Cara Masak Daging Sapi Biar Empuk dan Tidak Bau

Cara masak daging sapi biar empuk dan tidak bau

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara masak daging sapi biar empuk dan tidak bau, simak penjelasannya di bawah in

Baca juga: cara buat roti maryam simple

Cara masak daging sapi biar empuk dan tidak bau

1. Menggunakan buah nanas

Cara memasak daging supaya tidak alot yang pertama adalah dengan menggunakan buah nanas. Diketahui buah nanas memiliki kadar asam yang cukup tinggi, sehingga dapat membuat daging lebih cepat empuk. Namun, jika ingin menggunakan cara yang satu ini, utamakan memilih nanas yang masih muda. Kemudian potong tipis-tipis, haluskan, dan campurkan dengan daging dan tunggu hingga 30 menit. Biarkan zat asam dari nanas bekerja dan membantu dalam mengempukkan daging. Setelah itu, daging baru siap dimasak.

2. Perasan air lemon

Perasaan air lemon tidak hanya memberi cita rasa segar, namun akan membuat daging menjadi lebih empuk. Caranya dengan membalurkan perasan air lemon ke seluruh permukaan daging, lalu diamkan beberapa saat di dalam kulkas. Kandungan asam pada jeruk lemon mampu memecah struktur protein daging sehingga membuat daging lebih empuk.

3. Rendam dengan baking powder

Baking powder tidak hanya berguna untuk membuat kue saja, tapi juga bisa kamu manfaatkan jika ingin daging sapi cepat empuk. Caranya dengan merendam daging semalaman dalam bumbu yang telah ditambahkan baking powder. Cara ini sangat cocok sekali digunakan ketika kamu ingin membuat daging lada hitam atau sate.

4. Taburkan garam kasar

Cara yang selanjutnya dengan menaburkan garam ke seluruh permukaan daging. Garam yang digunakan bukanlah garam dapur, melainkan garam kasar. Nantinya taburan garam tersebut akan membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging, sehingga daging akan lebih lunak.

5. Menggunakan daun pepaya

Selain buah nanas, daun pepaya juga memiliki kadar asam yang mampu membuat daging lebih cepat empuk. Caranya pun sangat mudah sekali, cukup remas-remas daun pepaya bersama daging dan bungkus daging dalam daun pepaya yang sudah diremas. Cara lain, kamu bisa tinggal membungkus daging sapi dengan daun pepaya, kemudian diamkan selama beberapa saat sebelum diolah.

6. Cuka apel

Kandungan asam pada cuka apel dapat membantu memecah jaringan otot agar daging lebih cepat lunak. Jadi, ketika ingin mengolahnya, daging harus direndam dengan cuka apel terlebih dahul. Jika terlalu sulit mencari cuka apel, kamu bisa menggunakan cuka jenis apapun.

7. Rebus daging dengan metode 5-30-7

Merebus daging dengan waktu yang lama bisa bikin gas jadi lebih boros. Ternyata, ada cara praktis merebus daging dan kamu tetap bisa hemat gas. Yakni dengan metode 5-30-7, cara ini dipercaya dapat membuat daging lebih empuk dalam waktu singkat. Karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, kamu sudah bisa mendapatkan daging yang empuk tanpa menunggu lama.

Jadi, cara merebus daging 5-30-7 itu merupakan metode masak dengan 5 menit perebusan, diamkan selama 30 menit dengan kondisi kompor yang sudah mati dan panci tertutup rapat. Setelah itu, barulah daging direbus kembali selama 7 menit.

8. Gunakan bubuk kopi

Cara membuat daging empuk dengan kopi sangat mudah sekali, apalagi kopi sangat mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Kopi bubuk tidak hanya dapat mengempukan daging sapi saja, tapi juga berguna untuk menghilangkan bau. Adapun cara memasak daging sapi biar empuk dan tidak bau yakni kamu cukup menyeduh kopi bubuk dengan sedikit air panas dan kemudian campurkan dengan daging. Tapi sebelum diolah lebih lanjut, daging harus didiamkan selama beberapa saat, barulah setelah itu daging dapat diolah sesuai selera.

Itulah cara masak daging sapi biar empuk dan tidak bau. Selamat mencoba!