Cara Membuat Kopi Tubruk Susu Dengan Rasa Yang Lezat

Kopi memang banyak di gemari berbagi alangan, tak hanya usia remaja bahkan orang tua pun banyak yang mengonsumsinya, pada kali ini kita akan membahas cara membuat kopi tubruk susu dengan mudah untuk kamu yang suka meminum kopi.

 

Manfaat Kopi Tubruk Susu

  1. meningkatkan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.

  1. mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

  1. Kopi menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja besar untuk menekan resiko kanker mulut.

Baca Juga : Macam-Macam Grinder Kopi dan Spesifikasi Grinder Kopi

  1. Mengurangi resiko diabetes

Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

  1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

  1. Meghan parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang menyebabkan degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

  1. peningkatan suasana hati

Banyak orang yang secara tidak sadar bersemangat dan ceria saat meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan

 

Cara Membuat Kopi Tubruk Susu

Bahan – bahan membuat kopi tubruk susu :

  • 2 sdt bubuk kopi robusta dark roasted / biji kopi (yang sudah di olah menggunakan mesin grinder kopi)
  • 2 sdm susu kental manis160 ml air panas

Peralatan yang di butuhkan membuat kopi tubruk susu :

  • Cangkir ukuran 200 ml
  • Sendok teh
  • Gelas ukur (opsional)
  • Sendok makan (opsional)

Cara pembuatan :

  1. Tambahkan 2 sdt bubuk kopi ke dalam cangkir.
  2. Lalu siapkan air panas dengan suhu 90-95 derajat celcius . Kemudian tuang sedikit air panas (sekitar 30 ml) ke dalam cangkir hingga bubuk kopi terendam, lalu diamkan sekitar 30-45 detik
  3. Setelah itu tuang sisa air panas ke dalam cangkir, lalu aduk rata, setelah diamkan selama sekitar 2 menit.
  4. Kemudian tambahkan 2 sdm susu kental manis (atau 6 sdt jika tidak ada sendok makan, 1 sdm = 3 sdt), lalu aduk rata, setelah itu diamkan lagi 2-3 menit.

 

Manfaat Susu 

Setelah anda mengetahui cara membuat kopi tubruk susu, sebaiknya anda membaca manfaat susu di bawah ini ya…

Kesehatan tulang dan gigi

Menjaga serta meningkatkan kesehatan tulang dan gigi merupakan salah satu manfaat susu yang jadi alasan baik secara rutin mengonsumsinya setiap hari. kandungan kalsium yang terkandung sebagai manfaat susu ini merupakan sumber zat yang bekerja untuk perkembangan tulang dan gigi yang sehat.

Untuk anak, manfaat susu secara rutin adalah membantu mengoptimalisasi perkembangan dan kepadatan tulang di masa pertumbuhannya. Selain itu susu juga berperan untuk mencegah kerusakan gigi, seperti gigi berlubang.

Sedangkan untuk Anda yang sudah dewasa, manfaat susu yang bisa Anda dapatkan adalah menjaga ketahanan tulang. Manfaat susu satu-satunya ini berguna melihat aktivitas orang dewasa yang cukup setiap hari. Selain itu, dengan minum susu secara rutin, Anda pun dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Manfaat susu lainnya adalah cukupnya kebutuhan vitamin D di dalam tubuh. Susu juga memiliki kandungan vitamin D. Sebagai salah satu manfaat susu, vitamin ini diperlukan untuk membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

2. membantu proses pemulihan tubuh

Manfaat susu lainnya yang baik untuk Anda di usia dewasa dengan tingkat produktivitas yang tinggi adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh penting untuk selalu dijaga.

Salah satu alasan mengapa metabolisme tubuh penting dijaga adalah agar segala kandungan dan asupan yang datang dari makanan sehat dapat diubah menjadi energi secara optimal. 

Selain itu, manfaat susu lainnya yang sangat baik dalam menjaga produktivitas Anda adalah membantu proses pemulihan tubuh setelah sakit.

Kandungan protein di dalam susu membantu pembentukan sel atau jaringan yang rusak atau menciptakan ketika Anda sakit. Dengan meminum susu secara rutin setiap hari, Anda akan mendapatkan proses pemulihan lebih cepat dan bisa kembali untuk melakukan aktivitas orang dewasa seperti biasanya.

