Cara Membuat Rumah Kontainer dengan Budget Minim

Kontainer, sekitar hal apakah yang ada dipikiran kalian saat mendengar kata tersebut? Biasanya sih jikalau sobat mendengar kata kontainer tentu mengarah pada suatu benda untuk penyimpanan barang. Atau ada terhitung yang membayangakan kontainer sebagai tempat untuk laksanakan pengiriman ke luar kota bahkan sampai ke luar negeri.

Jika di lihat dari aspek bahasanya, kata kontainer di dalam Bahasa Indonesia sendiri punya makna peti kemas. Beberapa dari sobat tentu tidak asing dengan Portacamp kontainer besar di pelabuhan atau di atas truk yang ditumpuk ke atas. Fungsi dari kontainer-kontainer yang kalian lihat ini adalah untuk menyimpan barang-barang yang punya volume yang cukup besar.

Tapi tahukah kalian? Ternyata fungsi lain dari kontainer terhitung mampu dijadikan sebagai tempat tinggal untuk manusia lho! Sebut saja namanya rumah kontainer, rumah ini diprediksi akan jadi hunian pilihan penduduk moderen yang dambakan irit di era yang akan datang. Rumah yang terbuat dari kontainer lalu direnovasi sampai menyerupai rumah pada kebanyakan yang punya pintu dan ruangan.

Rumah kontainer ini meskipun terdengar aneh namun rupanya sudah mulai diminati oleh lebih dari satu orang di luar negeri. Rumah dari kontainer ini terhitung punya berlebihan layaknya irit biaya, mampu mempersingkat sementara konstruksi rumah dan terhitung sebagai bentuk mencintai lingkungan gara-gara dengan memanfaatkan kontainer tentu mampu menunjang mengurangi limbah lingkungan.

Rumah kontainer terhitung mampu jadi tidak benar satu solusi bagi sobat yang berencana dambakan punya rumah dengan bentuk yang minimalis dan terlihat sederhana terhitung dengan budget yang minim. Apabila sobat penasaran layaknya apa langkah untuk membangun rumah kontainer yang #benarbenaridaman. Yuk lihat cara-cara yang sudah Vira rangkum di bawah ini!

 

1. Membuat rancangan yang matang

Tentunya tiap tiap rumah tidak akan terwujud dengan baik tanpa suatu rencana yang jelas. Begitu pula yang terjadi pada pembangunan rumah kontainer. Maka langkah pertama yang wajib sobat laksanakan adalah mengakibatkan rancangan yang matang. Rencana yang dijalankan meliputi desain rumah kontainer, anggaran dan terhitung lokasi.

Desain yang baik untuk rumah kontainer terhitung merupakan bagian dari rencana yang matang. Sobat wajib laksanakan konsultasi pada arsitek yang paham perihal hunian kontainer layaknya apa yang cocok dengan wilayah yang sobat miliki.

Dengan berkonsultasi pada arsitek terhitung sobat akan lebih paham perihal rumah kontainer dan tidak panik sementara ada persoalan pada pembangunan atau rintangan sementara penentuan tipe serta ukurannya dari kontainer tersebut.

Pastikan sobat sudah punya tanah atau wilayah yang tentu akan membangun rumah kontainer dimana. Tanah yang sobat punya ini akan pengaruhi jumlah dan ukuran dari kontainer yang sobat butuhkan. Harga sebuah kontainer berkisar antara 25 juta sampai dengan 60 juta bergantung dengan keadaan dan ukuran dari kontainer tersebut.

 

2. Membeli kontainer bekas

Sudah banyak toko-toko online di Indonesia yang menjual kontainer bekas dan terhitung baru. Sobat wajib memastikan di mana toko yang menjual kontainer terpercaya. Sebagai tambahan, sobat terhitung wajib bertanya kepada penjaja layaknya apa riwayat dari penggunaan kontainer yang akan dibeli.

Pilihlah harga kontainer yang cocok dengan budget ya. Biasanya harga dari budget ini terpengaruh oleh ukuran dari kontainer itu sendiri. Masing-masing tipe kontainer punya panjnag dan berat yang berbeda. Selain itu ukuran kontainer pada kebanyakan dibagi jadi tiga yaitu, berukuran 20 ft, 40 ft dan lebih dari 40 ft.

Jangan ragu untuk memperbandingkan harga yang sobat dapatkan dari lebih dari satu toko. Pertimbangkan dengan matang sebelum deal belanja kontainer bekas. Untuk referensi lebih luas, sobat terhitung mampu melacak penjaja kontainer dari web site luar negeri. Biasanya banyak kontainer bekas berkwalitas dari Tiongkok yang diimpor ke luar negeri.

 

3. Mulai membangun rumah kontainer sobat

Ketika sudah berkhayal rancangan dengan matang dan terhitung belanja kontainer bekas untuk rumah kontainer sobat. Ada baiknya untuk segera mengakibatkan pondasi sebagi tempat memasang kontainer. Perlu sobat ketahui bahwa rumah kontainer berbeda-beda.

Sobat wajib menimbang pondasi layaknya apa yang akan digunakan pada rumah kontainer sobat. Hal ini gara-gara pondasi yang tidak serupa terhitung pengaruhi berapa banyak biaya yang wajib dikeluarkan.

