Cara Kerja Solar Panel Dan Juga Komponen Di Dalamnya

Sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari yaitu energi matahari. Energi matahari inilah yang akan diubah menjadi energi listrik menggunakan teknologi yang dinamakan fotovoltaik melalui panel surya. Cara kerja solar panel ini juga sederhana dan memiliki beberapa komponen pendukungnya.

Cara Kerja Solar Panel

Solar panel ini berupa pelat yang terdiri dari sel fotovaltaik yang terbuat dari bahan semikonduktor. Bahan inilah yang akan membantu untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik, sehingga kebutuhan dapat terpenuhi dan Anda bisa lebih menghemat.

Pada efek fotovoltaik inilah elektron akan berpindah dari sel yang bermuatan negatif menuju sel lain bermuatan positif. Sehingga arus listrik tersebut menjadi arus bolak-balik yang dibantu dengan inverter daya yang dapat mengatur frekuensi intensitasnya.

Komponen Solar Panel

Setelah mengetahui cara kerja solar panel, berikut ini terdapat beberapa komponen-komponen dari solar panel yaitu:

  1. Panel Surya atau Solar Cell

Komponen yang pertama ini memiliki peranan yang penting juga yang berfungsi untuk melakukan konversi energi dari matahari menjadi energi listrik. Kebutuhan daya (watt) yang akan dipasangkan ini biasanya juga akan berbeda-beda tiap rumah, hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Battery

Fungsi dari battery ini juga memiliki peranan yang sama seperti biasanya yaitu digunakan untuk penyimpan daya. Biasanya baterai yang digunakan ini merupakan jenis baterai kering maupun baterai gel. Harga baterai jenis ini termasuk mahal dan paling sering menjadi rekomendasi terbaik untuk tenaga surya tersebut.

  1. Charge Control

Sedangkan komponen charge control ini memiliki fungsi untuk menjaga baterai yang digunakan tidak melebihi tegangan yang sudah ditentukan atau tidak mengalami under charger. Hal ini juga bertujuan agar baterai yang digunakan ini dapat bertahan lama, apalagi harga yang kita tahu cukup mahal.

  1. Inverter atau Converter.

Komponen yang terakhir yaitu Inverter atau converter yang memiliki fungsi untuk melakukan konversi tegangan searah menjadi tegangan bolak-balik. Komponen ini sangat bersifat optional dan biasanya tidak diperlukan pada tegangan searah atau DC.

Setelah mengetahui cara kerja solar panel dan komponen-komponen di dalamnya, Anda bisa mulai merencanakan jumlah daya yang Anda butuhkan dalam sehari-hari. Karena hal inilah yang akan disesuaikan dengan jumlah panel surya dan juga baterai yang dibutuhkan.