Cara Membuat Selai Coklat Crunchy Rasanya Tiada Tanding

Mau sarapan tapi cuma ada roti tawar? Mau dikasih selai tapi belinya mahal? Tenang selai coklat bisa dibuat sendiri kok agar lebih hemat dan bisa disesuaikan selera. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat selai coklat crunchy. Selai itu coklat juga banyak manfaat untuk tubuh, coklat adalah hasil olahan biji kakao yang sudah diproses.

Selai Coklat

Selai Coklat

Buah coklat yang matang dari pohonnya dapat dimakan oleh buah yang menempel pada biji kakaonya yang memiliki rasa agak asam karena hanya biji buah kakaonya yang digunakan untuk membuat bubuk kakaonya. Ini sangat membantu untuk mencegah penuaan dini.

Meski dianggap sebagai makanan penambah berat badan, cokelat juga dianggap salah satu makanan yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Bahkan coklat dipercaya dapat meningkatkan mood. Diyakini juga bahwa coklat meningkatkan libido atau gairah untuk kebahagiaan dan mengurangi stres pada seseorang.

Cokelat juga bermanfaat dalam memperlambat penuaan, menurunkan tekanan darah, dan memiliki efek menenangkan pada orang-orang yang mengalami gangguan mental. Namun sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi coklat setiap saat, karena terlalu banyak coklat tidak sehat, karena terlalu manis dapat menyebabkan diabetes.

Coklat juga diketahui mengandung antioksidan dan flavonoid yang sangat membantu dalam mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker parah. Cara pembuatan coklat sudah dicoba di bawah ini, dan hasilnya sudah sebanding dengan selai yang biasa dijual di supermarket. cobalah membuat resep kue dari bahan coklat.

Baca juga : Cara Membuat Selai Coklat Dari Coklat Bubuk Murah Untuk Dompet

Cara Membuat Selai Cokelat Crunchy

Cara Membuat Selai Cokelat Crunchy

Bahan – bahan :

  • 150 gr coklat batangan
  • 15 ml minyak sayur
  • 8 g gula pasir, haluskan
  • 15 g bubuk kakao yang diayak
  • 2 cangkir sereal parut
  • Tepung berkualitas secukupnya

Cara Membuat Selai Coklat Crunchy : 

  1. Pilihlah tepung yang berkualitas atau bisa membuat sendiri dengan mesin penepung
  2. Lelehkan batang coklat, aduk sesekali.
  3. Setelah meleleh, campurkan semua bahan dan panaskan dengan api kecil.
  4. Keluarkan dan masukkan ke dalam wadah. biarkan semalaman pada suhu normal untuk mengentalkan teksturnya.
  5. Masukkan sereal yang sudah disiapkan ke dalam selai dan aduk sampai rata.

Manfaat Coklat

Manfaat Coklat

Cokelat memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Cokelat bukan hanya makanan enak, tapi juga pereda stres. Namun konsumsi coklat yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan seperti diabetes. Oleh karena itu, coklat harus digunakan dengan hati-hati. Cokelat kaya akan antioksidan, termasuk polifenol, flavanol, dan katekin. Berkat kandungan tersebut, coklat dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Lalu apa sih manfaat coklat? Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan dari coklat, di antaranya:

1. Meningkatkan Mood

Manfaat coklat ini sudah tidak diragukan lagi. Cokelat dikenal bisa meningkatkan mood. Penelitian menunjukkan bahwa makan coklat dapat mengurangi produksi hormon kortisol tubuh saat stres dan merangsang otak untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin, yang dapat membuat Anda bahagia.

2. Kontrol Nafsu Makan

Makan coklat sebelum atau sesudah makan dapat memiliki efek penuh, menurut penelitian. Hal ini dapat mengurangi keinginan Anda untuk ngemil, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan flavonoid dalam coklat dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Efek ini menjadikan coklat sebagai makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

4. Pengendalian Kadar Gula Darah

Manfaat flavonoid yang tidak kalah pentingnya dalam cokelat adalah mengontrol gula darah. Dengan demikian, coklat bermanfaat dalam mencegah resistensi insulin dan diabetes..

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang cara membuat selai coklat dan manfaatnya. Silahkan dicoba membuat dirumah, terima kasih.