Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat Simple

Cara membuat kerupuk seblak kering  bantat. Hai guys,assalamu’alaikum Welcome back again in my Artikel. . Di pembahasan kali ini aku mau bongkar rahasia cara bikin kerupuk seblak/seblak kering dengan cara. Lezatnya seblak kerupuk kering jebred adalah cemilan nikmat yang akan bisa anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana.

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Bantat Simple

 

BAHAN-BAHAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK PEMBUATAN KERUPUK SEBLAK KERING  BANTAT

  1. Ambil 1/4 kg Kerupuk bawang, Kerupuk gado-gado, atau Kerupuk bunga warna-warni (terserah Kerupuk apa aja yg Penting ukurannya kecil.).
  2. Ambil 5 butir bawang putih iris tipis sekali, goreng sampai kering, tapi tidak gosong (goreng dengan api sangat kecil).
  3. Gunakan 5 cm kencur iris tipis goreng kering.
  4. Siapkan 10 lembar daun jeruk buang tulang tengahnya, lalu iris tipis dan goreng.
  5. Gunakan Secukupnya Royco.
  6. Gunakan 1 bungkus boncabe level 30.
  7. Siapkan secukupnya Minyak goreng.

Dan Baca juga artikel saya selanjutnya :

Cara Membuat Seblak Kerupuk Yang Mudah Dan Enak

 

CARA MEMBUAT KERUPUK SEBLAK KERING

  1. Rendam Kerupuk dengan minyak goreng selama 4 jam Usahakan sampai terendam seluruhnya.
  2. Sambil menunggu, haluskan bawang putih goreng, daun jeruk goreng dan kencur goreng dengan cara diuleg. Setelah halus, lalu sisihkan.
  3. Setelah 4 jam, masukkan rendaman Kerupuk beserta minyaknya tadi ke wajan, menyalakan kompor dengan api sedang, lalu aduk sampai Kerupuk mulai mengapung. Aduk terus sampai merata, pastikan Kerupuk sudah setengah mengembang seluruhnya.Lalu angkat, tiriskan.
  4. Taburi dengan ulegan bumbu tadi, ditambah taburan boncabe dan sedikit Royco. Lalu aduk rata.
  5. Kerupuk Seblak kering siap dihidangkan.

Sejarah Seblak

Seblak (bahasa Sunda  translit. Seblak) adalah masakan khas Sunda yang dikenal berasal dari wilayah Bandung dengan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari, atau olahan daging sapi, dan dimasak dengan kencur.Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat, terutama di wilayah pulau Jawa bagian barat. Seiring berkembangnya tren jajanan tradisional dan kaki lima, seblak tidak hanya disajikan dengan toping biasa di gerobak. Seblak berkembang menjadi makanan yang modern dan berhasil menarik perhatian. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan penjualan.

Manfaat Seblak

Seblak merupakan makanan khas Bandung yang populer di berbagai daerah. Seringkali makanan ini dianggap tidak baik bagi kesehatan karena rasanya yang sangat pedas. Ciri khas seblak memang berupa cita rasanya yang pedas, tetapi terdapat juga berbagai manfaat seblak Bandung untuk kesehatan.

Khasiat seblak tidak hanya didapatkan dari bumbu cabai sebagai sumber vitamin C. Seblak juga mengandung asupan nutrisi lainnya yang bisa menyehatkan kondisi tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi seblak Bandung ternyata berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Mengapa demikian? Kandungan cabai sebagai bumbu utama seblak memiliki senyawa yang membuat jantung lebih sehat.

Pada dasarnya cabai memang memiliki berbagai khasiat. Tidak hanya memberikan vitamin C, tetapi cabai dapat mencegah risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Manfaat seblak Bandung selain menjaga kesehatan jantung adalah mencegah risiko kanker. Manfaat ini berasal dari cabai pada seblak.Zat kapsiasin pada cabai mampu mematikan sel-sel kanker yang membahayakan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencicipi seblak kuah sesekali.

3. Manfaat Seblak Bandung sebagai Sumber Energi

Komponen seblak yang terdiri dari bakso, daging, dan sumber protein lainnya sangat bermanfaat untuk mengisi energi tubuh. Protein merupakan sumber energi yang tidak kalah pentingnya dibandingkan karbohidrat dan lemak.Asupan protein juga sangat penting untuk masa pertumbuhan. Selama mengonsumsi seblak secara tidak berlebihan, maka makanan tersebut memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

4. Manfaat Seblak Bandung sebagai Sumber Vitamin C

Manfaat seblak Bandung yang berikutnya berasal dari bumbu cabai, yaitu sumber vitamin C. Cabai merupakan buah yang kaya akan vitamin C.  Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu menahan oksidasi sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal tersebut membuat daya tahan tubuh kita lebih terjaga. Vitamin C dari seblak juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang tidak menyadari kalau mengonsumsi seblak Bandung ternyata bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kebanyakan orang akan berkeringat saat makan seblak karena sensasi pedasnya. Hal tersebut membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga membakar kalori makanan di tubuh dan berpengaruh pada penurunan berat badan. Namun, bukan berarti Sweet Couple harus sering mengonsumsi seblak karena makanan yang pedas tersebut dapat merusak lambung jika dimakan terus-menerus.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kerupuk Seblak kering  (bantat, pedasnya mantul) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!