Cara Membuat Sari Kedelai yang Benar

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara membuat sari kedelai yang benar. Carannya sangatlah mudah dan dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Simak artikel dibawah ini untuk lebih jelasnnya!

Manfaat Sari Kedelai

1. Menjaga kesehatan jantung

Sari kedelai mengandung protein yang dibutuhkan tubuh sebagai energi untuk pertumbuhan. Asam amino dan isoflavon dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Ada penelitian yang menyimpulkan bahwa susu kedelai mungkin memiliki tekanan darah yang lebih baik daripada susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan hingga sedang.

Meski demikian, efektivitas susu kedelai terhadap kesehatan jantung belum terbukti secara ilmiah. Untuk memastikan jantung Anda sehat, cobalah bawang putih Blackmore yang tidak berbau.

Blackmores Odourless Garlic adalah suplemen bawang putih yang dapat membantu mengontrol tekanan darah untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit virus seperti flu, antijamur dan antibakteri.

2. Menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis

Berkat tambahan vitamin D, mengonsumsi susu kedelai dapat membantu mendukung kesehatan tulang. Manfaat lain dari susu kedelai adalah mengurangi risiko osteoporosis pada wanita pascamenopause.

Osteoporosis merupakan risiko yang dialami oleh wanita di atas usia 50 tahun. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan kemungkinan pertumbuhan penyakit.

3. Melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas

Antioksidan dalam susu kedelai merusak rantai radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkannya. Radikal bebas dapat mempengaruhi penyakit seperti penyakit tubuh dan obesitas, serta obesitas.

Susu kedelai juga melindungi hati dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Secara tidak langsung, antioksidan dapat mencegah kemungkinan terjadinya penyakit tersebut.

4. Mencegah obesitas dan pengenalan kolesterol

Pria dapat mengambil risiko baik di dalam maupun pada wanita. Isoflavon dalam susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis, yang dapat mengurangi pelebaran jaringan adiposa.

Hal ini juga mempengaruhi penurunan kolesterol LDL dalam darah dan dapat mencegah penyakit.

5. Pencernaan teratur

Susu kedelai dikenal banyak mengandung protein, lemak dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat susu kedelai didapat dari antioksidan isoflavon yang dikandungnya.

Isoflavon dalam susu kedelai juga membantu dalam meningkatkan penyerapan makanan oleh usus, membuat pencernaan lebih mudah.

Cara Membuat Sari Kedelai yang Benar

Bahan:

  • 1/2 kg biji kedelai
  • 5 liter air mineral
  • 3 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan

Langkah-langkah

  1. Cuci bersih biji kedelai lalu rendam biji kedelai dengan air selama 8 jam. Cuci lagi dan buang kulitnya.
  2. Blender biji kedelai yang sudah direndam dengan 5 liter air mineral. Lalu saring dengan kain katun tipis yang bersih sebelum direbus.
  3. Rebus susu kedelai dengan api sedang. Masukkan pula gula dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih.
  4. Saring susu kedelai menggunakan kain katun bersih.
  5. Sari kedelai siap disajikan.

Berbagai Nutrisi Dalam Sari Kedelai

Seperti namanya, sari kedelai terbuat dari kacang kedelai. Karena itu, nutrisi dalam susu ini hampir sama dengan kedelai. Namun, banyak produsen menambahkan vitamin dan mineral tambahan, seperti kalsium dan vitamin D dan asam lemak omega 3.

Secara alami, susu kedelai mengandung asam lemak dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Flavonoid juga memiliki senyawa yang melindungi jantung (kardioprotektif).

Menurut data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam 100 gram (g) susu kedelai, terdapat:

  • 90.36g air
  • 43 kalori
  • 2.6g protein
  • 1,47 gram lemak total
  • 4,92 gram karbohidrat
  • 3.65g gula total
  • 123 miligram (mg) kalsium
  • 15mg magnesium
  • 43mg fosfor
  • potasium 122mg
  • 47mg natrium
  • 9 mikrogram (mcg) asam folat atau vitamin B9

Selain itu, susu kedelai juga mengandung serat, vitamin B1, B2, B3, B3, zat besi, seng, tembaga, selenium. Susu kedelai mengandung jumlah protein yang hampir sama dengan susu sapi, tetapi dengan kalori yang lebih sedikit.

Cara Mengawetkan Sari Kedelai

1. Dinginkan segera

Cara termudah untuk memperpanjang kesegaran susu kedelai adalah dengan segera memasukkan susu kedelai ke dalam lemari es.

Setelah susu kedelai mendidih, segera masukkan ke dalam lemari es. Dan saat dipasarkan juga perlu dimasukkan ke dalam lemari es atau di wadah berpendingin atau diberi es batu.

2. Jangan beri gula, perasa atau pewarna terlebih dahulu

Gula, perasa, dan pewarna dapat mempercepat susu kedelai yang buruk. Dan itu juga bisa menyebabkan benjolan.

Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsinya dalam waktu lama, Anda harus memberikan gula dan bahan tambahan lainnya saat akan mengonsumsinya.

3. Bungkus rapat

Setelah membuat susu kedelai, segera bungkus susu kedelai dalam kemasan yang rapat. Agar bakteri tidak masuk ke dalam susu, membuat susu kedelai menjadi basi

4. Proses cepat

Saat membuat susu kedelai, ini harus dilakukan dengan cepat dan tidak terlalu lama. Misalnya, jangan sampai susu kedelai langsung mendidih dan terlalu lama dimasukkan ke dalam panci

5. Dilengkapi dengan bahan pengawet yang aman

Cara terakhir agar susu kedelai tahan lama adalah dengan memberikan bahan pengawet. Dengan begitu bisa memakan waktu lebih lama.

6. Terjual dan cepat habis

Nah, bagi Anda yang menawarkan susu kedelai untuk dijual, Anda harus bisa mempertimbangkan kuantitas produksinya. Jangan biarkan diri Anda menjadi berlebihan. Produksi saat ini harus sesuai dengan penjualan kemarin.

Dan kemudian Anda harus menjual susu kedelai yang Anda buat segera. Misalnya, jika Anda membuat susu kedelai di pagi hari, susu tersebut harus segera dipasarkan setelah produksi.

Sekian artikel cara membuat sari kedelai yang benar, semoga bermanfaat bagi kta semua dan selamat mencobannya!