Cara Membuat Sate Sapi Empuk Dengan Daun Pepaya

Pada kali ini saya akan membagikan cara membuat sate sapi empuk dengan daun pepaya.

Definisi Sate Sapi

Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan lidi. Kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu.

Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain.

Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia. Hidangan ini juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda karena dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya.

Sate adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia; dengan berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak (lihat Masakan Indonesia) telah menghasilkan berbagai jenis sate. Di Indonesia, sate dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas, serta kerap disajikan dalam pesta dan kenduri.

Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya.

Biasanya sate diberi saus, bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau bisa juga disajikan dengan lontong atau ketupat.

Hidangan internasional yang mirip sate antara lain yakitori dari Jepang, shish kebab dari Turki, shashlik dari Kaukasia, chuanr dari Tiongkok, dan sosatie dari Afrika Selatan.

Sate terdaftar sebagai peringkat ke-14 dalam World’s 50 most delicious foods (50 Hidangan Paling Lezat di Dunia) melalui jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN Go pada 2011.

Cara Membuat Sate Sapi Dengan Daun Pepaya

Bahan-Bahan :

  • 250 gram daging sapi, potong dadu
  • Merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm minyak
  • kecap manis secukupnya
  • 2 lembar daun pepaya
  • Tusuk sate yang bersih

Bumbu Halus :

  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm jahe
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • gula jawa secukupnya
  • 1 sdt ketumbar

Cara Membuat Sate Sapi :

  1. Setelah daging sapi dipotong dadu, bungkus potongan daging sapi dengan daun pepaya yang sudah diremas selama 30 menit. Tujuannya agar daging sapi menjadi empuk.
  2. Sambil menunggu dagingnya, haluskan bumbu sate menggunakan ulegan agar lebih enak.
  3. Haluskan ketumbar, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan terakhir gula jawa.
  4. Setelah 30 menit berlalu, buka bungkusan daging sapi.
  5. Kemudian, masukkan bumbu halus merica, garam, kecap manis, dan minyak. Aduk sampai semua bumbu tercampur merata.
  6. Diamkan atau marinasi daging sapi selama 30 menit atau simpan di dalam kulkas.
  7. Tusuk daging sapi dengan tusukan sate sampai selesai.
  8. Panggang sate sampai matang dan sesekali diolesi bumbu halus.
  9. Bolak balik tusuk sate hingga seluruh permukaan daging kecoklatan dan matang merata.
  10. Setelah sate matang semua sisinya, angkat
  11. Sate sapi siap di sajikan.
Baca Juga : Cara Membuat Sate Sapi Empuk

Manfaat Sate Sapi Untuk Kesehatan

1. Menguatkan Tulang

Daging sapi menjadi sumber fosfor yang baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Pembentukan tulang sangat dibantu dengan mengonsumsi daging sapi.

Bagi Anda yang masih muda dianjurkan memasukkan daging sapi ke daftar makanan agar tulang terbentuk dengan sempurna dan membuatnya lebih kuat.

2. Mencegah Kelelahan

Daging sapi mengandung zat besi, yang berguna untuk mengangkut oksigen. Hal tersebut berarti makin banyak zat besi yang didapat, makin banyak oksigen yang dibawa ke semua sel dan otot tubuh di seluruh tubuh.

Hal tersebut pada akhirnya mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi yang lebih, dan menjauhkan kita dari kelelahan.

Zat besi dari daging sapi juga merupakan sumber makanan yang baik untuk pasien anemia karena meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh.

3. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Daging sapi dapat menurunkan risiko diabetes. Manfaat ini berasal dari fungsinya, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Fungsi ini berasal dari kandungan asam linoleat terkonjugasi daging sapi.

Terdapat pula kandungan L-carnitine. Menurut penelitian, asupan L-carnitine membantu memperbaiki kadar glukosa. Termasuk profil kolesterol keseluruhan pada pasien diabetes tipe 2.

4. Memberi Tambahan Energi

Mengonsumsi daging sapi secara rutin, sesuai porsi yang tepat, dan dengan pengolahan sehat akan memberikan Anda tambahan energi yang membuat hari menjadi lebih produktif.

Daging sapi mengandung kombinasi berbagai nutrisi, seperti vitamin B dan B12, yang menjaga aliran sel darah merah dan saraf Anda agar tetap aktif dan sehat.

Selain itu, daging sapi mengandung niacin yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan vitamin B6, serta riboflavin nutrisi yang dapat mengubah makanan Anda menjadi energi.

5. Membangun Massa Otot

Daging sapi membantu Anda membangun massa otot dengan mengonsumsinya sesuai porsi yang dianjurkan. Daging sapi memiliki senyawa yang terbentuk dari banyak asam amino.

Senyawa tersebut dapat merangsang dan meningkatkan serat otot, membuatnya lebih kuat, dan memperbaiki sel dan jaringan otot itu sendiri. Asam amino tidak hanya dapat membangun massa otot, namun juga memberikan nutrisi yang sangat menyehatkan bagi kulit, rambut, dan kuku.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Daging merah seperti sapi merupakan sumber asam lemak DHA dan Lipid yang sangat berguna untuk mengurangi risiko seseorang terkena penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Selain itu, mengonsumsi daging sapi yang kaya lemak trans dan vitamin B12, dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner dan  kardiovaskular lainnya, serta menjaga jantung agar tetap sehat.

Nah itu dia cara membuat sate sapi empuk dengan daun pepaya. Selamat mencoba. Dan cobain resep lainnya disini.