Cara Membuat Kerupuk Tempe Mentah

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan resep cara membuat kerupuk tempe mentah. Tapi, sebelum masuk ke dalam topik pembahasannya apakah kalian tahu apa itu tempe? Simak sedikit penjelasannya dibawah ini.

Definisi Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Indonesia.Di indonesia, tempe ini sudah lama dikenal selama berabad-abad silam. Makanan ini sudah diproduksi dan dikonsumsi secara turun temurun, khususnya pada daerah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Tempe ini adalah makanan yang berbahan dasar biji kedelai atau beberapa bahan tambahan lainnya yang diproses dengan fermentasi dari apa yang secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”. Lewat proses fermentasi ini, biji kedelai tadi mengalami proses penguraian menjadi senyawa yang sederhana sehingga mudah dicerna oleh tubuh kita.

Nama dari “tempe” itu diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada masyarakat Jawa Kuno terdapat makanan
yang berwarna putih berbahan dasar dari tepung sagu yang disebut tumpi. Makanan bernama tumpi itu terlihat
memiliki kesamaan dengan tempe yang juga memiliki warna putih.

Setelah kalian tahu definisi dari tempe, berikut ini cara membuat kerupuk tempe mentah.

Cara Membuat Kerupuk Tempe Mentah

Bahan-Bahan :

  • Tempe 3 kotak
  • Tepung terigu 100gr
  • Tepung beras 150gr
  • 100gr tepung tapioka
  • Air secukupnya

Bumbu Halus :

  • Bawang putih 8 siung
  • Ketumbar 2 sdm
  • Garam dan kaldu ayam secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Tempe Mentah :

  1. Campurkan semua bahan yaitu tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka dengan bumbu halus tadi. Tambahkan air sesuai selera kalian, jangan terlalu encer ataupun kental.
  2. Lalu masukan satu per satu tempe yang sudah diirisi tadi ke adonan basah.
  3. Siapkan wajan, lalu tuangkan minyak dan panaskan. Goreng ke dalam minyak yang sudah panas hingga tenggelam. Gunakanlah api sedang agar tidak cepat gosong.
  4. Goreng hingga kering dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  5. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan. Diamkan hingga dingin, lalu masukkan ke dalam toples dan tutup rapat.

Baca Juga : Cara Memasak Sayur Lodeh yang Enak

Setelah kalian tahu bagaimana cara membuat kerupuk tempe, berikut ini manfaat jika kita mengkonsumsi tempe.

Manfaat Mengkonsumsi Tempe

1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tempe mempunyai sumber kalsium yang baik untuk kita, mineral yang bermanfaat untuk menjaga tulang tetap kuat dan padat. Sementara, jika kita memiliki asupan kalsium yang cukup dapat mencegah perkembangan osteoporosis, suatu kondisi yang berhubungan dengan pengeroposan pada tulang ditubuh.

Meskipun susu adalah sumber kalsium yang paling umum dikonsumsi, menurut penelitian menunjukkan bahwa kalsium yang terkandung didalam tempe sama baiknya dengan kalsium yang ada pada susu, sehingga kita dapat menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan asupan kalsium.

2. Dapat Mengurangi Stres Oksidatif

Studi mengatakan bahwa isoflavon yang terkandung didalam kedelai juga memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif. Antioksidan ini bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, atom yang sangat tidak stabil yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis.

Akumulasi radikal bebas yang berbahaya sudah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Sejumlah penelitian juga telah menunjukkan bahwa isoflavon pada kedelai dapat mengurangi penanda stres oksidatif dengan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

Tempe mungkin dapat sangat bermanfaat dibandingkan dengan produk kedelai lainnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Pharmaceutical Biology pada 2015 membandingkan isoflavon yang terkandung dalam kedelai dengan isoflavon dalam tempe dan menemukan bahwa tempe memiliki aktivitas antioksidan yang lebih besar.

3. Dapat Mengurangi Tingkat Kolesterol

Tempe secara tradisional dibuat dari bahan dasar kedelai, yang ternyata mengandung senyawa tumbuhan alami yang biasanya disebut dengan isoflavon. Sementara, isoflavon pada kedelai sudah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol. Sebuah ulasan mengulik 11 studi dan menemukan bahwa isoflavon yang terkandung dalam kedelai dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) secara signifikan.

Tapi, studi lain melihat efek protein pada kedelai dikadar kolesterol dan trigliserida. Di mana, 42 partisipan diminta untuk memakan makanan yang memiliki kandungan protein kedelai atau protein hewani selama 6 minggu.

Dibandingkan dengan protein hewani, protein pada kedelai ternyata dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebesar 5,7 persen dan kolesterol total sebesar 4,4 persen.

Itu juga menurunkan trigliserida sebesar 13,3 persen. Meskipun pada sebagian besar penelitian yang tersedia berfokus pada efek isoflavon kedelai dan protein kedelai pada kolesterol darah, ada juga yang meneliti secara khusus berfokus pada tempe.

Sebuah penelitian terhadap hewan pada tahun 2013 meneliti efek tempe kedelai pada tikus dengan kerusakan hati. Penelitian tersebut menemukan bahwa tempe ternyata memiliki efek perlindungan pada hati dan mampu membalikkan kerusakan sel-sel hati. Selain itu, tempe dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol dan trigliserida.

 

Demikian artikel yang saya buat kali ini, Jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi artikel saya yang bernama cara bikin keripik tempe tapioka.