Cara Membuat Sayur Mie

Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kai ini saya  akan membagikan sebuah resep yang viral pada zamannnya yaitu resep cara membuat sayur mie , makanan ini enak dan juga praktis cara membuatnya.Saya akan memberikan resep pada artikel kali ini, semoga bisa membantu rasa penasaran anda pada makanan viral ini.

Sejarah

Tak disangka, mimpi besar yang terpampang di langit-langit para petani itu kemudian berakhir dengan beban penderitaan yang berkepanjangan. Mimpi indah itu berubah menjadi mimpi buruk yang melemparkan banyak orang ke dasar jurang yang pengap dan dalam.

Tepatnya pada pertengahan 2010 Merapi kembali memuntahkan lahar panas. Letusan yang tiba-tiba itu telah melepaskan jutaan ton material berupa bebatuan dan larva pijar serta semburan pasir yang menghancurkan segala sesuatu di sekitarnya.

Ribuan hektare lahan pertanian di lereng Merapi dan sekitarnya juga ikut musnah dan tidak ada yang tersisa berantakan.Dampak bencana Merapi ternyata merambah ke berbagai desa terpencil. cara membuat sayur mie pun sangat mudah dan sehat.

Salah satunya adalah Desa Bawang, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang .Hamparan lahan pertanian cabai dan sayur mayurnya tak luput dari hujan abu dan pasir Gunung Merapi.

Tidak ada satu pun yang tersisa, puluhan ribu pohon cabai dan sayuran organik yang dengan susah payah dia tanam dengan keringat hanya dalam sekejap berubah menjadi lautan bencana. Seketika, dia hanya bisa menyerah melihat ke atas.

Bahan-Bahan:

  • 250 gr mie kering atau mie telur,
  • rebus dengan air mendidih, tiriskan 150 daging/ayam fillet,
  • cincang kasar 200 gr daun kol, iris sesuai selera 2 wortel, iris tipis 100 sawi, potong-potong (bila suka)
  • 3 batang daun bawang,
  • iris sepanjang 1 cm 100 gr tauge,
  • bersihkan 3 buah cabai merah besar,
  • cincang kasar 5 buah cabai rawit
  • , cincang kasar (opsional, jika suka pedas)
  • 2 butir telur, buat orak-arik
  • sdt kaldu ayam bubuk
  • 3 sdm kecap manis 1 sdt kecap asin
  • 3 sdm minyak  5 bawang merah
  • 3 buah bawang putih 1/2 sdt merica bubuk garam Bahan Taburan
  • bawang goreng Seledri, iris halus

Cara Membuat Sayur Mie

  1. Rebus mie telur/mie keriting dalam air mendidih, setelah matang tiriskan dan beri sedikit minyak goreng agar mie tidak lengket
  2. Potong sayuran seperti kol, daun bawang, buncis dan wortel (seperti korek api), dan sayuran cabai merah lalu cuci bersih
  3. Haluskan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, jahe dan merica (jika menggunakan merica bubuk bisa langsung di taburkan)
  4. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun bawang dan sayuran seperti kol, wortel, buncis, tambahkan sedikit air dan aduk
  5. Jika sayuran sudah setengah matang, masukkan mie, sayur cabai merah, garam, gula pasir dan kaldu ayam bubuk, aduk hingga rata dan masak hingga matang (sampai air mengering/tidak berair).
  6. Setelah matang, angkat dan sajikan. Semoga berhasil
  7. Cara memasak mie goreng ala Medan: Panaskan minyak sayur dan mentega untuk menggoreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  8. Masukkan potongan ayam, tumis hingga berubah warna dan setengah matang. Masukkan irisan bakso dan telur tumis sampai telur sudah matang
  9. aduk rata dengan bahan lainnya.
  10. Buat mie sendiri dengan cara yang unik dan sehat.

Manfaat Mie Sayur Bagi Tubuh

Mengandung lebih banyak vitamin bermanfaat Sayuran bayam mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda. Selain itu, bayam juga kaya akan zat besi dan asam folat yang tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui

yang membutuhkan bahan-bahan tersebut.Mengandung antioksidan esensial Konsumsi mie ayam dari mie basah sayur bayam dapat membantu Anda memiliki tubuh yang lebih sehat. Karena bayam mengandung antioksidan esensial yang dapat mencegah risiko penyakit dan kanker, melawan radikal bebas, mencegah penuaan,

Dapat menjaga metabolisme tubuh lebih baik Hal ini karena kandungan serat dalam bayam dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh Anda. Bagi orang yang ingin diet tapi suka makan mie ayam, maka resep mie ayam bisa dibuat di rumah menggunakan bayam,Bebas dari risiko penyakit jantung sejak dini.

Kandungan klorofil pada daun bayam sangat mudah diserap oleh tubuh dan mampu membantu darah mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda. Tak heran jika orang yang rajin mengonsumsi makanan berbahan olahan bayam akan memiliki jantung yang lebih sehat.

Terimakasih telah mengunjungi artikel saya semoga bisa menambah wawasan teman – teman tentang cara membuat  sayur mie . Dan juga bisa membantu rasa penasaran anda tentang bagaimana dengan resep virall ini.