Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Pada saat membeli laptop pastinya kamu harus mengetahui spesifikasinya tapi kadang ada juga yang tidak tahu spesifikasi dari laptop yang sudah lama kamu miliki. Nah, berikut ini adalah cara melihat spesifikasi laptop menggunakan beberapa cara.

Simak di bawah ini yuk!

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Lewat Sistem

Setiap laptop sebenarnya memiliki tool bawaan yang dapat digunakan untuk melihat spesifikasi yang digunakan. Tool ini sendiri bisa kamu temukan pada laptop merk apa saja baik laptop mahal atau pun laptop murah.

Berikut ini adalah caranya :

  1. Pertama masuk dulu ke menu setting dengan mengklik logo Windows yang berada di pojok kiri bawah.
  2. Kemudian pilih logo settings.
  3. Selanjutnya masuk ke dalam menu settings Windows dan lanjutkan dengan memilih menu system.
  4. Kemudian pilih opsi about yang letaknya berada di paling bawah.
  5. Di menu about ini lah kamu akan mendapatkan semua informasi mengenai spesifikasi laptop seperti informasi mengenai nama device, prosesor, ukuran RAM, product ID windows, device ID, tipe sistem, dan apakah laptop sudah mendukung touch screen atau belum, namun sayang dalam informasi ini tidak memuat mengenai informasi spesifikasi penting lainnya.

 

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Lewat dxdiag

Jika belum puas dengan cara yang pertama kamu bisa menggunakan cara yang kedua ini untuk melihat spesifikasi laptop yang kamu gunakan secara lengkap dengan menggunakan perintah RUN dengan kode dxdiag.

Berikut ini adalah cara melihat spesifikasi laptop lewat dxdiag :

  1. Pertama adalah masuk ke Menu Run dengan menekan tombol logo Windows + R pada keyboard laptop, kemudian nantinya akan muncul kotak dialog.
  2. Selanjutnya ketikkan perintah dxdiag pada kolom dialog RUN.
  3. Kemudian tekan ok.
  4. Maka informasi tentang laptop pun akan ditampilkan secara lengkap seperti System, Display (VGA yang digunakan), Sound, hingga Input yang terhubung dengan laptopmu.

Jika dibandingkan dengan cara cek lewat sistem Windows, dxdiag terhitung lebih komplit dalam menyajikan informasi spesifikasi laptop kamu.

Selain caranya yang sangat mudah, kamu juga tidak perlu menginstall software tambahan.

 

Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya, yuk coba sekarang caranya dan semoga berhasil ya.