Cara Membuat Minyak Vco Sendiri

Hallo guys! selamat datang di artikel saya pada kesempatan kali ini saya ma u membagikan sebuah cara membuat minyak vco sendiri yang tentunya sangat mudah dan praktis.

Manfaat Vco

Cara Membuat Minyak Vco Tanpa Pemanasan

Jika Anda bisa membuat VCO sendiri, mungkin kemampuan ini cukup menjanjikan. Selain bisa menggunakan minyak buatan sendiri, jika hasilnya bagus bahkan bisa dijadikan bisnis. Apalagi di Indonesia, terdapat banyak sekali sumber daya kelapa.

Virgin Coconut Oil dikenal memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, minyak yang terbuat dari kelapa juga merupakan bahan penting yang digunakan dalam industri kosmetik dan kecantikan.

Minyak kelapa murni biasanya diproses tanpa menggunakan pemanasan, minyaknya masih memiliki kadar asam laurat yang tinggi. Asam laurat dalam minyak ini ketika masuk ke dalam tubuh akan diproses menjadi monolaurin.

Monolaurin adalah asam lemak rantai sedang yang dikenal sebagai Medium Chain Fatty Acid (MFCA). Jenis asam lemak yang lebih mudah diserap di usus, sehingga lebih cepat menghasilkan energi meskipun tidak dibantu oleh enzim.

Jika kita menggunakan VCO setiap hari, sejauh ini tidak ada yang berdampak negatif bagi kesehatan, tidak seperti minyak kelapa biasa yang harus kita batasi penggunaannya. Padahal, mengonsumsi VCO justru bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain bisa digunakan untuk memasak atau konsumsi seperti biasa, VCO juga bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit. Misalnya, untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, kuman, dan penyebab infeksi lainnya.

Bahkan minyak kelapa murni juga bisa mengatasi masalah jerawat, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, dan perawatan kulit lainnya.

Beberapa kelebihan di atas yang mungkin membuat harga VCO lebih mahal dari minyak kelapa biasa. Dengan harga yang cukup mahal, kita akan belajar cara membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Minyak Vco Sendiri

Minyak kelapa memiliki segudang manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Walaupun minyak ini mudah didapatkan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Apalagi cara membuat minyak kelapa sebenarnya tidak terlalu sulit.

Popularitas minyak kelapa memang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari produsen kosmetik hingga makanan, sepertinya berlomba-lomba menggunakan bahan alami ini dalam produknya.
Di satu sisi, minyak kelapa mengandung asam lemak yang dianggap memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Di sisi lain, minyak kelapa merupakan bahan alami yang 80 persen kandungannya merupakan lemak jenuh yang justru dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.
Cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah
Jika Anda sedang berselancar di internet mencari cara untuk membuat minyak kelapa, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba praktikkan sendiri di rumah.

1. Tanpa pemanas

Cara pembuatan minyak kelapa ini akan menghasilkan warna minyak yang bening, yang sering disebut dengan minyak kelapa murni. Anda perlu menyiapkan daging kelapa tua dan ikuti langkah-langkah membuatnya sebagai berikut:

Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga ditambahkan sedikit air agar santan yang keluar lebih banyak).
Masukkan santan ke dalam kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yaitu santan di bagian atas dan air di bagian bawah.
Buat lubang di bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang
Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah).
Sendok minyak untuk dituangkan ke dalam wadah yang telah dialasi kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk memisahkan minyak dan santan.
Anda juga dapat menempatkan wadah di lemari es sehingga bagian atas dari tiga lapisan membeku. Ambil bagian yang beku yaitu minyaknya, lalu ulangi langkah tersebut dengan tisu atau kain bersih. Tetesan minyak dari jaringan disebut VCO.

2. Dengan pemanasan

Cara lain untuk membuat minyak kelapa adalah dengan memanaskan santan terlebih dahulu. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:
Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga ditambahkan sedikit air agar santan yang keluar lebih banyak).
Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak gosong dengan sesekali diaduk.
Setelah santan berubah warna menjadi coklat dan kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan.
Matikan api dan diamkan pada suhu kamar.
Setelah tidak panas lagi, sendok minyak untuk dituangkan ke dalam wadah yang telah dialasi kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk memisahkan minyak dan santan.

