Cara Membuat Kopi Hijau Untuk Diet Yang Mudah Di Buat

Kopi memang di ketahui mempunyai banyak manfaat, tetapi apakah kalian tahu bahwa kopi tidak hanya kopi hitam, melainkan ada kopi hijau? Yuk bagi anda yang belum mengenal apa iu kopi hijau artikel ini sangat cocok loh. Bahkan kita juga akan membahas cara membuat kopi hijau untuk diet untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan anda ya…..

 

Mengenal Kopi Hijau Untuk Diet dan Perbedaannya Dengan Kopi Hitam

Kopi hijau atau green coffee saat ini tengah meraih popularitas di kalangan pencinta kopi dunia. Hal utama yang membedakan kopi ini dengan jenis kopi biasa adalah proses pengolahan dari biji kopi yang mempengaruhi kandungan serta aroma dari kopi hijau.

Tapi, apa sebenarnya kopi hijau itu sendiri? Sayangnya masih banyak dari masyarakat Indonesia yang nggak terlalu tau tentang asal-usul kopi ini. Kalau kamu salah satu yang masih kebingungan, jangan khawatir. Di bawah ini terdapat ulasan lengkap seputar kopi hijau!

Setiap Cangkir Kopi Hijau Berasal dari Pohon Kopi Biasa

Kamu pasti udah pernah mendengar istilah biji arabika dan robusta, atau bahkan paham betul tentang perbedaan yang dimiliki oleh keduanya. Nah, kopi hijau sendiri bukanlah jenis biji kopi yang berbeda kayak dua jenis biji kopi tersebut. Bahkan, kopi ini ternyata bisa berasal dari tanaman kopi arabika, robusta, atau jenis lainnya.

Perbedaan yang dimiliki kopi hijau ada pada rangkaian proses pengolahannya. Seperti biji kopi biasanya, kopi hijau berasal dari pemetikan buah, pemisahan buah dan biji kopi, serta berbagai proses lainnya buat memastikan kualitas biji kopi tetap terjaga.

Namun, sehabis melewati rangkaian proses tadi, biji kopi tidak akan melewati proses pemanggangan (roasting) lebih dulu, tapi langsung dikeringkan dan siap dijual.

Pengaruh Adanya Proses Pemanggangan atau Nggak

Umumnya, biji kopi biasa dipanggang buat mengembangkan cita rasa. Pada proses pemanggangan (roasting), terdapat ratusan senyawa yang akan diproses hingga menimbulkan aroma kopi dan rasa kayak yang kita kenal selama ini.

Singkatnya, apabila terdapat perbedaan pada cara dan durasi atau suhu proses roasting, maka rasa yang ditimbulkan pun akan jadi berbeda juga.

Nah, kopi hijau sama sekali nggak melewati proses tersebut. Hal ini mengartikan kalau kopi jenis ini sengaja dibiarkan dengan cita rasa dan aroma biji kopi yang natural atau nggak dikembangkan. Wajar aja kalau banyak yang bilang rasa kopi ini lebih ringan dibandingkan kopi biasa!

Baca Juga : Model Dan Spesifikasi Mesin Cup Sealer

Kenapa Kopi Hijau Nggak Dipanggang?

Sampai sini, kamu mungkin bertanya-tanya alasan kopi hijau nggak dipanggang kayak kopi biasanya. Jawabannya sebenarnya ada bermacam-macam tergantung para penikmatnya. Ada yang suka karena aroma dan rasa alaminya, dan ada juga yang percaya kopi ini membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Dengan melalui proses pemanggangan, ternyata sebagian kandungan alami yang dimiliki biji kopi akan hilang. Salah satu kandungan penting di antaranya adalah asam klorogenat atau chlorogenic acids.

Kopi hijau aman buat dikonsumsi secara moderat atau tidak berlebihan, sama kayak hal-hal baik lainnya di kehidupan!

Nah, itulah tadi penjelasan seputar kopi hijau yang perlu kamu tau. Pada dasarnya, perbedaan kopi ini dengan kopi biasa ada pada proses pengolahannya. Kopi jenis ini sengaja dibiarkan nggak melewati proses roasting buat mempertahankan berbagai kandungan, termasuk asam klorogenat.

Selain itu, kayak yang udah dijelaskan sebelumnya, proses yang berbeda tadi juga membawa cita rasa khas pada kopi hijau.

 

Manfaat Kopi Hijau

Kopi hijau atau green coffee merupakan bahan minuman yang cukup sehat untuk dinikmati. Sebab, kopi ini cenderung memiliki komposisi yang berbeda dengan kopi jenis lain. Beberapa kandungan yang tidak dimiliki pada kopi lain ini diklaim terdapat pada kopi hijau. Beberapa kandungan pada kopi hijau yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh antara lain yaitu:

  • Kandungan polifenol
    Polifenol merupakan senyawa yang terdapat pada kopi hijau dan terdiri dari zat katekin, zat galokatein, dan zat epikatekingalat yang terbukti secara ampuh dapat berkhasiat untuk mengatasi penyakit kanker, jantung, dan lain sebagainya.
  • Kandungan epigallocatechin gallate
    Epigallocatechin gallate merupakan senyawa yang terkandung pada kopi hijau dan berfungsi untuk melindungi jaringan tubuh guna melawan radikal bebas hingga membantu pembakaran lemak berlebih secara lebih cepat yang ada di dalam tubuh.
  • Vitamin
    Selain kedua senyawa yang berguna bagi tubuh, berbagai kandungan vitamin juga terdapat pada jenis kopi yang satu ini. Beberapa vitamin yang terdapat pada kopi hijau adalah vitamin B, vitamin C, dan vitamin E yang berfungsi untuk melindungi kesehatan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menjaga kesehatan saraf.

 

Cara Membuat Kopi Hijau Untuk Diet Yang Mudah Di Buat

Kopi hijau juga dapat dimanfaatkan bagi Anda yang sedang berada dalam program diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan juga sehat. Berikut cara membuat kopi hijau untuk diet.

Cara Membuat Kopi Hijau Untuk Diet :

  • Rebus kopi hijau bubuk dan air dengan perbandingan 1:3
  • ¬†Kemudian tuangkan perbandingan tersebut ke dalam panci yang telah dibersihkan terlebih dahulu
  • Lalu masak kopi dengan terus diaduk hingga merata dengan sempurna
  • Setelah mendidih, kecilkan api dan tunggu hingga 12 menit
  • Kemudian matikan kompor sembari tetap diaduk
  • Kemudian saring kopi dan tambahkan madu sebagai pelengkap minuman diet yang menyehatkan dan
    Siap dinikmati

Baca Juga : Mesin Cup Sealer

 

Efek Samping Kopi Hijau

Meskipun cenderung lebih sehat daripada jenis kopi yang lain, kopi hijau juga masih terdapat kandungan kafein yang kurang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa efek samping yang dapat terjadi bila mengonsumsi kopi hijau secara berlebihan yakni meningkatnya risiko insomnia, hipertensi, sakit kepala, rasa cemas, hingga penyakit jantung.