Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri yang Mudah

Pecinta amplang wajib banget buat baca artikel ini sampai selesai ya! Agar kalian bisa tahu cara membuat kerupuk amplang ikan tenggiri yang mudah.

Sebelum mengarah ke amplang, yuk kita kenalan dulu sama ikan yang digunakan sebagai bahan baku utamanya. Yaps kalian bener banget, ikan tenggiri.

Ikan Tenggiri

Tenggiri merupakan nama yang umumnya diberikan kepada sekelompok ikan yang masuk ke dalam golongan marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan tenggiri ini adalah kerabat dekat tuna, ikan madidihang, ikan tongkol, ikan makerel, dan ikan kembung. Seperti yang sudah diketahui jika ikan tenggiri banyak diminati oleh orang, terutama orang Indonesia yang biasanya diperdagangkan dalam berbagai bentuk, seperti ikan segar, ikan kering, atau bahkan ada juga yang akhirnya diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Morfologi Ikan Tenggiri

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, ikan tenggiri mempunyai morfologi tubuh yang dapat dikatakan unik. Di bagian samping tubuh ikan tenggiri terdapat garis lateral yang memanjang dimulai dari ujung insang hingga pada akhir sirip dorsal kedua. Selain itu, pada bagian punggungnya terdapat warna khas biru kehijauan.

Garis pada bagian samping yang dimiliki oleh tubuh ikan tenggiri menjadi sebuah keunikan yang tidak dimiliki oleh ikan sejenisnya. Pada umumnya, ikan tenggiri memiliki bentuk tubuh yang memanjang, pipih, dan tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya.

Bentuk moncong ikan tenggiri sedikit runcing dengan ukuran mulut yang lebar dan mempunyai gigi tajam serta kuat yang ada pada bagian rahang atas ataupun bawah. Ikan tenggiri mempunyai ukuran moncong yang lebih pendek jika dibandingkan dengan sisi kepala bagian belakang.

Ikan tenggiri memiliki  dua buah sirip punggung yang mana posisinya berdekatan dengan bagian depan yang juga disokong oleh jari-jari keras dengan jumlah kurang lebih 16 buah. Selain itu, di bagian belakang tubuh ikan tenggiri disokong oleh 4 jari-jari keras serta 14 jari-jari lunak.

Bagian sirip dubur ikan tenggiri ukurannya sama besar dengan sirip yang ada di punggung bagian belakangnya. Sementara itu, pada bagian belakang tubuh ikan tenggiri terdapat sirip tambahan yang jumlahnya adalah sepuluh buah. Sirip pada ekor ikan tenggiri memiliki dua cagak dan juga berlekuk dengan kedua ujung sirip berukuran panjang.

Habitat Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri termasuk ke dalam jenis ikan yang menyukai kawasan atau lokasi laut dangkal. Bagian perairan yang digunakan sebagai tempat bertumbuhnya karang merupakan habitat yang paling digemari dan paling cocok untuk ikan tenggiri. Selain itu, perairan atau air yang memiliki salinitas rendah serta memiliki kekeruhan yang tinggi juga sangat disenangi oleh ikan tenggiri ini.

Ikan tenggiri dapat menetap pada suatu habitat meskipun pada kenyataannya terkadang mereka bermigrasi ke tempat yang dapat dibilang cukup jauh. Pola migrasi dari ikan tenggiri pun dapat dikatakan khas karena tergantung dengan temperatur air laut serta musim bertelurnya.

Sebaran Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri merupakan salah satu dari sekian banyak jenis ikan yang digemari di seluruh belahan dunia. Spesies ikan tenggiri ini menyebar hampir di seluruh wilayah Pasifik Barat, yang dimulai dari Afrika Utara, Laut Merah, perairan Indonesia, Fiji, Australia, bahkan hingga pada perairan China dan juga Jepang.

Potensi penyebaran ikan tenggiri di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia hampir rata di seluruh perairan Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Maluku, sampai dengan Irian. Iklim tropis merupakan iklim yang cocok untuk ikan tenggiri.

Kondisi yang dimiliki oleh perairan laut Indonesia merupakan surga bagi ikan tenggiri. Faktanya, perairan Indonesia mempunyai kedalaman yang mulai dari 10 hingga 70 meter yang sangat cocok bagi kehidupan ikan tenggiri.

Manfaat Ikan Tenggiri

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol tinggi merupakan ancaman atau risiko yang sangat membahayakan bagi kesehatan dan biasanya diderita oleh orang-orang yang terlalu banyak mengonsumsi daging atau jeroan serta tidak diimbangi dengan olahraga dan pola hidup sehat.