Cara Membuat Minyak Vco Sendiri sendiri Tanpa Pemanasan

Membuat Minyak Kelapa Murni Atau VCO Tanpa Pemanasan
Kelapa Tua untuk membuat VCO
Untuk membuat minyak kelapa murni sebenarnya ada banyak cara, mulai dari pemanasan, fermentasi, pancingan, tradisional, fermentasi, pengadukan, atau putaran dengan kecepatan tertentu (centrifuge).

Metode yang akan dipelajari kali ini adalah membuat VCO tanpa pemanasan yang tepat, kita akan menggunakan mesin pengaduk.

Peralatan yang dibutuhkan

  • Sebelum mulai membuat, kita siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan.
  • Sendok melengkung
  • Tisu putih yang tidak memiliki parfum atau wewangian
  • Saring
  • Corong
  • Selang kecil 0,5 meter
  • Kain putih yang digunakan untuk menyaring tahu
  • Wadah transparan berukuran lebih dari 4,5 liter
  • Pengaduk atau pencampur

Bahan

Bahan yang digunakan untuk membuat minyak kelapa murni tentu saja kelapa. Gunakan kelapa tua karena memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga baik untuk dijadikan minyak. Jika lebih mudah dalam produksi kalian juga bisa menggunakan Mesin Vco.

Kelapa yang dibutuhkan adalah 5 butir, parut semuanya. Kelapa parut tidak boleh dibiarkan lebih dari satu jam. Jadi, setelah pemarutan selesai, segera peras untuk mengeluarkan santannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya bau tengik pada minyak yang sudah jadi.

Kelapa saring
Setelah mendapatkan parutan kelapa, lalu peras hingga mendapatkan santan kental atau biasa disebut kanil. Perasan bisa dilakukan dengan menggunakan saringan halus atau bisa juga menggunakan kain saring agar prosesnya lebih cepat dan santan yang didapat lebih bersih.

Setelah proses perasan selesai, diamkan santan selama 30 menit, hal ini dilakukan agar lebih mudah memisahkan kanil dan endapan.

Jika kanil dan endapan sudah terpisah, masukkan kanil ke dalam mixer sambil diaduk selama 8 jam. Setelah proses pengadukan, nantinya kita akan mendapatkan endapan dari calon VCO. Kami memisahkan endapan ini dari saluran dengan menggunakan selang kecil.

Pemisahan Air Dan Minyak

Setelah endapan dan kanil dipisahkan, diamkan kanil selama kurang lebih 8 jam hingga memisahkan antara VCO, endapan tengah atau blondo, dan endapan bawah. Wadah transparan yang digunakan sebelumnya berfungsi untuk melihat terjadinya proses pemisahan ini.

Kita bisa memisahkan blondo dan VCO menggunakan saringan teh yang sudah dilapisi tisu. Untuk menghilangkan lapisan minyak paling atas, gunakan sendok melengkung. Kita harus bersabar dalam proses pengambilan ini, untuk mendapatkan VCO yang baik.

Menggunakan Mesin

Jika anda membuat minyak kelapa murni ini untuk keperluan bisnis, maka anda bisa menggunakan Mesin VCO modern untuk membuat VCO dengan kapasitas yang besar. Selain nantinya minyak adakn didapat dengan mudah, hasilnya tentunya juga berkualitas tinggi.

Mesin yang digunakan adalah centrifuge, minyak yang dihasilkan dengan menggunakan centrifuge akan memiliki kadar air yang lebih rendah. Oleh karena itu, kualitas VCO yang dihasilkan dari proses centrifuge tentunya akan lebih baik dan diminati. Selain kualitas yang baik, mineral yang ada juga homogen.

Sekian artikel dari saya semoga bisa menambah wawasan anda tentang cara membuat minyak vco sendiri yang sangat mudah ini, saya harap artikel di atas bisa membantu anda dalam membuat vco ini. Selamat mencoba guys!