Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep dan cara membuat arumanis rambut nenek yang enak dan lezat. Namun, tahukah kamu apa itu arumanis rambut nenek

Arumanis Rambut Nenek

Kalau permen yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi kan? Ya, gula rambut nenek atau biasa disebut arum manis memang masih sering terlihat dan cukup mudah ditemukan.

Bahan utama gulali yang biasanya berwarna merah muda adalah gula dan tepung terigu. Tekstur berupa untaian panjang seperti rambut dibuat secara tradisional dengan mencampurkan adonan gula yang sudah kental dengan tepung terigu. Selanjutnya, adonan ditarik hingga membentuk serat tipis.

Proses pembuatannya hampir sama dengan cara membuat mie. Selain arum manis, jajanan ini juga dikenal dengan nama arbanate. Oh ya, permen gula yang satu ini dulunya berwarna putih lho, tapi kemudian diberi pewarna makanan dan perasa makanan lainnya untuk menarik pembeli. Biasanya, rambut nenek disajikan dengan dua kerupuk tipis.

Resep Arumanis Rambut Nenek

Bahan ;

  • Tepung terigu 125 gr (bisa diganti memakai tepung gandum dan campur keduanya)
  • Minyak goreng 125 ml
  • Bubuk vanila secukupnya (opsional)
  • Air 400 ml
  • Gula pasir kualitas bagus 500 gr
  • Perisa vanila secukupnya (opsional)

Cara Membuat Arum Manis Rambut Nenek ;

  1. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan tepung. Campur dengan baik.
  2. Tambahkan sejumput bubuk vanila (opsional), dan masak hingga agak kecoklatan. Matikan api, sisihkan.
  3. Sambil menunggu dingin, kami membuat adonan gula menggunakan wajan anti lengket. Lelehkan gula pasir dengan 400 ml air, panaskan dengan api sedang selama kurang lebih 20-22 menit. Aduk sesekali agar gula tidak lengket.
  4. Tekstur gula untuk membuat rambut nenek harus pas, tidak terlalu lembut dan tidak terlalu keras. Jika gula sudah mengental dan berwarna kecoklatan, matikan api.
  5. Siapkan baskom berisi air dingin, letakkan panci di atasnya sambil mengaduk gula hingga membentuk bola.
  6. Keluarkan permen kapas dan letakkan di atas papan adonan. Tarik beberapa kali hingga teksturnya sedikit lentur, membentuk lingkaran besar.
  7. Lapisi dengan campuran tepung dan minyak yang telah didinginkan sebelumnya, lalu bentuk dengan cara melipatnya seperti angka 8 sambil terus ditarik.
  8. Ulangi prosedur ini sampai permen kapas membentuk untaian tipis.

Tips Dalam Membuat Arum Manis Rambut Nenek

  1. Untuk membentuk rambut nenek ini, dibutuhkan tenaga ekstra yang tidak sedikit. Jadi lebih baik bagi adonan permen kapas menjadi dua atau tiga agar lebih mudah.
  2. Anda dapat menambahkan pewarna makanan saat memasak adonan permen kapas.
  3. Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah gula cair sudah siap ditiriskan.
  • Siapkan mangkuk kaca berisi air dingin (air es), lalu tuangkan satu sendok makan gula cair. Biarkan beberapa detik sebelum mengambil. Jika lembek dan Anda tidak bisa membentuk bola, itu berarti permen kapas belum siap.
  • Kalau teksturnya agak kaku bisa dibentuk bulat, tapi kalau lembek dan garisnya turun saat ditarik mendatar, berarti permen kapasnya masih belum matang.
  • Jika teksturnya kaku, dapat dibentuk menjadi bulat, dan membentuk garis padat bila digambar mendatar, berarti permen kapas sudah siap untuk dibentuk.

Gunakan mesin arum manis dan mesin pembuat arum manis rambut nenek agar proses pembuatanya jadi lebih mudah dan lebih menghemat waktu.

Itulah pembahasan pada artikel kali ini tentang resep dan cara membuat arumanis rambut nenek yang enak dan juga lezat.