Cara Membuat Bawang Goreng Kriuk

Pada artikel kali ini saya akan share cara membuat bawang goreng kriuk. Rasa kriuk dan renyah ini dihasilkan dari tepung untuk melapisi bawang goreng. Selain itu, tepung juga menambah rasa pada bawang sehingga menjadi lebih cocok untuk bahan pelengkap.

Bawang Merah, Karakteristik dan Kegunaannya

Bawang merah, atau yang biasa kita sebut dengan shallot, adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk berbagai jenis masakan di seluruh dunia. Bawang ini tumbuh di tempat yang dingin seperti pegunungan. Padahal asalnya sendiri adalah dari India dan Pakistan. Namun seiring berjalannya waktu mulai dibudidayakan di berbagai daerah subtropis dan tropis.

Karakteristik Bawang Merah

Bentuk dan ukuran bervariasi tergantung pada lokasi. Di barat, ukuran bawang merah ini cenderung lebih kecil dan ramping. Kulitnya tipis dengan warna pink. Sedangkan dagingnya berwarna ungu.

Bawang merah yang diproduksi di Asia lebih kecil daripada di barat. Ukurannya harus sangat kecil, hanya sebesar jari kelingking atau ujung ibu jari. Sedangkan warna dagingnya lebih gelap yaitu ungu tua.

Rasanya cenderung lebih ringan dibandingkan bawang merah. Di sisi lain, rasanya lebih kuat dibandingkan bawang bombay, bahkan rasanya agak mirip dengan bawang putih.

Kegunaan Bawang Merah

Biasanya umbi berupa bawang merah sering digunakan sebagai bahan pelengkap bumbu masakan atau dimakan mentah sebagai asinan. Hal ini juga digunakan untuk jamu dicampur dengan bahan lain.

Khasiatnya sendiri tidak lebih dari mengatasi masuk angin, maag, memperlancar pernapasan, dan lain sebagainya. Sementara kulitnya sendiri sering digunakan untuk pewarna, daunnya sendiri sering digunakan dalam bahan masakan, terutama sayuran.

Varietas bawang merah ini juga sering digunakan di berbagai belahan dunia. Apalagi untuk membuat saus yang sangat terkenal di Perancis yaitu Mignette. Padahal, di Indonesia, penggunaan bawang merah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah juga sering dijadikan bawang goreng untuk taburan di berbagai masakan. Apalagi menu dengan kuah, seperti soto, gulai, bakso dan lain sebagainya.

Sekilas Cara Membuat Bawang Goreng Kriuk

Setelah dijelaskan tentang bawang merah dengan karakteristik dan kegunaannya, sekarang kita masuk ke cara membuat bawang goreng kriuk. Disini akan saya jelaskan singkat bagaimana cara membuat biar tetap kriuk gitu.

Pada dasarnya bawang goreng berasal dari bawang merah yang diiris tipis kemudian ditumis hingga garing dan renyah. Nah, di bawah ini ada beberapa tips praktis untuk kamu yang ingin membuat bawang goreng sendiri di rumah agar lebih renyah dan tahan lama.

Proses utamanya sebenarnya adalah mengiris dan menggoreng bawang dengan menunggu hingga dingin, menyimpannya dalam wadah kedap udara atau plastik, dan kemudian mendinginkannya untuk masa simpan yang lebih lama.

Cara membuat bawang goreng gurih dalam waktu lama bisa kita lakukan sendiri tanpa resep dari bawang goreng tepung atau tanpa tepung. Bawang goreng yang gurih dan renyah seringkali menjadi salah satu bahan topping yang bisa menghiasi masakan Indonesia sebagai citra kelezatan.

Untuk kebutuhan mesin usaha, simak: Rumah Mesin

Cara Membuat Bawang Merah Goreng Kriuk Tahan Lama

Bahan bahan yang akan digunakan

Sebelum memulai membuat, alangkah baiknya menyiapkan semua bahan yang akan digunakan supaya tidak menghambat saat prosesnya. Berikut ini bahan bahannya:

  • 500 gram bawang merah, kupas kulitnya
  • 6 sdt garam, atau secukupnya
  • tepung maizena secukupnya, bisa disesuaikan tekstur kriuknya
  • air hangat secukupnya
  • secukupnya air dingin

Cara membuat bawang gorengnya

Setelah semua bahan tadi sudah kita siapkan, sekarang masuk ke cara membuatnya…

  1. Kupas bawang merah, cuci bersih, lalu potong tipis-tipis kalau pakai pemotong bawang, Bisa juga memotong dengan menggunakan mesin pemotong bawang  supaya hasil potongannya rapi dan menghemat waktu.
  2. Rendam bawang merah dalam air hangat yang diberi garam selama 10 menit, lalu tiriskan, rendam dalam air dingin/air es, rendam sebentar, lalu tiriskan lagi, taburi tepung maizena dengan bawang merah secukupnya, lalu aduk rata.
  3. Goreng bawang merah dalam minyak panas, api agak kecil, keluarkan bawang bombay saat sudah berwarna kuning keemasan, jangan tunggu sampai kecoklatan, karena proses memasak setelah mengeluarkan bawang masih berlangsung, bawang akan gosong dan menjadi pahit.
  4. Setelah bawang ditiriskan, masukkan ke dalam tisu untuk mengurangi minyak pada bawang goreng, setelah rasa dari minyak cukup kering dan tidak panas lagi, masukkan ke dalam wadah kedap udara untuk menampungnya dan simpan.

Penutup

Sekian artikel dari saya tentang cara membuat bawang goreng kriuk dengan sedikit ulasan tentang bawang merah yang meliputi karakteristik dan kegunaannya. Semoga artikel yang saya sampaikan ini  bermanfaat dan menambah referensi dan wawasan kepada pembaca.

Saya sudahi sampai sini dan sampai jumpa.