Tips & Cara Membuat Desain Baju Menarik dan Mudah

Cara membuat desain baju untuk pemula tentunya dimulai dari tahap dasar. Membangun keterampilan dasar seperti belajar menggambar, belajar desain, belajar tentang fashion, hingga belajar menjahit adalah beberapa keterampilan yang harus Anda kuasai.

Tentunya bagi Anda yang memang ingin terjun ke dunia fashion, hal ini tidak akan menjadi halangan. Kebanyakan orang yang ingin terjun ke dunia desain sudah memiliki beberapa keterampilan dasar tersebut, meski tidak semuanya.

Bagi pemula cara membuat desain baju bisa Anda terapkan untuk membuat karya pertama Anda. Menjadi perancang busana yang sukses tentu merupakan jalan yang panjang. Tapi begitu Anda sudah mulai, Anda akan terus mencoba dan menikmati prosesnya.

Namun dengan munculnya berbagai aplikasi digital saat ini, mendesain baju menjadi sesuatu yang tidak lagi hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu, dan kini hampir semua orang bisa melakukannya.

Munculnya aplikasi desain online seperti Canva, Customink, Snaptee, yayprint, photoshop corel dll, Baik berupa website,aplikasi Android, maupun software semakin memudahkan dalam membuat desain baju. Apalagi jika yang Anda inginkan adalah desain kaos sederhana namun tetap terlihat trendi.

Bagi kamu yang ingin praktek langsung membuat desain baju atau segala desain yang mau kalian pelajari, Yuk gabung sekarang juga di Tempat PKL di Jogja TKJ, RPL, DKV & Multimedia,disini kalian akan mempelajari mendesain semua hal sampai dengan video. Kalian akan didampingi dengan mentor yang handal. Yuk segera daftarkan diri kalian ya!

10 Tips Cara Membuat Desain Baju

cara membuat desain baju

1. Tentukan jenis bahan pakaian

Sebelum membuat desain baju, tentukan terlebih dahulu bahan pakaian apa yang akan digunakan agar nantinya desain yang ditampilkan sesuai dengan yang diinginkan.

Karena saat menggunakan teknik sablon kaos saat mengaplikasikan desain pada pakaian, ada beberapa jenis bahan yang tidak sesuai dengan tinta sablon tertentu.

2. Tentukan warna pakaiannya

Tips kedua adalah menentukan terlebih dahulu warna pakaian yang akan digunakan, yang akan mempengaruhi tingkat penyerapan tinta sablon tertentu.

Baca Juga : Tempat PKL di Jogja TKJ, RPL, DKV & Multimedia.

3. Tentukan area desain

Selanjutnya anda juga harus memahami keterbatasan mesin sablon/sablon pada pakaian. Dimana beberapa jenis alat hanya dapat digunakan untuk mencetak area A3, dan ada juga yang dapat mencetak secara penuh. Sehingga area desain juga penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan.

4. Mulailah dengan desain yang sederhana

Apalagi buat kamu yang baru pertama kali mencoba mendesain baju, coba mulai dengan desain yang sederhana dulu, misalnya hanya berupa tulisan tanpa banyak pola.

Pastikan juga kamu mengikuti tren tipografi terkini agar hasil desain baju tetap terlihat memuaskan meski hanya berupa tulisan.

5. Buat beberapa variasi desain

Tips cara membuat desain baju selanjutnya jangan terpaku pada satu desain saja, dan buatlah beberapa variasi dari desain baju utama yang sedang Anda kerjakan, sehingga Anda juga memiliki pilihan yang beragam.

6. Pelajari kombinasi warna

Tips selanjutnya adalah mempelajari kombinasi warna yang bagus dan sesuai dengan selera Anda, atau selera orang yang akan memakai pakaian Anda.

7. Tentukan tema desain

Tips cara membuat desain kaos selanjutnya adalah menentukan tema desain yang akan diterapkan pada kaos, baik dari segi guratan, pemilihan font, dan juga tematik yang diinginkan.

Misalnya, saat membuat desain bertema vintage, tentukan dari tahun berapa vintage yang diinginkan, apakah itu 30-an, 50-an. 60-an, 70-an, atau 80-an, dan cobalah untuk mencocokkan warna, font, dan pola.

8. Jangan takut untuk berkreasi

Jangan pernah takut untuk berkreasi karena cara ini adalah cara terbaik untuk membuat desain terlihat segar.
Tidak usah takut hasilnya akan tidak memuaskan atau jelek, dan teruslah mencoba sebanyak mungkin desain yang berbeda.

9. Minta orang lain untuk menilai

Mintalah pendapat orang lain atas pekerjaan yang Anda lakukan, dan usahakan sesuai dengan target konsumen atau target pengguna pakaian yang diinginkan. Bukan berarti dengan menanyakan pendapat orang lain Anda tidak bisa mengekspresikan diri, namun menggunakan kritik dan saran yang diberikan sebagai alat untuk mengasah kemampuan Anda di masa depan.

10. Temukan karakter desain Anda

Terakhir, mencoba mencari karakter dari desain yang Anda buat agar menjadi ciri khas dari setiap desain pakaian selanjutnya dan menjadi mudah dikenali oleh orang yang melihatnya.

Demikian tips dan cara membuat desain baju yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya, selamat mecoba dan semoga berhasil. See you ^^

Baca Juga : Kenali Model Baju Seragam NET TV Yang Lagi Ngetrend