Cara Melatih Anak Menabung Sejak Dini

Cara Melatih Anak Menabung Sejak Dini

Menabung adalahsalah satu format perencanaan finansial untuk masa mendatang yang lebih baik. Selain guna investasi jangka panjang, uang simpanan juga dapat menjadi penyelesaian untuk keperluan yang tak terduga. Oleh sebab itu, kelaziman baik ini butuh diterapkan semenjak dini dengan mengajar anak menabung.

Seberapa penting mengajar anak menyimpan uang sejak dini? Sangat penting. Karena di samping membentuk kelaziman baik untuk tidak jarang kali menyisihkan beberapa uang, dengan menyimpan uang si kecil pun belajar pengelolaan finansial yang baik. Bagaimana teknik melatih si kecil menabung? Yuk, baca tipsnya dalam https://www.studybahasainggris.com tulisan ini.

Cara Melatih Anak Menabung

Kenalkan Konsep Menabung
Berdasarkan misal menukar duit dengan cokelat, Anda bisa mengajarkan pada si kecil bahwa guna mendapatkan keinginannya, dia perlu uang. Nah, duit tersebut dapat dia peroleh dengan teknik menabung atau mengoleksi sedikit demi sedikit. Hingga tabungannya cocok dengan nominal yang diperlukan untuk melakukan pembelian cokelat.

Selain mengajar menabung, Anda pun perlu mengumumkan si kecil tentang teknik mendapatkan uang guna ditabung. Misal, dari duit sakunya atau ketika Anda dan pasangan memberinya uang. Ajarkan pada si kecil guna tidak meminta uang untuk orang lain.

Jadikan Menabung Sebagai Permainan
Terkadang anak lebih cepat menciduk yang orang tua ajarkan saat diberi misal secara langsung. Karenanya, tidak terdapat salahnya mengajar anak menyimpan uang dengan bermain tabung menabung.

Anda dapat menyuruh si kecil bermain peran, sebagai penjaja dan pembeli. Ketika si kecil berperan sebagai pembeli dan menemukan kembalian dari barang yang dia bayar, ajarkan padanya untuk menyimpan uang uang kembalian tersebut.

Lakukan proses jual beli itu berkali-kali sampai si kecil sukses mengumpulkan tidak sedikit uang kembalian. Setelah itu, sampaikan padanya bahwa duit kembalian yang sukses dia tabung dapat dipakai untuk melakukan pembelian sesuatu yang lebih tidak sedikit atau lebih mahal.

Menabung di Celengan
Celengan yang lucu atau celengan karakter favoritnya akan menciptakan si kecil lebih motivasi dalam menabung. Sebaiknya pilih celengan tanpa gembok guna menghindari dia memungut kembali duit tabungannya.

Ajarkan Tentang Bejuang guna Mendapatkan Keinginannya
Tidak semua keinginan si kecil mesti tidak jarang kali Anda turuti. Ada kalanya, Anda butuh mengajarkan si kecil guna sabar menyimpan uang jika hendak membeli mainan yang dia suka.

Agar si kecil tidak jenuh atau putus harapan dalam menyimpan uang demi menemukan keinginannya, tidak terdapat salahnya memberi iming-iming hadiah andai dia berhasil. Dengan demikian, si kecil bisa kembali energik mengumpulkan duit tabungan.

Ajarkan mengenai Beramal
Menabung untuk suatu tujuan. Nah, tujuan itu tidak mesti tidak jarang kali tentang mainan atau kemauan si kecil. Namun, Anda pun dapat memberi definisi pada si kecil bahwa dengan duit tabungannya, dia juga dapat menolong orang yang kesusahan. Sampaikan pun pada si kecil bahwa menyisihkan uang guna beramal merupakan keharusan yang perlu dilazimi sejak dini.

Anak kecil ingin cepat belajar saat diberi misal langsung. Karenanya, mengajar anak menabung pun dapat dilaksanakan dengan menyuruh kecil pergi ke bank. Saat menginjakkan kaki di bank, dia bakal mulai tidak sedikit bertanya. Inilah ketika yang tepat untuk memperkenalkan konsep menyimpan uang pada si kecil.

Sumber : https://www.bahasainggris.co.id