Supaya kita dapat terhindar dari terjangkitnya kolesterol jahat, maka seharusnya kita beralih untuk mengonsumsi ikan-ikanan seperti misalnya ikan tenggiri. Hal itu disebabkan karena ikan yang berasal dari perairan asin dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Gizi yang ada atau terkandung di dalam ikan dipercaya sangat baik bagi kesehatan ibu hamil serta perkembangan janinnya. Di samping itu, melakukan konsumsi ikan tenggiri secara rutin juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan omega 3 yang dimilikinya.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Sebagain besar dari kita mungkin tahu bahwa sumber vitamin A berasal dari sayur dan buah-buahan. Namun faktanya, ikan tenggiri juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat bagi untuk menjaga kesehatan mata.

4. Kaya Vitamin

Selain vitamin A yang dikandungnya, ikan tenggiri juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin B1, serta protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Sudah cukup jelas bukan penjelasan terkait ikan tenggirinya? Sekarang tanpa berlama-lama lagi karena sudah lama, kita langsung bahas resep cara membuat kerupuk amplang ikan tenggiri.

Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri

Berikut ini akan saya paparkan beberapa resep amplang ikan tenggiri yang bisa coba kalian praktikkan di rumah masing-masing bersama keluarga. Kalian bisa sesuaikan dengan keinginan kalian ya.

Langkah awal yang harus kita lakukan sebelum membuat kerupuk amplang ikan tenggiri adalah menyiapkan bahan-bahannya. Jadi, pada setiap resep nanti, langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya.

RESEP 1

Bahan-Bahan :

  • 2 butir telur
  • 30 gram gula halus
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/2 kaldu jamur bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 200 gram ikan tenggiri, dihaluskan
  • 1/4 sdt amoniak, larutkan dgn 80 ml air
  • 400 gram tepung kanji
  • 1/2 sdt kaldu daging bubuk
  • 1/4 sdt baking powder double acting

Langkah-Langkah Pembuatan Amplang :

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Kocok 2 butir telur, gula halus, garam, kaldu jamur, dan merica hingga berbuih.
  3. Masukkan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, aduk rata.
  4. Tambahkan larutan amoniak, uleni hingga benar-benar merata.
  5. Masukkan tepung kanji, kaldu daging dan baking powder.
  6. Aduk rata, uleni jangan terlalu keras dan kelamaan. Pulung adonan. Usahakan hasil pulungan sama besarnya.
  7. Rendam dalam minyak dingin.
  8. Nyalakan kompor, pertama gunakan api besar.
  9. Setelah kerupuk amplang terapung, kecilkan api. Goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.

RESEP 2

Bahan-Bahan :

  • 2 butir telur
  • 30 gram gula halus
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/2 kaldu jamur bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 200 gram ikan tenggiri, dihaluskan
  • 1/4 sdt amoniak, larutkan dengan 80 ml air
  • 400 gram tepung tapioka
  • 1/2 sdt kaldu daging bubuk
  • 1/4 sdt baking powder double acting

Langkah-Langkah Pembuatan Kerupuk Amplang :

  1. Siapkan bahan.
  2. Kocok telur, gula, garam, kaldu jamur dan merica hingga berbuih.
  3. Masukkan daging ikan tenggiri, aduk rata.
  4. Tambahkan larutan amoniak, uleni hingga rata..
  5. Masukkan tepung kanji, kaldu daging dan baking powder. Aduk rata, uleni jangan terlalu keras dan kelamaan. Pulung adonan. Usahakan hasil pulungan sama besarnya..
  6. Rendam dalam minyak dingin.
  7. Nyalakan kompor, pertama gunakan api besar.
  8. Setelah kerupuk amplang terapung, kecilkan api.
  9. Goreng hingga matang.
  10. Angkat dan tiriskan.
  11. Sajikan sebagai cemilan.

Ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan dalam pembuatan kerupuk amplang agar mendapatkan hasil yang bagus dan renyah:

  1. Selalu rendam adonan amplang di dalam minyak dingin sebelum masuk proses dipenggorengan.
  2. Goreng dalam ukuran minyak yang banyak (sampai amplang terendam).
  3. Jangan biarkan adonan kerupuk amplang terlalu lama terkena udara karena hasil akhirnya akan menjadi keras.
  4. Jangan uleni adonan dengan tenaga yang terlalu keras karena bisa menyebabkan kerupuk nantinya bantat.
  5. Selalu aduk kerupuk amplang dari awal penggorengan hingga akhir penggorengan.
  6. Saat sudah mendekati matang, ambil satu buah amplang kemudian coba patahkan. Jika dipatahkan mudah dan tidak lengket atau liat berarti kerupuk amplang sudah matang sempurna.

Demikian tadi merupakan resep cara membuat kerupuk amplang ikan tenggiri. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.