Ada 3 tipe pondasi utama untuk sebuah rumah kontainer, layaknya beton piers, pondasi slab on grab dan ponadasi pile. Pondasi beton piers merupakan pondasi dangkal yang paling sederhana dan harganya terhitung paling tidak mahal dibandingkan dengan pondasi lainnya, gunakanlah pondasi piers apabila tanah untuk rumah kontainer sobat tidak ada persoalan alias tanahnya kokoh.

Pondasi slab in grab merupakan pondasi yang cocok untuk tipe tanah yang lebih lunak tentu harganya lebih mahal dari beton piers. Selanjutnya pondasi pile yang merupakan pondasi yang punya harga lebih mahal gara-gara lebih kuat dan cocok digunakan pada tipe tanah yang benar-benar lemah layaknya tanah bekas lahan pertanian layaknya sawah.

Setelah pondasi dibuat, sehingga kontainer mampu diletakkan dengan baik dan terhitung sehingga hasil lebih maksimal, mengakibatkan rumah kontainer diperlukan dengan perlindungan crane. Crane ini diperlukan untuk mengangkat kontainer yang panjang dan terhitung berat.

 

4. Menata interior rumah kontainer

 

Dinding

Kontainer berasal dari bahan metal. Oleh karena itu rumah kontainer benar-benar rentan oleh suhu. Apabila cuaca tengah panas terik menyengat, udara panas mampu segera mulai dari di dalam rumah kontainer. Begitu pula jikalau malan tiba suhu ruangan terhitung akan turun dan akan mulai benar-benar dingin pada malam berangin dan mendung. Hal ini mampu diperparah jikalau ventilasi udara dan pondasi rumah kontainer dibikin tidak maksimal sehingga tidak mampu menahan hal tersebut.

Untuk menghindari terpaparnya suhu yang ekstrim maka sobat mampu menerapkan metoda isolasi pasif. Upaya ini memanfaatkan panel isolasi, desain dinding berongga ganda, peningkatan ventilasi alami dan terhitung ventilasi mekanik. Jika sobat sudah berkonsultasi pada arsitek yang professional maka hal ini tidak wajib benar-benar diperhatikan gara-gara arsitek sobat tentu sudah mengantisipasi hal ini.

 

Lantai

Perhatikan terhitung bagian lantai, kalian wajib hati-hati pada lantai kontainer asli karena setiap lantai kontainer bekas kebanyakan terkandung bahan pestisida untuk menahan serangga sepanjang laksanakan transportasi kargo di laut. Pestisida ini tentu benar-benar membahayakan kalin. Maka dari itu lebih baik merenovasi lantai kontainer sobat dengan mengakibatkan sub-lantai memanfaatkan material kayu.

 

Atap

Pada kebanyakan atap di rumah kontainer punya bentuk datar. Namun rumah kontainer terhitung mampu punya atap rumah pada kebanyakan lho. kalian mampu coba untuk berkosultasi dengan arsitek sehingga mereka mampu merancang bentuk-bentuk atap yang cocok untuk rumah kontainier punya kalian.

Agar penampilan eksterior terlihat menarik. Vira anjurkan untuk coba memanfaatkan atap kayu gara-gara kolaborasi material besi dan kayu mengakibatkan rumah kontainer kalian makin cantik.

 

Pintu dan Jendela

Pondasi, atap, dinding dan lantai sudah terbahas. Jangan sampai kalian mengabaikan hal penting layaknya penempatan pintu dan jendela di rumah kontainer punya kalian ya. kalian mampu memilih sendiri di mana baiknya letak jendela dan pintu. Tentu hal ini sesuai dengan arah lokasi, cahaya matahari dan terhitung udara di lingkungan kalian ya.

Potonglah lebih dari satu dinding kontainer punya kalian untuk dijadikan tempat letak jendela dan terhitung pintu. Jangan lupa untuk beri tambahan kusen untuk pintu yang di awalnya sudah sobat ukur. Lalu ukur terhitung jarak untuk mengakibatkan jendela.

 

Dekorasi

Untuk melengkapi penampilan bagian rumah sehingga makin mulai nyaman, ada baiknya untuk beri tambahan lebih dari satu dekorasi sederhana yang manis. Seperti halnya dengan beri tambahan penerangan tambahan selain lampu utama. Hal ini dijalankan sehingga rumah kontainer kalian terlihat lebih terang.

Aksesoris minimalis terhitung mampu kalian tambahkan pada tiap ruangan. Aksen minimalis dipilih gara-gara rancangan rumah kontainer sesungguhnya tidak punya lahan yang besar. Selain itu jangan lupa untuk memasang stop kontak pada rumah kontainer kalian sehingga aktivitas harian sobat makin mulai lancar.

Nah itu dia cara-cara bagaiman membangun rumah kontainer dengan budget minim. Meskipun rumah kontainer ini punya berlebihan layaknya tahan gempa, fleksibel dan harganya lebih tidak mahal namun tidak luput terhitung dari kekurangannya.

Kekurangan dari rumah kontainer antara lain yaitu wilayah pengiriman kontainer yang terbatas. Hal ini gara-gara untuk membawa kontainer ke wilayah penempatan, kalian memerlukan truk beroda 10. Oleh karena itu, pengiriman kontainer terbatas pada lingkungan yang punya jalan besar. Selain itu ukuran dari kontainer terhitung sudah ditentukan alias tidak mampu dipesan custom gara-gara bikinan pabrik.