Gampang Loh, Cara Membuat Permen Dalgona Candy

Cara membuat permen dalgona candy dan beberapa pembahasan tentang dalgona candy atau permen squid game

 

Mengenal Dalgona Candy

Drama Korea Squid Game yang berjumlah sembilan episode ini menjadi bahan perbincangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Drama garapan Netflix ini sukses menyita banyak perhatian sehingga memiliki rating penonton yang sangat tinggi.

Dikemas menjadi drama survival game dengan genre thriller, Squid Game menceritakan tentang orang-orang yang mengikuti sebuah game bertaruh nyawa dan pemenang di akhir game akan diberi hadiah miliaran won. Tentunya semua peserta game harus mengikuti banyak tantangan, dan salah satunya melibatkan Dalgona Candy.

Dalgona Candy sendiri merupakan sebuah permen yang hampir setiap pusat jajanan tradisonal di Korea Selatan menjual permen tersebut. Dalam drama Squid Game tantangan yang melibatkan permen ini mengharuskan para peserta game untuk dapat memotong cap yang ada di permen tanpa ada kerusakan sedikitpun.

Jika peserta berhasil melakukan tantangannya, maka mereka akan memasuki babak selanjutnya. Jika tidak, maka nyawa akan menjadi taruhan bagi peserta yang tidak bisa melakukan tantangan tersebut.

Adegan tantangan Dalgona Candy dalam drama ini, ternyata menyita banyak perhatian dan membuat penasaran banyak orang untuk mencoba membuatnya.

 

Asal Usul Dalgona Candy

Asal usul dalgona candy sebenarnya tidak diketahui secara pasti namun melansir dari laman berita gwangju news, permen manis ini diketahui berasal dari Busan yang ditemukan pada tahun 1960-an.

Berbeda dengan permen asli dari Inggris dan Barat, resep makanan Korea ini sangat sederhana. Cara pembuatannya dengan memasukkan sesendok gula atau satu blok glukosa ke dalam sendok logam, lalu lelehkan dan aduk.

Di masa lalu, ketika kompor gas masih jarang, pedagang dalgona harus memanaskan sendok mereka di atas briket batubara. Permainan dalgona candy berawal pada tahun 1970-an hingga 1990-an, ketika seorang penjual dalgona memberikan tantangan kepada para pemuda dengan seharga 50 hingga 100 won.

Mereka menjual permen dengan bentuk hati, bentuk bintang, dan banyak bentuk lainnya. Penjual menantang pelanggan muda untuk memangkas toffee di luar gambar menggunakan peniti tanpa merusak gambar.

Sebagai hadiah, konsumen menerima permen gratis atau hadiah lain seperti uang atau bingkisan, tergantung wilayahnya. Selain hadiahnya, bagian yang menyenangkan adalah kita harus memakan bagian yang dipotong saat kita pergi.

Pada awalnya, tantangan tersebut mungkin tidak terdengar terlalu menantang. Namun, tangan yang dingin dan cuaca dingin yang mendinginkan toffee dengan cepat dapat membuat hal itu cukup sulit.

Tantangan menyenangkan ini secara tradisional mengumpulkan orang-orang di bawah terpal penjual dalgona saat mereka berbagi kegembiraan dan melakukan tantangan bersama di cuaca yang dingin.

Dari tahun 1980-an, keberadaan dalgona candy perlahan memudar karena adannya alasan kualitas rendah dan produksi yang tidak sehat.

Jangan lupa untuk membaca  artikel tentang cara membuat dalgona candy dengan baking powder juga ya.

 

Cara Membuat Permen Dalgona Candy

Bahan-bahan :

  • 2 sdm gula pasir
  • Sejumput baking powder/soda kue

Langkah-langkah Membuat Dalgona Candy :

  1. Siapkan seluruh bahan. Lalu, siapkan alas yang nantinya akan dibuat untuk menaruh adonan gula dan baking powder. Jika tidak memiliki silicon mat, Anda bisa menggunakan kertas nasi, loyang, atau piring untuk dijadikan alas. Kemudian, berikan sedikit olesan minyak.
  2. Selain menyiapkan alas, siapkan juga cetakan yang akan digunakan untuk membuat motif pada permen dalgona. Anda bisa menggunakan cetakan cookies. Olesi cetakan dengan sedikit minyak.
  3. Siapkan juga screper/pemotong roti dari besi untuk menekan adonan permen. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan bagian bawah loyang.
  4. Siapkan wajan anti lengket atau menggunakan sendok sayur anti lengket. Masukkan gula pasir dan masak di atas api kecil. Aduk gula agar tidak gosong. Jika gula sudah meleleh, masukkan sejumput baking powder/soda kue.
  5. Segera aduk kembali setelah diberikan baking powder/soda kue agar adonan tidak gosong. Terus aduk sampai mengembang dan berubah warna menjadi lebih terang. Lalu, tuangkan di atas alas yang sudah tersedia stik es krim. Jika tidak ada stik es krim, Anda bisa langsung menuangkan adonan di atas alas.
  6. Tunggu sekitar 10 detik sebelum menekan permen dalgona. Ini bertujuan agar permen menjadi lebih menyatu. Jika sudah, tekan permen perlahan dan jangan sampai terlalu tipis. Berikan motif menggunakan cetakan cookies. Tekan dan segera lepaskan. Biarkan sebentar sampai permen dalgona kering. Permen dalgona telah siap untuk disajikan.

Nah itulah artikel tentang cara membuat dalgona candy dan beberapa pembahasannya. Anda juga bisa menerapkan caranya dirumah ya. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan Dalgona Candy Anda.