Cara Memasak Sayur Lodeh Yang Enak

Haloo guys… Di website dan artikel ini saya akan menyampaikan cara memasak sayur lodeh yang enak dan lezat. Tanpa basa basi berikut informasi selebihnya.

 

Sayur Lodeh

Sayur Lodeh adalah makanan khas Indonesia. Keunikan dan kesederhanaannya menjadikannya tempat tersendiri di jiwa penikmat sayur lodeh.

Sayur lodeh sangat enak disajikan saat makan bersama keluarga, seperti sarapan, makan siang, atau makan malam. Namun, sayur lodeh terasa lebih nikmat jika disandingkan dengan lauk pelengkap seperti sambal atau kerupuk.

Nah, untuk menyajikan lodeh sayur, kita tidak harus bergantung pada bahan-bahan yang disiapkan. Anda bisa menambahkan sentuhan baru yang menambah cita rasa pada jamu lodeh. Jadi tak ada salahnya mencoba sajian lodeh sayur baru seperti sayur lodeh terong.

Pada dasarnya sayur lodeh sendiri memiliki berbagai macam bahan yang berbeda-beda, namun lodeh terong berbeda. Karena seperti namanya, Auberginen Lodeh hanya menggunakan terong. Tapi jangan remehkan rasanya, karena sayur lodeh terong rasanya sama enaknya dengan sayur lodeh biasa. Namun dengan tekstur yang berbeda.

Cara Memasak Sayur Lodeh Yang Enak

Kelebihan lodeh terong adalah rasanya yang enak dan pembuatannya juga bisa dibilang sangat sederhana atau lugas dibandingkan dengan sayur lodeh lainnya. Oleh karena itu, terong lodeh tidak membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara memasaknya, silakan lihat Cara Membuat Lodeh Terong dan Resepnya Di Bawah Ini.

Bahan utama:

4 buah terong ungu
2 cabai hijau besar
400 ml santan cair
2 cabai merah besar
1 cm lengkuas
2 lembar daun salam
Minyak goreng (digunakan untuk menggoreng)

Bumbu :

4 bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 terasi bakar
2 pecan
1/4 sendok teh gula merah

Cara memasak lodeh terong :

Siapkan bahan dan bumbu :

  1. Pertama, ambil terong ungu dan potong kotak-kotak, lalu rendam dalam air.
    Siapkan cabai merah besar dan cabai hijau besar, potong miring atau jajar genjang.
  2. Ambil lengkuas yang sudah disiapkan dan tumbuk sampai rata.
  3. Campur semua bahan bumbu yang sudah disiapkan, mulai bawang putih, bawang merah, terasi, ketumbar dan kemiri. Kemudian haluskan bumbu tersebut dengan blender atau cobek hingga semua bumbu halus dan tercampur.

Cara memasak:

  1. Pertama, siapkan wajan, lalu tambahkan minyak goreng ke wajan. Kemudian panaskan minyak.
    Saat minyak panas. Kemudian masukkan bumbu halus, lengkuas, dan daun salam lalu tumis hingga tercium aroma harum.
  2. Selanjutnya, masukkan cabai merah besar dan cabai hijau besar yang telah dipotong miring ke dalam wajan. Kemudian masukkan terong ungu yang sudah dipotong kotak. Aduk hingga semuanya tercampur
  3. Selanjutnya, tambahkan santan cair ke dalam panci dan masak hingga matang. Tambahkan juga garam dan gula merah. Kemudian aduk hingga semua bumbu terserap oleh bahan.
    Setelah matang dan meresap, angkat terong lodeh dan sajikan selagi panas.

 

Nah itulah resep dan cara memasak sayur lodeh yang enak, kalian dapat dengan mudah membuatnya dirumah. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan harganya yang murah membuat sayur lodeh ini sangat mudah dibuat.

Jika kalian ingin membaca artikel yang membahas tentang sayur lodeh, silahkan baca artikel tentang cara membuat sayur lodeh ini. Atau kalian dapat membaca artikel bermanfaat lainnya yang ada pada website ini. Sekian dari saya, dengan ini saya cukupkan artikel pada kali ini. sampai bertemu pada artikel artikel lainnya.