggaruk.

Orang tua pula butuh mengajari anak buat menjaga kuku semenjak dini, berikut ini sebagian metode serta panduan buat menjaga kuku anak, sebagaimana diwartakan American Academy of Dermatology.

1. Potong kuku Kuku yang pendek hendak senantiasa bersih serta tidak sering patah. Hendaknya anak mulai diajari buat memotong kuku sendiri sehabis dia berumur 9 ataupun 10 tahun.

Potong kuku sehabis mandi supaya lebih lembut serta gampang dipotong. Potong kuku dengan metode membulat di bagian ujung supaya senantiasa kokoh.

Sehabis itu, tepi agresif pada bagian kuku yang sudah dipotong dapat dihaluskan dengan metode dikikir supaya lebih halus.

Perkenankan kutikula senantiasa terletak di kuku serta lenyap sendiri, hendaknya jangan memotong ataupun melenyapkan kutikula.

2. Keringkan tangan dengan baik

Ajari anak buat senantiasa mengeringkan tangan dengan baik sehabis dicuci. Bila kuku sangat basah, hingga kuman hendak kilat tumbuh serta dapat memunculkan peradangan.

3. Pakaikan losion pada kuku

Kuku memerlukan pelembab buat buatnya fleksibel serta tidak gampang patah. Waktu terbaik buat mengenakan losion merupakan sehabis mandi ataupun cuci tangan.

4. Batasi pemakaian penghapus kuteks

Penghapus kuteks dapat menimbulkan kuku jadi sangat kering. Cobalah buat mengenakan penghapus cat kuku yang tidak sangat keras.

5. Makan santapan yang memiliki banyak protein serta vit B7

Makan santapan yang memiliki protein serta vit B7 semacam daging, susu, ikan, kacang- kacangan, almond, serta telur. Santapan ini melindungi kuku senantiasa sehat serta kokoh.

6. Hilangkan hangnail

Mengunyah ataupun menyobek langsung hangnail( sedikit kuku yang mencuat) bisa menimbulkan peradangan. Buat menanggulangi hangnail, terlebih dulu mencuci tangan dengan sabun serta air. Setelah itu, pakai gunting kuku buat memotong bagian kuku yang mencuat tersebut.

7. Perawatan kuku kaki

Tidak cuma kuku tangan, kuku kaki pula butuh perawatan. Sebagian metode yang dapat dicoba buat menjaga kuku kaki merupakan memilah sepatu yang pas supaya tidak menghalangi ruang gerak kaki.

Ruang gerak jari kaki yang dibatasi bisa menimbulkan kuku kaki berkembang ke delam serta menyakitkan. Jangan kurang ingat ubah kaus kaki tiap hari.

Kaus kaki yang bersih dapat menolong buat melindungi kesehatan kaki. Kenakan sandal jepit di tempat universal. Berjalan tanpa alas kaki di tempat- tempat universal bisa menimbulkan peradangan di kuku kaki.

Proteksi kaki dengan menggunakan sandal jepit ataupun sandal mandi di tempat universal, semacam tepi laut, kolam renang, ruang ubah, serta kamar mandi hotel.

8. Cek kuku

Cek kuku secara berkala supaya lekas mengenali permasalahan kuku. Isyarat permasalahan kesehatan umumnya dapat dikenal dari kuku, misalnya isyarat hitam serta kuku rapuh. Bila kuku mulai bermasalah, ini saatnya buat mendatangi dokter kulit.