Cara Memasak Daging Biar Cepat Empuk

Pada Hari Raya Idul Adha persediaan daging biasanya jadi banyak dan anda perlu memasak dengan cepat untuk keluarga sebelum daging itu membusuk. Memasak daging dalam jumlah banyak bisa membuat konsumsi gas jadi lebih boros daripada biasanya.Tetapi Cara Memasak Daging Biar Cepat Empuk ini sangat hemat gas.Jangan lupa baca cara masak daging sapi biar empuk untuk mengetahui cara masak daging sapi biar empuk .

Baca Juga : Cara Membuat Kopi Bubuk yang Enak

Cara Memasak Daging Biar Cepat Empuk dan Tips membuat daging empuk

1.Cara Memasak Daging Biar Cepat Empuk dengan Potong daging dengan berlawanan arah serat.

Saat memotong daging sapi menjadi lebih kecil, pastikan untuk memotongnya berlawanan arah dengan serat ya. Cara ini terbukti ampuh membuat daging lebih empuk.

2.Cara Memasak Daging Biar Cepat Empuk dengan Rebus dengan panci presto.

Cara kedua adalah rebus daging menggunakan panci presto. Panci presto dapat mempercepat daging agar lebih empuk.

3.Cara Memasak Daging Biar Cepat Empuk dengan Pukul daging sapi.

Setelah dipotong, pukul-pukul daging dengan alat khusus. Jika daging sudah terlihat lebih tipis, nantinya daging bisa menjadi lebih cepat empuk saat dimasak.

4. Pukul secara perlahan.

Jangan pukul daging terlalu keras. Jika tidak, daging justru bisa cepat hancur.

5. Rebus daging dengan api kecil.

Nah, saat kamu merebus daging sapi agar empuk gunakan api kecil ya. Penggunaan api kecil akan membuat tekstur daging lebih matang secara merata.

6. Garam.

Sebelum diolah, ada baiknya baluri daging dengan garam sampai rata. Lalu diamkan selama satu jam. Setelah itu bilas daging sapi supaya garam tidak lagi menempel.

7. Jeruk nipis.

Asam pada jeruk nipis ini dapat membantu tekstur daging menjadi lebih empuk. Caranya, kucuri daging dengan air jeruk nipis secara merata sebelum dimasak.

8. Nanas.

Selain menggunakan jeruk nipis, kamu juga dapat menggunakan nanas untuk membuat daging lebih empuk. Sama seperti jeruk nipis, nanas memiliki sifat asam yang akan membantu tekstur daging menjadi lebih empuk.

9. Sari santan.

Tambahkan sari santan dari 1 buah kelapa saat daging direbus. Sari santan dapat membuat daging empuk dan rasanya menjadi lebih gurih.

10. Daun pepaya.

Memakai daun pepaya untuk membuat daging empuk sepertinya sudah tak asing lagi ya. Enzim pada daun pepaya dapat membuat empuk daging lebih cepat. Caranya mudah, bungkus dan rebus daging sapi menggunakan daun pepaya. Setelah matang, angkat daging dan lepaskan daun pepaya secara perlahan.

11.Cara memasak daging empuk dengan Cara Beda

Tips yang terakhir untuk memasak daging sapi agar empuk dan matang merata adalah dengan cara penyajian yang beda. Contohnya, dipotong dadu atau kecil-kecil dan ditumis dengan sayuran. Jadi, anda punya berbagai jenis masakan lain selain mengolah daging merah menjadi gulai,rendang,atau sate.Supaya daging tidak hanya empuk, tapi juga enakt saat diolah menjadi beda.

Tips Memilih Daging Sapi Yang Baik dan Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

1. Perhatikan Warna Daging

Cara memilih daging sapi yang baik yaitu dengan memperhatikan warna daging dengan teliti ketika membeli daging tersebut. Perlu anda ketahui bahwa warna merah pada daging sapi yang menandakan jika daging sapi tersebut masih segar dan baru dipotong.

Ketika daging sapi sudah terpapar udara dalam waktu yang lama, warna daging tersebut akan ikut berubah menjadi merah agak keungu-unguan. Walaupun seperti itu, warna merah cerah dan merah keunguan masih tergolong daging yang baik daging yang perlu dihindari adalah jika warna daging sudah kecoklatan karena sudah tidak segar.

2. Cek Tekstur Daging Sapi

Daging sapi yang berkualitas baik mempunyai tekstur serat yang kenyal. Cara mengecek kualitas daging cukup mudah, anda dapat menekan daging dengan lembut di area permukaan. Jika ditekan langsung kembali ke tekstur awal, menandakan daging sapi tersebut memiliki kualitasnya bagus.

Jika sebaliknya, kalau ditekan dan tidak kembali ke bentuk semula, berarti daging sapi tersebut memiliki tekstur lunak karena sudah lama berada di ruangan terbuka, sehingga kualitasnya menurun.

Nah, itulah beberapa Cara Memasak Daging biar Empuk yang enak dan mudah yang dapat anda coba dan beberapa informasi mengenai Tips mengetahui kualitas daging. Selamat berkreasi dan mencoba.Kamu juga bisa mengunjungi cara memasak daging sapi biar empuk dan tidak bau