Cara Membuat Bistik Bola Daging Sapi yang Enak

Bistik umumnya berupa irisan daging sapi. Namun, Anda bisa membuatnya menjadi bola dari daging giling. SBistik Bola lebih mudah dikunyah anak-anak. Selain itu, bentuknya yang menyerupai bakso juga lebih familiar di gambar anak-anak. Cara Membuat Bistik Bola Daging Sapi yang Enak sangat mudah. ​​jangan lupa baca Resep bola daging sapi giling untuk mengetahui resep bola daging sapi giling.

Baca Juga : Cara Membuat Sambal Kacang Sate

Cara Membuat Bistik Bola Daging Sapi

Resesp  Membuat Bistik Bola Daging Sapi yang Enak

BAHAN :

  • 500 gr daging cincang
  • 5 sdm kecap manis
  • 2 sdm margarin
  • bubuk pala 1 sdt
  • 1 bh bawang bombay potong kasar
  • garam 1 sdt
  • 1 sdt lada
  • 500 gr tomat (rebus, haluskan dan disaring)
  • 1 sdm saos tomat
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 6 bh bawang merah, iris halus
  • 1 btr putih telor
  • 5 bh bawang putih iris halus
  • 250 ml air
  • 1/2 sdt lada
  • bubuk pala 1/2 sdt
  • 1/2 sdm kecap manis
  • garam 1/2 sdt

CARA MEMBUAT BISTIK BOLA DAGING YANG EMPUK, ENAK DAN SEDAP

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu pada kesempatan kali ini adalah dengan membuat adonan bola daging sapinya terlebih dahulu sebelum diolah dan dibuat dengan bumbu-bumbu lainnya.
  2. Untuk membuat sajian bola daging ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan wadah mangkuk kaca atau wadah dengan ukuran sedang dan masukkan kedalamnya daging cincang bersama dengan bumbu serbuk seperti garam, pala dan lada. Lalu dengan menggunakan sendok aduk-aduk merata semua bahan hingga tercampur keseluruhan.
  3. Setelah semua teraduk merata, sekarang masukkan kecap manis dan putih telur kedalamnya. Aduk-aduk kembali dengan menggunakan sendok hingga merata.
  4. Setelah adonan diaduk menggunakan sendok, sekarang uleni dengan menggunakan tangan hingga kalis dan adonan bisa dibentuk.
  5. Silahkan ambil sedikit adonan apabila sudah kalis dan bentuk menjadi bentuk bulat-bulat seperti bakso. Lakukan hal yang sama pada semua adonan yang masih tersisa.
  6. Setelah adonan dibentuk bulat, sekarang siapkan wajan dan masukkan margarin kedalamnya, lalu tunggu hingga margarin meleleh dan panas.
  7. Setelah itu masukkan bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang bersama dengan bawang merah, lalu tumis hingga tercium bau harum yang sedap dan nikmat.
  8. Masukkan bulatan daging kedalamnya, tambahkan air dan masak hingga bola daging berubah warnanya dan teksturnya menjadi lebih kenyal.
  9. Tuangkan tomat yang telah disaring, saus tomat, lada, garam, kecap manis, gula pasir dan pala. Lalu aduk-aduk hingga merata sampai semua bumbu tercampur dan masak hingga air menyusut.
    Setelah airnya tingga tersisa kira-kira setengah, silahkan angkat dari tumisan dan sajikan.

Manfaat daging sapi

Daging sapi merupakan bahan masakan yang dapat menjadi sumber protein berkualitas tinggi. Selain tinggi protein, daging sapi juga mengandung berbagai nutrisi lain, termasuk vitamin dan mineral. Kandungan nutrisinya menjadikan daging sapi sebagai salah satu menu diet sehat. Selain untuk membuat menu yang sehat dan lezat, daging sapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

1. Mengatasi anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah berkurang, yang mengurangi kemampuan darah untuk membawa oksigen. Kekurangan zat besi adalah penyebab utama anemia, yang membuat orang merasa lelah dan lemah.

Daging sapi sendiri merupakan sumber zat besi yang cukup besar sehingga efektif dalam meningkatkan produksi hemoglobin darah. Terutama kandungan besi berupa heme. Tubuh menyerap zat besi heme jauh lebih efisien daripada zat besi non-heme, jenis zat besi yang ditemukan dalam makanan nabati.

2. Pertahankan massa otot

Seperti disebutkan sebelumnya, daging sapi adalah sumber protein berkualitas tinggi. Daging sapi mengandung semua asam amino esensial dan dikenal sebagai protein lengkap. Makan daging sapi dapat mengurangi risiko sarkopenia atau hilangnya massa dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa asupan protein yang tidak memadai dapat mempercepat pengecilan otot terkait usia dan meningkatkan risiko kondisi melemahkan yang dikenal sebagai sarcopenia.

Sarkopenia adalah masalah kesehatan yang serius pada orang dewasa yang lebih tua, tetapi dapat dicegah dengan latihan beban dan peningkatan asupan protein. Sumber protein terbaik dalam makanan adalah makanan hewani seperti daging sapi, ikan, dan susu. Dalam gaya hidup sehat, mengonsumsi daging sapi secara teratur dapat membantu menjaga massa otot dan mengurangi risiko sarkopenia.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Daging sapi mengandung carnosine, yang baik untuk tubuh, sekitar 50 persen lebih banyak daripada unggas. Carnosine adalah asam amino yang ditemukan di semua bagian tubuh dan berperan penting dalam kesehatan tubuh kita.

Carnosine juga memiliki sifat anti-glikosilasi yang dapat mengurangi bahaya yang timbul dari proses yang disebut glikasi, yang berpotensi menyebabkan aterosklerosis dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, carnosine juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengurangi peradangan.

Nah, itulah beberapa Cara Membuat Bistik Bola Daging Sapi yang enak dan mudah yang dapat anda coba dan beberapa informasi mengenai Manfaat daging sapi. Selamat berkreasi dan mencoba.Kamu juga bisa mengunjungi Resep daging giling bola.