Cara Membuat Jamu Empot-Empot dengan Mudah

Cara Membuat Jamu Empot-Empot
Rempah-rempah

Bagi Anda yang ingin menjaga keharmonisan keluarga, pasti sudah tidak asing lagi dengan jamu yang satu ini. Kali ini kita akan membahas khasiat dan cara membuat membuat jamu empot-empot di rumah.

Jamu empot-empot merupakan obat tradisional asal Madura yang telah turun temurun diwariskan dari nenek moyang sebagai jamu kewanitaan.

Obat tradisional asal Madura ini terbuat dari bahan-bahan alami diantaranya adalah berasal dari tanaman herbal, rempah-rempahan, dan bumbu dapur.

Jadi, tak heran jika bahan-bahan tersebut dapat kita temui dengan mudah di pasar-pasar tradisional maupun depot obat tradisional atau jamu.

Bahan-bahan yang digunakan sebagai ramuan jamu khas Madura ini ada yang masih dalam keadaan segar maupun yang sudah dikeringkan.

Berkat gerakan  masyarakat yang menyuarakan untuk kembali ke alam (back to nature), menjadikan produk jamu atau obat-obatan tradisional berkembang pesat termasuk bahan ramuan jamu Madura yang semakin banyak digunakan.

Cara Membuat Jamu Empot-Empot

Ada 2 cara untuk membuat jamu empot-empot:

  1. Cara yang pertama. Siapkan kulit manggis, kulit jambu biji, kulit nangka dan kulit delima yang telah dikeringkan. Kemudian, rebuslah bahan-bahan tersebut. Saring air rebusan kulit manggis, kulit jambu biji, kulit nangka dan kulit delima. Tambahkan madu sesuai selera. Minumah jamu 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Cara yang kedua. Siapkan daun inai atau daun bunga pacar (dalam bahasa Madura), irisan kayu cendana, cabe gunung, dan daun sirih. Kemudian rebuslah bahan-bahan tersebut. Anda bisa menambahkan perasan air kunyit dicampur dengan telur ayam kampung dan madu untuk meningkatkan khasiat jamu.

Sangat mudah bukan? Anda bisa langsung mempraktekannya di rumah. Namun, jika Anda tidak ingin repot-repot, obat tradisional asal Madura ini telah banyak dijual dipasaran dengan kemasan menarik dalam bentuk kapsul, bubuk maupun pil.

Baca Juga: Cara Membuat Jamu Kunyit Asam dan 10 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tips Membeli Obat Tradisional Kemasan

Jamu atau obat tradisional palsu telah banyak beredar di masyarakat seiring dengan meningkatnya konsumen jamu di Indonesia. Untuk itu, kita perlu berhati-hati dalam memilih produk jamu dan obat tradisional yang dijual di pasaran. Berikut ini tips-tips dalam membeli jamu yang perlu menjadi perhatian Anda.

  1. Perhatikan kemasan produk. Pastikan kemasan dalam kondisi yang baik dalam artian tidak rusak/cacat.
  2. Periksa nomor pendaftaran, nama, dan alamat produksi.
  3. Baca dengan cermat informasi produk yang tertera pada label termasuk komposisi bahan, peringatan dan kontra indikasi. Pilih produk jamu atau obat tradisional yang tidak mengandung zat pewarna, hormon sintesis serta alkohol.
  4. Pastikan produk jamu atau obat tradisional sudah terdaftar di Depkes RI dan memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  5. Lihat nomor produksi dan tanggal kadaluwarsa. Pastikan produk yang Anda beli belum melewati tanggal kadaluwarsa.

Khasiat Jamu Empot-Empot

Jamu empot-empot terkenal sebagai obat tradisional khusus bagi para wanita khususnya yang sudah berkeluarga. Tahukah Anda apa saja khasiat dari jamu asal Madura ini? simak informasi berikut ini.

  1. Merapatkan daerah kewanitaan.
  2. Mengencangkan daerah kewanitaan.
  3. Memperkuat otot-otot daerah kewanitaan.
  4. Menghilangkan keputihan serta menghilangkan bau yang kurang sedap.
  5. Menciptakan rasa denyut-denyut pada waktu berhubungan intim pada istri sehingga bisa merasakan kepuasan.
  6. Mengatasi masalah-masalah wanita yang ikut bermacam-macam KB.

Dilihat dari khasiat jamu empon-empon, tak heran jika obat tradisional ini banyak dikonsumsi oleh para ibu untuk merapatkan daerah kewanitaan yang kendur pasca melahirkan.

Demikian tadi khasiat dan cara membuat jamu empon-empon beserta tips-tips dalam membeli obat tradisional kemasan. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di sini.