Cara Membuat Minyak VCO Dengan Plastik Yang Mudah Dibuat

Saat ini, banyak orang yang ingin membuat minyak VCO sendiri. Namun, banyak orang tidak tahu bagaimana cara pembuatanya. Salah satunya adalah cara membuat minyak VCO dengan plastik. Membuat minyak sendiri akan lebih mendapatkan kemurnian yang banyak dari minyak VCO itu sendiri.

VCO

manfaat vco, khasiat vco untuk kesehatan

VCO (Virgin Coconut Oil) adalah minyak yang dibuat dari daging kelapa tua. Banyak orang yang beranggapan bahwa cara pembuatan dan manfaat minyak kelapa sama dengan minyak goreng pada umumnya, meski berbeda.

Kini cara pembuatan minyak kelapa sangat diminati sejumlah orang. Di halaman ini Anda akan mempelajari bagaimana produksi minyak ini sederhana dan mudah dilakukan.

Di Bali sendiri, minyak goreng berbahan dasar kelapa sangat populer untuk keperluan memasak, bahkan terkadang untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak nabati ini dikenal dengan sebutan ingot lengis.

VCO dan minyak nabati kelapa sudah memiliki perbedaan produksi yang mempengaruhi kandungan minyaknya, sehingga minyak kelapa dan lengis-karg memiliki keunggulan yang berbeda.

Berbagai produk minyak VCO telah dijual di pasaran. Anda juga bisa membuatnya sendiri atau menggunakan mesin VCO.

Bahan atau alat lain yang dibutuhkan untuk membuat oli murni ini antara lain air hangat secukupnya, wadah plastik tertutup, kantong plastik, karet gelang, filter, corong, kain saring, dan botol kaca.

Cara Membuat Minyak VCO Dengan Plastik

1. Pemilihan Buah Kelapa

Pemilihan daging kelapa merupakan proses awal dari membuat VCO dan penentu banyaknya minyak yang akan dihasilkan, pilih buah kelapa yang hampir tua.

Karena pertumbuhan dagingnya sudah cukup dan sudah tebal, memilih kelapa yang berkualitas juga diperlukan.

Kelapa yang sudah tua, kandungan minyak sudah banyak berubah menjadi karbohidrat dan pada pangkal kelapa biasanya terdapat gandos.

Apabila gandos tersebut sudah besar, sebaiknya tidak digunakan karena kandungan minyak dalam daging buah sudah mulai berkurang.

2. Membuat Santan

Setelah mendapatkan kelapa yang sesuai, maka mulai membuat santan, santan kelapa di proses dengan cara diparut ataupun diblender. Lalu parutan tersebut diisi dengan air matang hangat secukupnya.

Selanjutnya kita bisa peras kelapa yang sudah diparut dan dilaurtkan kedalam air matang hangat tersebut. Setelah diperas ampas dari parutan kelapa bisa dipisahkan sehingga menghasilkan santan.

3. Proses Pemisahan Santan Pertama

Cara berikutnya dalam proses membuat VCO, santan bisa dimasukkan ke dalam kantong plastik. Gunakan kantong plastik untuk memudahkan membuang air yang berada dibawah santan.

Setelah itu tutup kantong plastik dengan diikat memakai karet gelang. Lalu diamkan kira-kira 1-2 jam, usahakan selama didiamkan kurangi pergeseran pada kantong plastik tersebut dan tempatkan di tempat yang rata.

Proses selanjutnya membuat VCO setelah didiamkan akan terbentuk 2 lapisan pada kantong plastik yang berisi santan. Bagian atas merupakan santan kental dan bagian bawah adalah air.

Karena air tersebut tidak kita gunakan, biarkan air terbuang melalui lubang plastik yang ada di bawah santan dan segera tutup lubangnya bila bagian air yang ada disantan sudah habis.

4. Proses Pemisahan Santan Kedua

Proses dan kelanjutan membuat Virgin Coconut Oil ini berikutnya adalah, santan kental yang sudah dipisah airnya dimasukkan kedalam wadah plastik bersih dan tertutup.

Setelah itu selama 24 jam santan akan mengalami proses ekstraksi yang mana akan muncul gelembung di permukaan dan membuat minyak akan mulai terpisah.

Setelah melewati 24 jam akan terbentuk 3 lapisan pada santan tersebut. Lapisan paling atas adalah minyak, ditengah adalah ampas santan atau blondo dan paling bawah adalah air.

Selanjutnya minyak yang terdapat diatas santan tersebut adalah VCO yang nantinya bisa digunakan dan dirasakan manfaatnya, VCO tersebut bisa dipisahkan dari zat lainnya dengan memasukkannya kedalam botol yang bersih.

Memisahkan minyak dari santan memerlukan ketelatenan dan kesabaran karena biasanya santan akan ikut terbawa didalam minyak, sehingga membuat cepat bau.

Cara membuat minyak VCO dengan plastik sangat mudah dilakukan apalagi bahan yang diperlukan tidak begitu menguras isi kantong. Untuk itu kita bisa melakukan pembuatan Virgin Coconut Oil ini secara mandiri. Manfaat minum virgin coconut oil sangat banyak sekali bagi kesehatan dan kecantikan.