Cara Membuat Bistik Ayam Giling

Haloo semuanya bertemu lagi dengan saya, nah pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah informasi tentang cara membuat bistik ayam giling kepada kalian. Tanpa basa basi berikut informasi selengkapnya.

Cara Membuat Bistik Bola Daging Ayam

Bahan :

500 gram daging cincang
5 sdm kecap manis
2 sdm margarin
1 sendok teh bubuk pala
1 buah bawang bombay cincang kasar
1 sendok teh garam
1 sendok teh merica
500 gr tomat (dimasak, haluskan dan saring)
1 sdm saus tomat
1/2 sendok teh gula
6 bawang merah, cincang halus
1 putih telur
5 butir bawang putih cincang halus
250 ml air

BUMBU BISTIK DAGING:

1/2 sendok teh merica
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sendok teh kecap manis
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Bistik Daging Yang Enak Dan Lezat

Cara Membuat Adonan Bola Daging :

Langkah pertama kalian ambil mangkok atau wadah besar yang kemudian di masukan daging giling dan beberapa bumbu halus seperti garam, pala, dan merica. Kemudian gunakan sendok untuk mencampur semua bahan menjadi satu sampai benar-benar tercampur.
Tambahkan kecap manis dan putih telur ketika semuanya telah tercampur rata. Aduk kembali dengan sendok sampai merata.
Jika adonan yang di aduk dengan sendok sudah mulai mengempal, maka aduklah menggunakan tangan.
Jika adonan sudah bisa dibentuk, maka ambilah sedikit adonan dan bentuk seperti bulat bakso. Buat sama seperti itu sampai adonan habis.

Cara Memasak Bistik Ayam :

Setelah adonan menjadi bulat, siapkan wajan dan masukkan margarine, kemudian tunggu hingga margarin meleleh dan panas.
Lalu masukan bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay yang sudah dicincang kemudian tumis sampai keluar aroma harum.Masukkan bakso, tambahkan air, masak hingga bakso berubah warna dan teksturnya kenyal.
Masukan tomat yang telah selesai disaring, kecap manis, gula, saus tomat, merica, garam, dan pala. Lalu aduk semuanya sampai air yang ada menyusut dan bumbu sudah tercampur merata.
Setelah air tersisa sekitar setengahnya, keluarkan dari panci dan sajikan

Manfaat Ayam untuk Kesehatan Anak

Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan oleh anak-anak. Karena protein memiliki fungsi unik yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain yaitu membangun dan memelihara sel dan jaringan tubuh, mengangkut zat gizi dan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Anda bisa mendapatkan manfaat ini pada ayam.

Mendukung metabolisme tubuh

Ayam memiliki manfaat untuk membantu metabolisme tubuh karena memiliki kandungan vitamin dan mineral. VItamin yang sangat berperan yaitu vitamin B6. Vitamin B6 bertanggung jawab untuk meningkatkan enzim dan proses metabolisme yang digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori.

Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam meningkatkan fungsi dan perkembangan saraf otak dengan memproduksi berbagai jenis hormon dan membantu tubuh membuat antibodi untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Membantu dalam membangun otot

Daging ayam dapat membantu perkembangan otot baik bagi anak kecil hingga dewasa secara maksimal. Saat anak-anak tumbuh, otot mereka sedang dalam proses pembentukan, sehingga mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti ayam secara otomatis membangun otot yang lebih kuat.

Sementara itu, manfaat ayam dewasa dibutuhkan bagi mereka yang makan dengan sehat dan membangun otot yang lebih baik.

Kontrol berat badan

Manfaat ayam yang tidak boleh dilewatkan adalah dapat mengontrol berat badan. Anak-anak bisa mendapatkan manfaat ini berkat kandungan protein dalam daging ayam yang memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, anak tidak akan cepat merasa lapar di luar jam makan utama.

Untuk pengendalian berat badan yang lebih baik, Anda bisa memilih dada ayam karena tinggi protein dan sedikit lemak. Namun, perlu diingat bahwa proses memasak juga mempengaruhi kandungan kalori daging ayam yang dikonsumsi anak-anak.

Kontrol tekanan darah

Penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan bahwa makan ayam dengan pengolahan yang tepat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Karena daging ayam mengandung vitamin B3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari ayam, Anda perlu mengolahnya dengan baik dan sehat.

Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi

Karena kandungan kalsium, vitamin D, magnesium, danpotasium membuat daging ayam bisa membantu menjaga kesehatan tulang sebagai pengganti protein. Magnesium digunakan untuk membantu vitamin D mengelolah dan mengontrol kebutuhan fosfat dan kalsium yang digunakan untuk membantu membangun dan memperkuat tulang kita.

Mineral fosfor merupakan sebuah partikel yang ada pada fosfat, partikel ini sangat dibutuhkan oleh gigi, otot, tulang, dan saraf di tubuh. Fosfor juga berperan dalam memperkuat dan memberi nutrisi pada gigi anak yang belum berkembang sempurna atau rentan rapuh.

Okee semuanya sekian dari artikel cara membuat bistik ayam giling, dari resep dan manfaat diatas tidak ada salahnya kalian mencoba membuatnya, Nah untuk mempermudah pengolahannya kalian dapat menggunakan mesin penggiling daging, pastikan mesin yang digunakan bersih dan anti karat yaa.