3. Memulihkan otot

Susu juga menawarkan manfaat yang baik serta penting bagi Anda yang gemar berolahraga. Pasalnya, kandungan protein yang ada di dalam susu juga dapat membantu Anda dalam membangun kembali otot sehabis berolahraga. Dengan pemulihan otot yang optimal berkat manfaat susu, juga akan membuat tubuh Anda jarang merasa lelah. 

Manfaat susu ini bisa Anda rasakan jika mengonsumsinya setelah melakukan sesi olahraga. Jika Anda olahraga setiap hari. Maka penting bagi Anda untuk rutin minum susu setiap hari.

Selain berperan sebagai penambah cairan sehabis olahraga, manfaat susu sehabis olahraga juga akan membantu dalam mencegah rasa sakit pada perut Anda. dan untuk Anda meminum susu 20 menit setelah sesi olahraga berakhir.

4.Menjaga berat badan

Bagi Anda yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan agar mencapai hasil yang ideal, minum susu setiap hari merupakan salah satu solusinya. Memberi rasa kenyang merupakan manfaat susu yang bisa Anda rasakan setiap hari untuk Anda yang sedang mengikuti program diet.

Hal ini tentunya akan membantu Anda mengurangi porsi makan secara bertahap. Rasa kenyang sebagai manfaat susu ini hadir berkat kandungan protein dan kalori yang ada di dalamnya.

Tentunya dengan perasaan puas tersebut, Anda dapat menjaga berat badan ideal secara lebih baik dan jangan lupa untuk padukan kebiasaan minum susu dengan rutin berolahraga.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan pola tidur Anda secara teliti.

Dalam membantu Anda memiliki istirahat yang berkualitas, susu dapat membantu Anda dalam mencapai hal tersebut. Manfaat susu lainnya adalah dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Manfaat susu ini hadir berkat asam amino triptofan yang membantu memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut berperan sebagai pembangun mood positif serta dapat mencegah depresi.

Suasana hati positif yang dibangun sebelum tidur, akan berdampak pada kualitas tidur Anda yang lebih baik dan nyenyak agar bangun tidur lebih segar. pilihan untuk Anda minum susu sekitar 20-30 menit sebelum tidur untuk memberikan efek optimal terhadap kualitas tidur Anda.

6. Menjaga kesehatan jantung

Susu juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan Jantung Anda. kandungan kalium pada susu memiliki peran untuk membantu tubuh Anda mengurangi kadar tekanan darah yang memberikan dampak positif pada kesehatan jantung Anda. Manfaat susu tersebut juga bisa menurukan risiko penyakit kardiovaskular.

Namun dalam menjaga diri agar terhindar dari risiko penyakit jantung, disarankan Anda untuk mengonsumsi susu dengan kadar lemak rendah seperti Frisian Flag Purefarm Low Fat.

Manfaat susu lainnya dalam menjaga kesehatan jantung adalah mencegah terjadinya mulas. Kehadiran mulas biasanya dipicu dari konsumsi makanan yang bersifat asam. Namun, dengan rutin minum susu setiap hari, susu dapat memberi efek pendingin atau netralisir pada lapisan perut dan kerongkongan.

7. peningkatan sistem imun tubuh

Dalam menjaga kesehatan, kondisi sistem imun tubuh harus selalu berada dalam kondisi optimal. Ternyata, manfaat susu memiliki pengaruh positif yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terus bekerja secara optimal.

Seperti yang Anda ketahui, dengan kekebalan tubuh yang kurang optimal, risiko penyakit yang berasal dari virus dan bakteri dapat berkembang dengan cepat sehingga rentan membuat tubuh Anda sakit.

Olahraga rutin dan mengatur pola makan jadi kombinasi yang baik dalam mengurangi kualitas kinerja sistem kekebalan tubuh. Agar maksimal, Anda juga bisa rutin konsumsi minum susu setiap hari agar manfaat susu bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

8. Optimalkan fungsi otak

Tahukah Anda bahwa, selain untuk tulang, manfaat susu juga berpengaruh baik terhadap fungsi otak? Sebagai masyarakat Indonesia yang aktif, kondisi tubuh prima yang didukung dengan fungsi otak optimal merupakan hal yang perlu Anda miliki dalam menyelesaikan kegiatan sehari-hari.

Manfaat susu yang membantu optimalisasi fungsi otak ini hadir karena konsumsi susu rutin dapat meningkatkan kadar glutathione pada otak yang berguna untuk mencegah berbagai masalah pada otak, seperti penyakit alzheimer atau penyakit parkinson