Cara Liburan di Italia dengan Biaya Terbatas

Baik Anda sedang liburan ke Italia untuk menikmati makanan yang luar biasa, mempelajari sejarahnya yang beragam atau untuk mengagumi lingkungan yang indah, ada banyak hal yang harus dilakukan dan dinikmati di negara tersebut.

Namun, Italia bukanlah negara termurah untuk dijelajahi, dan biayanya dapat dengan cepat meningkat kecuali Anda tetap memperhatikan apa yang Anda belanjakan dan merencanakan perjalanan Anda untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa cara liburan di Italia dengan biaya terbatas yang dapat Anda jadikan referensi.

1. Transportasi di Italia

Jika Anda menggunakan pesawat untuk pergi ke Italia, bersikap fleksibel dalam hal waktu perjalanan dan rute yang Anda ambil dapat membuat perbedaan besar pada biaya penerbangan Anda. Jika Anda bepergian ke Italia dari tujuan Eropa lainnya, periksa maskapai penerbangan hemat bersama dengan rute kereta dan bus untuk menemukan opsi termurah.

Berkeliling Italia jauh lebih mudah daripada negara-negara Eropa lainnya karena jaringan kereta mereka yang luas dan canggih. Kereta berkecepatan tinggi akan lebih mahal, sekitar 40-70 EUR, tetapi dapat membawa Anda ke sisi lain negara hanya dalam beberapa jam.

Untuk pilihan yang lebih murah, kereta regional Italia adalah alternatif yang bagus dan mengantarkan Anda ke mana pun Anda ingin pergi!

Berkeliling kota-kota besar seperti Roma dapat dilakukan dengan Metro atau bus, meskipun Metro hanya memiliki 2 jalur, jadi itu bukan moda transportasi yang kami sarankan jika Anda mencoba untuk menyesuaikan dengan sekelompok tamasya dalam sehari. Untuk kota-kota seperti Firenze dan Venesia, berjalan kaki itu mudah dan moda transportasi pilihan saya!

2. Akomodasi di Italia

Ada beberapa pilihan akomodasi dengan biaya murah yang dapat ditemukan di sekitar Italia, tetapi bahkan di kelas bawah, Anda biasanya harus mengeluarkan sekitar 25 EUR per malam untuk tempat tidur di kamar asrama asrama hingga 90 EUR untuk kamar Anda sendiri.

Dengan biaya yang biasanya sedikit lebih tinggi di kota-kota besar seperti Roma, Milan, dan Venesia, pilihan untuk memesan akomodasi di pinggiran kota yang memiliki jaringan kereta seringkali bisa lebih murah daripada mendapatkan akomodasi di pusat kota.

3. Makan dan minum

Masakan yang luar biasa adalah salah satu alasan utama mengapa banyak orang mengunjungi Italia, tetapi makanan restoran dengan segelas anggur seharga 15 EUR atau lebih, itu bukan pilihan setiap malam jika Anda memiliki anggaran yang terbatas.

Banyak restoran mengenakan biaya “coperta” atau pajak untuk duduk di restoran yang dimulai dari sekitar 3 EUR, jadi penting untuk membaca menu sebelum duduk untuk melihat berapa tarifnya.

Banyak restoran akan mencoba menarik orang selama layanan makan siang mereka dengan menu set, dan jika Anda dapat makan makanan utama Anda saat makan siang dan kemudian ngemil di kemudian hari, ini pasti akan membantu Anda mengurangi biaya.

Selalu ada pilihan untuk makanan cepat saji atau pizza dengan potongan harga, yang membuat makan malam yang lezat, dan hanya membutuhkan biaya sekitar 3-5 EUR.

Tip Bermanfaat: Mintalah air putih (tap water) saat makan, atau Anda akan dikenai biaya untuk air kemasan. Beberapa restoran juga mengenakan biaya untuk roti.

4. Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika liburan di Italia dengan anggaran terbatas

Saat Anda menjelajahi kota, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan, dengan area seperti Spanish Steps di Roma yang menarik seniman dan musisi jalanan lokal, sementara banyak museum memiliki hari-hari di mana biaya masuk dibebaskan. Berikut beberapa aktivitas budget yang bisa Anda nikmati:

  • Tur dengan berjalan kaki adalah cara yang bagus untuk menyesuaikan diri saat Anda tiba di kota baru, dan memberi Anda gambaran tentang pemandangan utama yang ingin Anda kunjungi lagi. Sebagian besar hostel di kota besar menawarkan tur jalan kaki setiap hari yang biasanya gratis dengan tip yang direkomendasikan untuk pemandu Anda di akhir kegiatan.
  • Rencanakan perjalanan Anda untuk musim gugur selama festival seperti Karnaval Venesia pada bulan Februari atau pasar Natal Roma.
  • Periksa museum mana di kota yang menarik minat Anda, dan periksa apakah mereka memiliki hari atau periode tertentu di mana mereka menawarkan tiket masuk gratis.
  • Menyewa sepeda biasanya membutuhkan biaya sekitar 15 EUR sehari tetapi memungkinkan Anda untuk melihat lebih banyak area kota atau luar ruangan daripada yang bisa Anda jalani!
  • Jika Anda akan menjelajahi daerah pesisir, seperti Cinque Terre, hiking adalah cara terbaik untuk melihat pemandangan yang indah dan tidak mengeluarkan uang sepeser pun.
  • Duduk dan bersantai di taman Villa Borghese di Roma atau Piazzale Michelangelo di Florence (pemandangan terbaik kota), dan bawa peralatan piknik jika Anda suka!
  • Kunjungi gereja dan basilika untuk mengentahui sejarah panjang dan budaya orang Italia. Sebagian besar memiliki tiket masuk gratis, seperti Basilika Santo Markus di Venesia, dan sangat menakjubkan.

Itulah beberapa cara liburan di italia dengan biaya terbatas yang dapat Anda jadikan referensi. Atau, jika Anda masih kurang yakin, maka Anda dapat memilih paket wisata ke luar negeri yang ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan. Biasanya, paket wisata tersebut terbilang lebih murah ketimbang Anda melakukan solo traveling.