Cara Membuat Milk Foam yang Mudah dan Enak

Pada artikel klai ini, saya akan memberikan cara membuat milk foam yang mudah dan enak.

Milk Foam

Apa itu susu steam?

Susu steam harus diperoleh dengan cara yang sarat akan pehatian penuh. Susu yang digunakan haruslah susu segar. Susu yang sudah lama dalam penyimpanan cenderung menurun kualitasnya dan banyak elemen yang telah menghilang di sana. Kandungan protein pada susu berpengaruh dalam menghasilkan busa susu. Jadi asalkan susu segar maka ia tidak masalah untuk digunakan menjadi susu steam.

Lalu ada pertanyaan, harus menggunakan susu skim atau susu whole milk? Perlu diketahui bahwa susu whole milk adalah susu yang masih utuh tanpa mengalami proses pemilahan antara lemak dan protein sedangkan susu skim adalah susu yang terdiri dari protein tinggi dengan kadar lemak yang hampir tidak ada.

Kedua susu ini bisa digunakan hanya saja akan menghasilkan rasa yang berbeda. Bila menggunakan susu skim maka rasa dari cappucino akan lebih intens, namun rasa ini tidak bertahan lama jadi harus segera dihabiskan. Sedangkan bila menggunakan susu whole milk rasa dari cappucino tidak begitu intens namun rasa ini bertahan lebih lama jadi Coffindo Lovers bisa bersantai menikmatinya tanpa perlu terburu-buru menghabiskan untuk tetap mendapatkan rasa yang ebgitu intens.

Cara Membuat Milk Foam

Mau ngopi ala café  tapi mager mau  keluar rumah? Tak perlu khawatir, Saat ingin menikmati cappuccino enak ala kafe anda  tetap dapat ngopi ala kafe di rumah saja. Cukup dengan menyiapkan  kopi instan tanpa gula, air panas, dan susu cair

Ciri khas cappucino ala kafe terletak pada foam susu yang bikin rasa makin enak.  Lantas bisakah bikin foam susu jika tak punya mesin espreso? Jawabannya adalah bisa. Menurut Co-founder Smoking Barrels Craft Coffee Joni Lima, foam akan terbentuk saat udara masuk ke dalam susu segar. Salah satu caranya pakai steam wand pada mesin espreso. Berikut  ini Kompas.com  merangkum 4 cara bikin foam susu  yang bisa anda coba di rumah

1. Milk frother

Berbentuk seperti stik, biasanya ada tombol untuk mengaktifkan alat pemutar di bagian bawah yang berguna untuk mengocok susu. Tuangkan susu pada gelas, sebaiknya tidak terlalu penuh untuk menghindari tumpah. Masukkan milk frother, sampai sedikit di bawah permukaan susu. Baru hidupkan milk frother. Sesuaikan posisi milk frother supaya susu tidak tumpah dan busa terbentuk dengan pas.

2. French press

French press umumnya dipakai untuk membuat kopi. Selain itu, alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foam susu. Caranya, masukkan susu ke dalam french press, tidak usah terlalu penuh. Tutup, dan gerakkan plunger ke atas-bawah dengan gerakan agak cepat. Lakukan sampai terbentuk foam susu.

3. Shaker

Selain itu kamu bisa menggunakan shaker, ada yang terbuat dari stainless steel dan plastik. Cukup masukkan susu kedalam shaker, tambahkan es batu secukupnya. Kocok sampai muncul busa.

4. Balloon whisk

Tak punya peralatan yang biasa ada di kafe? Tenang saja, coba ke dapur. Siapa tahu ada ballon whisk alias kocokan telur manual. Alat yang biasa dipakai untuk bikin kue ini pun berguna menghasilkan foam susu. Kocok susu selama lebih kurang 5 menit.

Bagi anda yang ingin membuat kopi, anda dapat menggunakan mesin pembuat kopi, yang dapat anda temukan di dalam rumah mesin.

Sekian semoga bermanfaat.