Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Mudah Di Buat

Kopi cappucino memang rasanya yang di kenal enak, biasanya di temukan pada caffe, tetapi pada kali ini kita akan membahas cara membuat kopi cappucino yang mudah di buat untuk kamu yang kangen nongkrong di caffe tapi takut keluar karena sedang pandemi seperti ini.

 

Sejarah Kopi Cppucino

Apakah anda tau cappucino? Ya setiap orang pasti pernah merasakan kenikmatan dari kopi yang satu ini, walaupun hanya sekali seumur hidup. Cappucino menjadi salah satu kopi yang paling populer didunia.

Di italia sendiri kopi cappucino dikenal dengan nama “the little cup” yang diartikan sebagai cangkir kopi nikmat yangatasnya dipenuhi dengan busa susu (foam) dan bagian dasar dipenuhi espresso yang dicampur susu,Sebutan “little cap” sendiri dikenal sebagai karya sebuah kelompok religius yang ikonik. Mereka adalah para biarawan yang berasal dari Capuchin atau biasa dikenal dengan Biarawan Capuchin.

Mereka memakai jubah dan kerudung berwarna cokelat serta kepala botak yang tercukur. inilah yang menjadi inspirasi dari minuman cappucino. Kepala botak para biarawan dan Capuchin untuk “cappucino” dinilai mirip dengan foam susu yang ada dipermukaan kopi cappucino.

Ada kisah mengapa Biarawan Capuchin memakai jubah dan kerudung berwarna cokelat (warna serupa cappucino) berawal dari sebuah cabang agama Katolik yang bernama Katolik Fransiskan. Mereka diserang oleh kelompok mereka sendiri pada 1520.

Lalu mereka meningkatkan dan dilindungi oleh para biarawan dari Benedictine Camaldolese. Para Biarawan Capuchin berlindung dari pencarian sekelompok gereja resmi yang sedang berkuasa di masa itu.

Pada masa yang ini biarawan Benedictine Camadolese-lah yang membantu mereka sehingga mereka bisa sulit dari pengejaran tersebut.

Untuk menghormati serta berterima kasih terhadap apa yang telah dilakukan oleh biarawan Benedictine Camaldolese, para Biarawan Capuchin akhirnya memakai jubah dan kerudung berwarna cokelat (cappucino) yang juga merupakan jubah dan kerudung yang dikenakan biarawan yang sudah menyelamatkan nyawa mereka.

 

Kandungan Pada Kopi Cappucino

1 Cangkir Kopi (180ml) Cappucino

  • Informasi Gizi
  • Energi : 233kj
  • Lemak: 2,99g
  • lemak jenuh : 1,704g
  • Kolesterol : 9mg
  • lemak jenuh ganda : 0,18g
  • Protein: 3,06g
  • Karbohidrat : 4,36g
  • Serat : 0,2g
  • lemak jenug tunggal : 0,756g
  • Gula: 4,81g
  • Natrium: 38mg
  • Kalium : 172mg

 

Cara Membuat Kopi Cappucino

Bahan-bahan  membuat kopi cappucino :

  • 8 ons bubuk kopi segar (yang sudah di olah dengan mesin kopi)
  • 1/2 cangkir susu
  • 1 sdt bubuk coklat
  • 1 sdm air panas
  • gula secukupnya
  • krim kocok secukupnya

Cara membuat kopi cappucino :

  1. Masukkan bubuk kopi dan bubuk coklat ke dalam mangkuk. Aduk agar kedua bubuk ini tercampur rata. Tambahkan udara panas ke dalamnya. Aduk kembali.
  2. sirup kopi coklat ini ke dalam cangkir. Tambahkan sirup coklat ke dalamnya. Perhatikan, komposisi sirup kopi coklat dan sirup coklat harus seimbang sehingga tercipta rasa dan aroma yang pas.
  3. Hangatkan susu dengan api kecil sambil terus diaduk agar tidak pecah. Setelah terlihat mendidih, segera angkat susu dan lihat ke dalam cangkir secukupnya.
  4. Opsional, Anda bisa menambahkan gula ke dalam cangkir jika menginginkan minuman kopi Mochaccino yang manis. Untuk permanis tampilan kopi Mochaccino bisa dilakukan dengan menambahkan whipped cream di atasnya.

 

Jenis – Jenis Kopi Cappucino

ternyata kopi cappucino juga memiliki jenis-jenisnya. apakah itu? temukan juga jawabannya disini juga yha? di bawah ini adalah jenis – jenis kopi cappucino yang harus diketahui.

Cappucino tradisional

Pada umumnya cappucino dari 1/3 espresso, 1/3 susu, dan juga 1/3 busa susu. Namun cara ini kurang disukai beberapa orang karena kadang cappucino itu bisa pahit. Rasanya tentu aja lebih enak karena susu berbusa jadi bias nyebar keseluruh bagian atau bisa disebut rata semua.

 

Baca Juga : Model dan Spesifikasi Mesin Kopi

Cappucino Chiaro

Kopi ini bisa disebut sebagai cappucino basah atau cappucino putih. Kopi cappucino chiaro dan cappucino tradisional adalah cappucino basah ini mengandung lebih banyak susu panas dan lebih sedikit busa diatasnya.

Cappucino Scuro

Cappucino kering ini memiliki kandungan susu karena hanya mengandung sedikit susu, tetapi foam nya yang banyak. Pada dasarnya cappucino kering ini adalah orang-orang yang suka rasa pahit nya kopi. Tetapi mungkin masih merasa belum begitu menyukai espresso.

Cappucino Freddo

Ini adalah minuman berversi dingin cappucino dan berisi buih susu dingin dibagian atasnya. Cappucino freddo banyak sekali tersedia diberbagai daerah italia, dan biasanya tidak disajikan dengan es batu. . Minuman ini terkenal banget di Yunani. Diaerah mediterania juga memiliki sedikit variasi yang agak berbeda untuk cappucino freddo, busa mana yang ditambahkan ke minumannya sewaktu-waktu sebelum disajikan.