Cara Membuat Bolu Singkong Panggang Sederhana

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan resep cara membuat bolu singkong panggang. Tapi sebelum masuk ke dalam topik pembahasan, apakah kalian tahu apa itu singkong? Simak berikut ini.

Definisi Singkong

Singkong adalah sejenis buah dari tanaman umbi-umbian yang biasanya tumbuh di dalam tanah. Umumnya, singkong berbentuk lonjong sepanjang lengan anak kecil, dagingnya menggelembung di bagian tengah dan mengerucut di kedua sisinya.Tekstur daging singkong keras.

Warna kulitnya adalah coklat tua atau coklat kehitaman. Singkong tidak memiliki rasa yang khusus saat masih mentah karena daging dari buahnya masih sangat keras jika belum dimasak.Biasanya singkong dijadikan bahan pangan.

Ternyata singkong mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh kita. Pada 100 gram singkong yang direbus, terdapat kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat, sisanya berasal dari protein dan lemak. Pada takaran yang sama, singkong juga mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Cara Membuat Bolu Singkong Panggang

Bahan-Bahan :

  • Singkong parut 800 gr
  • Gula pasi 200 gr
  • Garam 1/2 sdt
  • Tepung tapioka 3 sdm
  • Telur 2 butir
  • Santan encer 400 ml
  • Margarin cair 100 gr
  • Madu 2-3 sdm (bisa diganti SKM)

Cara Membuat Bolu Singkong Panggang :

  1. Siapkan semua bahan yang akan kalian gunakan. Panaskan oven dengan suhu 180°C selama 20 menit.
  2. Didalam wadah masukan singkong parut, gula pasir, garam, dan tepung tapioka aduk sampai adonan tercampur rata.
  3. Lalu masukkan telur kedalam adonan tadi, aduk. Masukkan santan dan margarin aduk sampai adonan tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah kalian oles1 tipis margarin dan juga dialasi kertas roti.
  4. Panggang adonan bolu  selama 75 menit atau sesuaikan dengan oven kalian masing-masing. Jika sudah matang angkat (kalian bisa memberi toping variasi sesuai selera kalian) dan bolu singkong sudah siap disajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Nasi Jagung dengan Rice Cooker

Bagaimana mudah bukan cara membuatnya, kalian bisa mempraktekannya dirumah. Berikut ini manfaat mengkonsumsi singkong.

Manfaat Mengkonsumsi Singkong

1. Sebagai Penambah Energi

Pada setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Oleh sebab itu, singkong menjadi sumber energi yang baik bagi kalian yang akan menjalani aktivitas fisik yang berat.

Aktivitas fisik akan banyak menguras glikogen, bentuk glukosa yang disimpan sebagai cadangan energi. Ketika kalian makan singkong, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa, kemudian diubah lagi menjadi glikogen yang disimpan didalam otot. Jadi, manfaat dari singkong untuk menambah energi tidak bisa disepelekan.

2. Bantu Mencegah Sembelit

Singkong juga mengandung pati resistan dalam jumlah yang cukup tinggi. Pati resistan itu termasuk ke dalam jenis serat yang tidak larut dan kaya akan selulosa.Jenis serat ini sangat bermanfaat untuk membantu kelancaran pencernaan sehingga dapat mencegah kita terkena sembelit.

Keberadaaan serat ini juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik yang akan melindungi usus kalian dari peradangan. Serat ini juga dapat membantu kalian menurunkan berat badan karena dapat membuat kalian kenyang dalam waktu yang lama.

3. Menurunkan Resiko Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah kombinasi dari beberapa gangguan kesehatan yang bisa mengindikasikan adanya risiko yang lebih tinggi terkena diabetes atau penyakit jantung.

Biasanya sindorm ini ditandai dengan gejala-gejala seperti meningkatnya kadar gula dalam darah, kadar kolesterol, dan lingkar pinggang, dan faktor lainnya.

Singkong memiliki kandungan flavonoid dan serat yang bisa melindungi tubuh dari berkembangnya sindrom metabolik dan komplikasi terkait lainnya.Manfaat dari singkong ini dapat menjadi lebih efektif ketika dijadikan pangan utama pengganti nasi atau gandum.

4. Dapat Digunakan Untuk Diet

Sebagai salah satu alternatif makanan pokok, ternyata manfaat singkong memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.Sehingga jika kalian sedang dalam program diet atau menginginkan pola makan yang lebih sehat, singkong dapat dijadikan alternatif dari sumber karbohidrat dan serat patut dipertimbangkan.

Hasil penelitian dari penelitian menunjukkan bahwa serat dan pati yang berasal dari umbi-umbian dapat meningkatkan bakteri pencernaan yang lebih sehat serta bisa mengurangi hasrat konsumsi makanan yang asin, manis, dan yang berlemak tinggi.

Serat pada singkong secara positif dapat berdampak pada microbiome usus yang akan meningkatkan perasaan kenyang dan cukup. Dengan mencegah makan yang berlebih dan mengurangi konsumsi makanan-makanan yang terlalu asin, manis, dan berlemak tinggi, metabolisme dalam tubuh dapat menjadi lebih baik dan berat badan pun juga dapat turun.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat singkong satu ini juga dapat dirasakan dalam menjaga kesehatan indra penglihatan kita, lho.
Mengkonsumsi singkong dengan asupan yang pas dapat membantu tubuh dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

Ini telah dipenuhi dengan adanya kandungan vitamin A didalam singkong. Singkong dapat membantu meningkatkan penglihatan, juga dapat mencegah kebutaan atau gangguan penglihatan.Cocok jika diberikan pada anak dalam mencegah terjadinya rabun mata sejak dini.

Itu tadi manfaat-manfaat mengkonsumsi singkong, jika kita mengkonsumsi dalam jumlah yang pas pasti ada manfaatnya. Kunjungi juga artikel cara membuat bolu chocolatos panggang. Demikian artikel yang saya buat, jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.